10 alat tulis jadul yang bikin kangen sekolah

10 Alat Tulis Jadul yang Bikin Kamu Kangen Sekolah

Anita /   Entertainment, Info & Tips

Masih ingat dengan alat-alat tulis kamu pas masih sekolah? Sayangnya, kebanyakan alat-alat tulis tersebut sudah langka di pasaran. Padahal di masanya, alat tulis tersebut sangat populer dan mudah ditemukan di toko alat tulis atau koperasi sekolah. Buat nostalgia, berikut Toped sudah rangkum beberapa alat tulis yang sudah melegenda di kalangan generasi 90an dan awal tahun 2000-an.

1. Penghapus Huruf

Ini dia penghapus sejuta umat anak-anak sekolah jaman dulu. Hampir semua anak-anak generasi 90an pernah memiliki penghapus huruf. Penghapus legendaris ini juga bisa menjadi sarana belajar bahasa inggris lho, karena di setiap penghapus terdapat kosakata inggris sesuai dengan huruf yang tertera. Harganya yang murah meriah juga membuat penghapus ini hits di jamannya.

penghapus huruf
sumber gambar: keepo.me

2. Kotak Pensil Tingkat

Pastinya dulu kita bangga banget kalau punya kotak pensil tingkat karena harganya yang terbilang cukup mahal. Nggak cuma anak cowok, anak cewek pun juga senang banget menggunakan kotak pensil satu ini. Tapi hati-hati, karena terbuat dari bahan kaleng, sekalinya kotak pensil tingkat jatuh, suaranya bisa bikin heboh satu kelas.

kotak pensil tingkat
sumber gambar: brilio.net

3. Pensil Inul

Penyanyi dangdut Inul Daratista memang terkenal banget, sampai-sampai ada pensil yang terinspirasi dari namanya. Berbeda dari pensil biasa yang terbuat dari bahan kayu, pensil inul terbuat dari karet sehingga sangat lentur dan bisa ditekuk. Bahkan kamu bisa membuat simpul dengan pensil inul lho. Karena keunikan itulah, pensil inul lebih sering dijadikan mainan dibandingkan alat tulis oleh anak-anak sekolah.

pensil inul
sumber gambar: imgrum.net

4. Penggaris Gelang

Nah, kalau yang satu ini bisa dibilang alat tulis multifungsi. Selain bisa digunakan untuk membuat garis yang sempurna, Penggaris Gelang juga bisa dijadikan aksesoris keren. Tinggal jepretkan ke arah tangan, penggaris pun akan tergulung dan menjadi gelang yang oke. Ajaib kan?

penggaris gelang
sumber gambar: cosmopolitan.bg

5. Penghapus Pulpen

Penghapus merk pelikan ini terdiri dari dua bagian, satu berwarna oranye untuk menghapus goresan pensil, dan satu lagi berwarna biru untuk menghapus tinta pulpen. Meski disebut sebagai penghapus pulpen, nyatanya penghapus berwarna biru ini tidak benar-benar bisa menghapus goresan tinta pulpen lho. Bahkan jika kamu memaksa menghapusnya, malah bagian kertas kamu yang akan terkikis.

penghapus pulpen
sumber gambar: pelikan.com

6. Rautan Kaca

Pastinya kamu nggak asing lagi dengan rautan pensil ini. Dulu rautan kaca populer banget di kalangan generasi 90an karena harganya yang murah dan mudah ditemukan di toko alat tulis. Buat kamu yang masih ingat, rautan kaca ini sering banget dijadikan sarana kejahilan oleh anak-anak cowok.

rautan kaca
sumber gambar: malesbanget.com

7. Pulpen Wangi

Pulpen wangi juga sempat hits di kalangan anak-anak sekolah. Dengan aromanya yang menarik, anak-anak sekolah, terutama anak perempuan suka banget menggunakan pulpen satu ini. Karena maraknya penggunaan pulpen wangi, dulu sempat ada pemberitaan kalau pulpen ini menggunakan narkoba lho.

pulpen wangi
sumber gambar: twimg.com

8. Pensil Bongkar Pasang

Nah ini dia pensil yang cocok buat kamu yang malas menggunakan rautan. Pensil ini memiliki isi yang bisa kamu bongkar pasang jika sudah habis. Memang tidak secanggih pensil mekanik masa kini, namun pensil bongkar pasang ini cukup membuat masa kecil kita lebih berwarna kan?

pensil bongkar pasang
sumber gambar: idntimes.com

9. Tipp Ex Kuas

Buat kamu yang menggunakan pulpen, tipp ex merupakan alat tulis yang wajib untuk dibawa. Nah salah satu tipp ex yang sempat hits di tahun 90an dan awal tahun 2000an adalah tipp ex kuas. Untuk menggunakannya, kamu bisa mengoles tipp Ex ke tulisan yang salah. Biar cairan tipp ex cepat kering, kamu bisa menggunakan cairan thinner yang ada di botol berwarna hijau.

tipp ex kuas
sumber gambar: playworld.co.id

10. Pulpen Lampu

Alat tulis di era 90an memang banyak macamnya, salah satunya pulpen lampu. Pulpen ini memiliki lampu yang akan menyala saat digunakan untuk menulis. Wah mengerjakan PR pastinya jadi lebih semangat.

pulpen lampu
sumber gambar: pricepedia.org

Duh, unik-unik banget ya Toppers. Meski sudah sulit ditemukan, tapi ada banyak lho orang-orang yang berburu alat tulis jadul untuk dijadikan koleksi. Apakah Toppers salah satunya?

THEAUTHOR

Anita

Anita has written 276 Article, See all posts