Film Tiga Dara: Dulu dan Sekarang

Michelle Angelica /   Entertainment, Info & Tips

Setelah 60 tahun lamanya, film musikal klasik karya Usmar Ismail, Tiga Dara, dapat disaksikan lagi di bioskop. Sempat mengalami kondisi pita film seluloid yang memprihatinkan, kini film tersebut dapat ditonton selayaknya film baru dalam format 4K. Perbaikan atau restorasi terhadap film tersebut dilakukan oleh SA Films di L’immagine Ritrovata Laboratory, Italia.

Menyusul film Tiga Dara restorasi 4K, film Ini Kisah Tiga Dara yang terinspirasi dari film legendaris tahun 1956 tersebut akan tayang di bioskop mulai 1 September mendatang. Sama halnya dengan film Tiga Dara, Ini Kisah Tiga Dara menceritakan tentang kisah tiga bersaudari yang hidup bersama ayah dan nenek mereka. Jika film musikal fenomenal karya Usmar Ismail berhasil mencerminkan gambaran kehidupan di tahun 50an, maka begitu juga yang ingin dicapai oleh sutrada Nia Dinata.

Melalui Ini Kisah Tiga Dara hasil intrepretasinya, Nia Dinata mencoba menceritakan ulang kisah Tiga Dara dengan persoalan yang relevan di saat ini. Berikut hal-hal baru yang dapat kamu temukan di Ini Kisah Tiga Dara yang akan dirilis 1 September 2016:

Sutradara

Sumber foto: id.bookmyshow.com
Sumber foto: id.bookmyshow.com

Jika film arahan Usmar Ismail menceritakan kehidupan tiga perempuan di era 50-an dari sudut pandang sutradara laki-laki, di film Tiga Dara versi modern, perempuan jugalah yang akan menceritakan tentang tiga karakter perempuan utamanya. Sutradara dan penulis naskah Nia Dinata dipercaya untuk membuat remake film musikal legendaris Indonesia yang pernah ditampilkan di Venice Film Festival itu.

Namun, menurut sutradara tersebut, tidak mungkin dirinya bisa membuat ulang karya legendaris dari bapak perfilman Indonesia. Oleh karena itu, Ini Kisah Tiga Dara akan menjadi kisah yang terinspirasi dari film original-nya.

Pemeran Si Tiga Dara

Sumber foto: kapanlagi.com
Sumber foto: kapanlagi.com

Film Tiga Dara karya Usmar Ismail di tahun 1956 silam dibintangi oleh Chitra Dewi (Nunung), Mieke Wijaya (Nana), dan Indriaty Iskak (Nenny). Di versi 2016 ini, kisah tentang tiga dara akan dibawakan Shanty Paredes (Gendis), Tara Basro (Ella), dan Tatyana Akman (Bebe). Selain itu, film ini akan menghadirkan artis legendaris Indonesia, Titiek Puspa (Oma).

Uniknya, kedua pemeran karakter si bungsu merupakan pendatang baru di dunia perfilman pada saat kedua film ditayangkan. Dan menariknya, jika dalam versi 1956 karakter si nenek tidak ambil bagian dalam menari dan menyanyi, maka lain halnya di versi 2016. Titiek Puspa yang berperan sebagai Oma akan ikut dalam menari dan menyanyi.

Pemandangan Indah Maumere, Flores

Sumber foto: kapanlagi.com
Sumber foto: kapanlagi.com

Kita dibawa kembali hidup ke era 50-an ketika menonton Tiga Dara. Dalam film Ini Kisah Tiga Dara, kita akan dibawa menikmati pemandangan indah Maumere. Film tersebut menampilkan latar tempat dari pemandangan laut biru dengan pantai pasir putih hingga bangunan tua peninggalan Portugis di Maumere, Flores.

Potret Perempuan

Sumber foto: rollingstone.co.id
Sumber foto: rollingstone.co.id

Perempuan, seperti yang digambarkan oleh tiga bersaudari di film arahan Usmar Ismail, memiliki kehidupan yang terkesan domesticated. Namun beda halnya dengan tiga bersaudari di film arahan Nia Dinata. Di film yang akan dirilis 1 September 2016 nanti, kita dapat melihat mereka mengejar cita-cita dan ambisi mereka. Bahkan, menurut LSF Inonesia, roles perempuan di film ini terlalu agresif dan diberikan rating untuk 21 tahun ke atas.

Untuk mencari tahu lebih jauh lagi, saksikan kedua film ini di bioskop. Mau nonton di bioskop dengan potongan harga hingga 90%? Jangan lewatkan promo tiket nonton dengan membeli pulsa, paket data, dan token listrik di Tokopedia. Yuk, dapatkan promonya di sini!

THEAUTHOR

Michelle Angelica

Michelle Angelica has written 10 Article, See all posts