tips merapikan meja kerja yang berantakan

Meja Kerjamu Berantakan? Coba Tips Ini Agar Meja Kerja Lebih Rapi

Vanessa Giovanni /   Info & Tips, Topik Seru Lainnya

Setiap harinya kita menghabiskan sekitar 8 jam untuk bekerja. Sebagian besar pekerjaan tentunya tidak lepas dari meja kerja di mana kita meletakkan semua perlengkapan, dari laptop, buku, dokumen, alat tulis, hingga botol minum. Jangan biarkan meja kerja kamu berantakan karena alasan tidak sempat atau malas merapikannya, Toppers. Selain bisa membuat ruang kerja jadi lebih enak dipandang, tahukah kamu kalau meja yang rapi dapat memperbaiki produktivitas? Tidak mau kan tempat kerja kamu malah jadi seperti ‘kapal pecah‘ dan membuat tidak betah.

Tidak sulit kok merapikan meja kerja,kamu cuma butuh sisihkan waktu sejenak dan kumpulkan niat untuk membuat meja kerjamu lebih tertata. Coba terapkan tips-tips di bawah ini untuk membuat meja lebih rapi dan nyaman sehingga pekerjaan terasa lebih menyenangkan.

1. Atur barang dengan sistematis sesuai fungsinya

tips merja kerja rapi
Sumber foto: Understood.org

Pisahkan barang-barang di mejamu dan kelompokkan sesuai fungsinya. Misalnya, dengan memasukkan kertas-kertas ke dalam folder atau arsip sehingga tidak menumpuk dan membuat meja tampak berantakan, gabungkan alat tulis di satu tempat yang sama supaya mudah dicari, dan seterusnya.

Ketika semua barang di atas meja kerja kamu sudah ditata dengan rapi, nantinya ketika dibutuhkan tidak ada lagi deh cerita harus mengubek-ubek meja. Semua dokumen yang sudah dikelompokkan sesuai kebutuhannya juga akan memudahkan kamu ke depannya. Apabila mungkin, tambahkan label penanda di tiap folder dokumen juga ya supaya mudah dicari.

2. Buang sampah pada tempatnya

meja bersih dari sampah
Sumber foto: Steamatic.ca

Terkadang kita menyepelekan sampah kecil seperti bungkus permen, plastik pembungkus, robekan kertas, dan sebagainya sehingga sampah kecil ini bertebaran di atas meja. Karena ukurannya yang kecil ini mungkin kamu menganggapnya tidak penting dan tidak akan mengganggu. Namun, jangan biarkan ini jadi kebiasaan karena justru akan menumpuk makin banyak sampah di atas meja, lho.

Biasakan langsung buang sampah di tempatnya, sekecil apapun ukuran sampah itu. Atau kamu juga bisa menyediakan tempat sampah kecil di dekat meja sehingga kamu bisa langsung membuang sampah tanpa harus berjalan, apalagi kalau lagi sibuk-sibuknya. Setelah terbiasa dari hal kecil ini, pasti meja akan jadi lebih bersih dan nyaman untuk bekerja nanti.

3. Hindari makan di atas meja kerja

tips meja kerja rapi
Sumber foto: Easygym.co.uk

Sadarkah kamu saat mengemil atau makan siang di atas meja kerja seringkali ada remah-remah yang jatuh dan mengotori area kerja, baik itu di atas ataupun bawah meja? Kalau tidak ngeh, bisa-bisa sisa makanan tadi mengundang hewan-hewan kecil mampir dan ujung-ujungnya malah membuat tempat kerja jadi kurang nyaman. Karena itulah, usahakan untuk makan di ruang yang memang sudah disediakan untuk makan.

Apabila memang terpaksa harus makan di meja kerja, pastikan sisa makanan dan kotorannya langsung dibersihkan, Toppers supaya mejamu tetap bersih sepanjang hari. Tidak  mau kan saat sedang serius kerja ternyata tangan kita tidak sengaja menyentuh sisa makanan yang berminyak dan malah membuyarkan konsentrasi?

4. Biasakan merapikan meja sehabis bekerja

meja kerja rapi
Sumber foto: Blog.statusbrew.com

Supaya meja kerja terjamin kerapiannya sepanjang minggu, biasakan membersihkan meja sebelum pulang kerja dengan rutin sehingga sampah dan barang-barang yang dirasa kurang penting tidak menumpuk di atas meja. Terlalu banyak barang dan dokumen bisa membuat tidak fokus dan mengganggu kinerja pekerjaan nantinya.

Dengan merapikan meja sebelum pulang kerja, besok paginya bakal jadi lebih semangat kerja deh karena tidak harus berhadapan dengan meja yang berantakan sisa-sisa pekerjaan di hari sebelumnya. Kalau mau take it to the next level, bersihkan meja dengan menggunakan kain basah atau tisu basah. Lakukan ini paling tidak seminggu sekali sehingga meja terjamin kebersihannya.

5. Sediakan kotak pensil untuk alat tulis kantormu

tips meja kerja rapi alat tulis
Sumber foto: Showmehowto.net

Tanpa menggunakan kotak pensil, biasanya alat tulismu akan berserakan begitu saja di atas meja. Sebelum makin berantakan, yuk rapikan semua alat tulis, dari pulpen, pensil, klip, steples, dan seterusnya, lalu tempatkan di suatu wadah.

Saat merapikan alat tulis, pastikan juga kamu mengetesnya untuk cek apakah masih berfungsi dengan baik. Jadi alat tulis yang sudah tidak berfungsi bisa dibuang dan tidak memenuhi tempat lagi deh.

 

Nah itu dia tips merapikan meja kerja supaya mood kerjamu sepanjang hari lebih semangat. Jadi, ga ada alasan lagi untuk malas-malasan atau tidak ada waktu, karena ternyata tidak sulit dan lama kok!

THEAUTHOR

Vanessa Giovanni

Vanessa Giovanni has written 23 Article, See all posts
  • lina

    Nice way…

  • Romher Aldi

    nnti coba ah dirumah~