awal baru tahun baru

Awal Baru di Tahun yang Baru, Sudah Siap Berubah di Tahun 2017?

Vanessa Giovanni /   Gaya Hidup, Info & Tips

Tahun 2017 sudah tiba! Sudah ada persiapan apa saja di tahun 2017 ini, sudah buat resolusi tahun baru atau malah ada target khusus yang ingin diraih? Memasuki tahun yang baru tidak melulu tentang membuat resolusi tahun baru saja, lho. Di awal tahun yang baru ada baiknya jika kita menyempatkan waktu sejenak untuk mengingat apa saja yang sudah berlalu dan merefleksikannya kembali, agar apapun itu bisa menjadi pengalaman dan pembelajaran yang baik ke depannya.

Mau menjadikan awal tahun baru ini menjadi titik baru untuk memulai kembali?

1. Apakah diri kamu sudah berkembang jadi lebih baik di sepanjang tahun lalu?

awal baru tahun baru
Sumber foto: Steven.ma

Apakah kamu kesulitan menjawab pertanyaan di atas? Jika ya, kemungkinan kamu kurang memasang target yang cukup jauh untuk diri sendiri di tahun lalu. Waktu yang sudah lewat seharusnya membantu kita untuk belajar dan berkembang dalam berbagai aspek, dan tentunya untuk menjadi diri yang lebih baik. Hal ini tidak hanya terkait studi atau karier saja karena bisa diterapkan ke dalam aspek lain, apakah kita sudah mengembangkan skill dengan maksimal, atau sudah menjadi anak yang lebih baik dalam keluarga, atau jadi lebih hemat dalam mengatur keuangan, dan seterusnya. Merasa stagnan? Berarti ada yang perlu diubah di tahun ini, Toppers.

 

2. Coba tanyakan ke diri sendiri, apa saja hal-hal yang membuat kamu bahagia dan tidak bahagia selama tahun lalu?

awal baru tahun baru
Sumber foto: Elitedaily.com

Karena hidup cuma sekali, jangan lupa untuk bahagia! Tengok lagi ke belakang dan ingat-ingat lagi apa saja hal-hal yang membuat kamu bahagia sepanjang tahun lalu, begitu pula sebaliknya. Apa saja yang harus kita let go untuk membuat tahun 2017 terlepas dari perasaan tertekan dan stres, apakah itu dalam bentuk hubungan, kebiasaan buruk, pekerjaan, dan lainnya. Yang terpenting adalah sedari awal kamu sudah berniat untuk memilih ‘bahagia’, daripada terus berkompromi dengan perasaan tertekan yang justru menghambat perkembangan kamu jadi pribadi yang lebih baik.

 

3. Apapun kegagalan dan kesalahan yang lalu, saatnya tutup buku dan move on

awal baru tahun baru
Sumber foto: Thisnakedmind.com

Di tahun 2016 lalu ada beberapa hal yang ingin kamu raih tapi hasilnya kurang tepat sasaran? Lulus kuliah cepat terganjal tugas akhir yang belum selesai? Pekerjaan yang nyaman, tapi ternyata belum sesuai passion? Apply beasiswa untuk keluar negeri yang belum membuahkan hasil? Atau usaha ngedeketin si dia yang ditolak mentah-mentah? Yuk intropeksi lagi sisi mana saja yang salah dan bisa diperbaiki. Tidak perlu menyesali proses yang belum berhasil, maafkan diri sendiri, dan beri ruang supaya peluang yang ada di tahun 2017 tidak terlewat sia-sisa. Ingat, gagal bukan akhir dari segalanya!

 

4. Susun target yang diingin dicapai

awal baru tahun baru
Sumber foto: Inkwellcreativemedia.com

Untuk menjadikan tahun 2017 lebih produktif dan maksimal, jangan lupa set target untuk tahun ini. Usahakan juga target ini ditulis supaya lebih mudah diingat sepanjang tahun dan bisa terus di-track perkembangannya. Nah, awal tahun adalah saat yang tepat untuk menyusun target, baik untuk setahun ini ataupun rancangan untuk tujuan hidup jangka panjang. Akan lebih bagus lagi kalau kamu juga buat timeline supaya lebih mudah mencapai hasilnya dalam jangka waktu yang kamu tentukan. Misalnya, kamu ingin menyelesaikan skripsi hingga akhir tahun nanti, maka kamu bisa membuat timeline dengan target tiap beberapa bulan sekali nanti skripsi kamu sudah harus mencapai bab tertentu. Kuncinya satu, fokus!

 

Apapun rencana yang sudah kamu punya, jangan patah arang dulu sebelum dicoba. Ayo lebih semangat menyambut peluang-peluang baru di tahun 2017!

THEAUTHOR

Vanessa Giovanni

Vanessa Giovanni has written 23 Article, See all posts