Sederet Aktor yang Pernah Memerankan Karakter Joker

Michelle Angelica /   Entertainment, Info & Tips

Toppers pasti udah nggak sabar buat nonton Suicide Squad sesegera mungkin, kan? Atau mungkin udah nonton filmnya saat tayang perdana di Indonesia kemarin? Kalau bicara tentang film yang mengumpulkan Worst Heroes Ever dari DC Comics ini, memang kurang lengkap kalau tidak membicarakan tentang sang Clown Prince of Crime, yaitu Joker.

Adaptasi yang menghadirkan Joker memang selalu melahirkan antisipasi dan ekspektasi tinggi, sebab karakter Joker yang kompleks dan latar belakang sesungguhnya tidak pernah diungkapkan. Hal tersebut tentunya menggugah rasa ingin tahu dan imajinasi para penggemar. Selain itu, karakter Joker juga selalu diperankan oleh aktor yang aktingnya memang sudah diakui.

Latar belakang karakter Joker yang masih misterius membuat intrepretasi setiap pemerannya pun berbeda-beda. Cara pendekatan karakter yang dilakukan oleh para pemeran Joker juga terbilang extreme, dari mengurung diri hingga memberikan kejutan berupa tikus yang masih hidup. Semua dilakukan agar dapat memenuhi ekspektasi penggemar dari karakter ini.

Berikut ini beberapa aktor yang sudah pernah memerankan karakter Joker:

Jared Leto

blastingnews.com
blastingnews.com

Untuk kualitas akting, memang tidak perlu diragukan lagi. Aktor yang juga merupakan pendiri band 30 Seconds to Mars ini sudah menunjukkan kemampuan beraktingnya melalui berbagai peran karakter yang sangat berbeda. Sebelum menjadi Joker di Suicide Squad, ia memerankan karakter seorang transgender pengidap HIV/AIDS di Dallas Buyers Club. Performanya yang sukses menghadiahkan dirinya piala Oscar pada tahun 2014 yang lalu.

Untuk memerankan karakter Joker, Jared Leto pun memilih untuk menggunakan metode akting yang cukup extreme. Ia hampir tidak pernah meninggalkan karakter Joker. Jared Leto bahkan menghadiahi rekan pemain dalam film tersebut dengan tikus yang masih hidup.

Heath Ledger

clipd.com
clipd.com

Dalam film The Dark Knight yang dirilis pada tahun 2008, Heath Ledger berperan sebagai Joker. Ketika memerankan karakter tersebut, Heath Ledger memilih untuk mengurung dirinya di kamar hotel dan hanya tidur dalam rata-rata dua jam setiap malamnya. Namun malang, Heath Ledger harus meninggal beberapa hari setelah proses shooting selesai.

Usahanya untuk menghidupkan karakter Joker mendapat pengakuan dari banyak orang sebagai pemeran karakter Joker terbaik. Pasca meninggalnya Heath Ledger, dirinya memperoleh penghargaan Oscar karena perannya sebagai Joker.

Jack Nicholson

13thdimension.com
13thdimension.com

Aktor yang sudah meraih 12 nominasi Oscar ini memang terkenal akan karakter-karakter psikopat yang dimainkannya. Sosok Joker yang diperankan oleh Jack Nicholson adalah seorang psikopat yang menyebarkan zat kimia bernama Smilex, zat yang membuat korbannya tertawa sampai mati.

Cesar Romero

ign.com
ign.com

Joker tampil perdana di serial TV pada tahun 60an dengan diperankan oleh Cesar Romero. Pada saat menjalankan perannya, aktor yang identik dengan kumisnya ini enggan untuk mencukur kumisnya. Alhasil, penata rias pun mengakalinya dengan menutupnya dengan make-up.

Berbeda dengan Joker-Joker penerusnya yang suka melakukan kekerasan untuk hiburannya, Joker pertama ini suka membuat humor. Satu kesamaan dengan Joker-Joker lain adalah ketawa jahatnya.

Mark Hamill

moviepilot.com
moviepilot.com

Ketika nama Mark Hamill disebut, pastinya Luke Skywalker-lah yang ada di pikiran. Emang bener Mark Hamill pernah jadi Joker? Yup. Mark Hamill menyumbangkan suaranya untuk mengisi karakter Joker untuk seri animasi.

Siapa pemeran karakter Joker yang paling Toppers suka?

Yuk, lengkapi atribut kamu waktu menonton Suicide Squad dengan Kaos Suicide Squad.

og_kaos_suicide_squad

THEAUTHOR

Michelle Angelica

Michelle Angelica has written 10 Article, See all posts