10 Karakter Paling Unik dari Film Tim Burton

Michelle Angelica /   Entertainment, Info & Tips

Tim Burton merupakan sineas film yang terkenal akan kekhasannya yang unik di setiap film garapannya. Selain karakter yang secara visual memiliki bentuk kurus dan mata yang besar, keunikan visual lainnya yaitu latar yang menggunakan kombinasi gelap dan berwarna.

Karakter dari film Tim Burton juga terbilang menonjol. Cerita di filmnya hampir selalu berpusat kepada karakter yang eksentrik. Meskipun karakter utama yang terlihat di film Tim Burton memiliki kesan monstrous dan gothic, mereka bukan berperan sebagai karakter jahat dan mengerikan, malah sering sebaliknya. Hal ini membuat karakter dalam film Tim Burton disukai oleh penontonnya.

Baik film yang dibuatnya merupakan film original atau hasil adapatasi cerita klasik, film karya Tim Burton dapat dengan mudah dikenal. Menjelang rilisnya film adaptasi Tim Burton dari novel berjudul Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children. Yuk, kita kilas balik tentang karakter-karakter unik dari film-film Tim Burton sebelumnya:

1. Edward Scissorhands (Edward Scissorhands)

Tim Burton - Edward Scissorhands
Sumber foto: timeout.com

Edward Scissorhands memiliki tangan yang unik, yakni tangan yang dilengkapi dengan jari berupa gunting. Selain tangannya yang terkesan membahayakan, wajah Edward juga dilengkapi dengan luka. Tangan yang mampu membantu warga untuk memotong tanaman pagar, tidak mendukung berjalannya aktivitas keseharian dengan kondusif. Hal tersebut kemudian menimbulkan keresahan warga.

Karakter film yang lahir dari arahan Tim Burton ini diperankan oleh Johnny Depp dan merupakan kolaborasi pertama bagi Depp dan Burton.

2. Betelgeuse (Beetlejuice)

Tim Burton - Beetlejuice
Sumber foto: theverge.com

Karakter titular Beetlejuice adalah seorang hantu berkekuatan supernatural. Kekuatan yang ia miliki dapat diaktifkan dengan menyebut namanya sebanyak tiga kali. Namun uniknya, Beetlejuice tidak dapat menyebut namanya sendiri. Ia pun harus mencari cara untuk mengungkapkan namanya.

Meskipun merupakan seorang hantu di film bertema horror, Beetlejuice merupakan karakter yang penuh dengan humor.

3. Jack Skellingtion (Tim Burton’s The Nightmare Before Christmas)

Tim Burton - Jack Skellington
Sumber foto: ohmy.disney.com

Pumpkin King, Jack Skellington, mungkin sudah menjadi dekorasi wajib Toppers di hari Halloween. Karakter dari film The Nightmare Before Christmas ini juga mungkin sering Toppers temukan sebagai design di tas, baju, atau aksesoris lainnya.

Ia adalah salah satu diantara warga yang hidup di Halloween Town. Jack yang berbentuk tengkorak ini diakui sebagai sosok yang paling menakutkan dan diidolakan di kota tersebut. Namun, ia bosan dengan perayaan Halloween dan ingin merasakan warna-warni di Christmas Town. Meskipun ia mendatangkan bencana, ia memiliki tekad untuk memperbaiki kesalahannya.

4. Sparky (Frankenweenie)

Tim Burton - Frankenweenie
Sumber foto: filmforlife.org

Sparky adalah anjing peliharaan yang setia dan lucu dari Victor Frankenstein. Ia senang mengejar bola. Suatu hari, Sparky tertabrak oleh mobil dan meninggal. Victor pun menggunakan kecerdikan ilmiahnya untuk menghidupkan Sparky kembali.

5. The Joker (Batman)

Tim Burton - Joker
Sumber foto: cinema.sky.it

Semua pemeran Joker memang memiliki keunikannya masing-masing dalam menginterpretasi karakter penjahat yang fenomenal ini. Meskipun ia cenderung membuat penonton takut daripada menghibur, The Joker di Batman arahan Tim Burton tetap menjadi karakter unik yang aksinya mengesankan penonton.

6. Victor (Corpse Bride)

Tim Burton - Victor
Sumber foto: taringa.net

Sepertinya Tim Burton menyukai nama Victor ya, Toppers. Di film animasi Corpse Bride yang berlatar di era Victorian, karakter bernama Victor hadir lagi sebagai pemuda yang secara tidak sengaja menikahi seorang mayat pengantin wanita.

7. Ed Wood (Ed Wood)

Tim Burton - Ed Wood
Sumber foto: playbuzz.com

Ed Wood adalah seorang sutradara yang sering dinyatakan sebagai sutradara terburuk sepanjang masa. Namun, melalui karakter dari film biografi drama-komedi Ed Wood, Tim Burton menggambarkan bagaimana pentingnya untuk tidak menyerah akan ide kita.

8. Sweeney Todd

Tim Burton - Sweeney Todd
Sumber foto: bustle.com

Sweeney Todd adalah nama samaran dari Benjamin Barker, seorang narapidana yang dijebak oleh orang yang iri kepadanya. Ia merencanakan balas dendam dengan menjadi tukang pangkas. Karena ia adalah tukang pangkas yang sangat ahli, ia pun mendapatkan banyak pelanggan. Tapi apakah balas dendam dari karakter di film horror ini berjalan sesuai rencana?

9. Lydia Deetz (Beetlejuice)

Tim Burton - Lydia Deetz Winona Ryder
Sumber foto: comicbook.com

Dengan rambut berwarna hitam pekat dan make-up yang pucat, penampilan gothic Lydia Deetz telah menginspirasi penampilan banyak orang terutama saat pesta kostum Halloween. Tampilan yang unik serta ketertarikannya pada dunia supernatural menjadikannya salah satu karakter dari film Tim Burton yang paling diingat akan keunikannya.

10. Vincent (Vincent)

Tim Burton - Vincent
Sumber foto: jeugdfilmfestival.be

Vincent merupakan karakter dan judul film pendek dari salah satu karya awal Tim Burton. Vincent merupakan karakter unik yang mengajarkan tentang pentingnya mengeksplorasi pikiran kita. Dan ia membuktikan bahwa, terkadang, petualangan tidak selalu terjadi di luar rumah.

Sepanjang karirnya, Tim Burton telah melahirkan ratusan karakter yang mengagumkan. Daftar 10 karakter paling unik dari film Tim Burton ini hanya menurut versi penulis, lho. Bagaimana dengan versimu?

THEAUTHOR

Michelle Angelica

Michelle Angelica has written 10 Article, See all posts