cara pakai instagram stories

Makin Eksis di Media Sosial dengan Instagram Stories

Vanessa Giovanni /   Entertainment, Info & Tips

Buat kamu yang setiap hari menggunakan Instagram, pasti sudah tidak asing dengan fitur terbaru yang bernama Instagram Stories. Kamu bisa post foto dan video yang akan hilang setelah 24 jam. Foto dan videomu pun juga bisa dihiasi dengan tulisan dan emoji ataupun diberikan filter. Terdengar mirip dengan Snapchat? Tidak bisa disangkal kalau memang fitur terbaru Instagram ini terinspirasi dari Snapchat, seperti halnya yang sudah disampaikan oleh Kevin Systrom, CEO Instagram.

cara buat edit instagram stories
Sumber foto: Blog.instagram.com

Instagram Stories muncul di bagian atas feed-mu, dan di sini kita bisa melihat apa yang di-share dari teman dekat hingga artis yang kamu follow. Untuk bisa melihat story yang dibagikan ini, kamu hanya perlu mengklik pada bagian foto, nantinya story tersebut akan muncul, dan konten yang ditampilkan itu berurutan dari yang terlama hingga yang terbaru. Tidak seperti post Instagram biasanya, kamu tidak bisa memberikan likes dan komentar. Namun, kamu bisa mengirimkan pesan dari story tersebut seperti halnya di Snapchat.

Cara menggunakan Instagram Stories

cara pakai instagram stories
Bagikan kisah seru sehari-hari kamu di Instagram Stories

Tidak sulit lho cara menggunakan Instagram Stories. Untuk membuat story di Instagram, kamu hanya perlu mengklik icon “+” di bagian kiri atas layar. Setelahnya kamu bisa memfoto atau merekam video yang bisa ditambahkan filter dan juga tulisan serta gambar.

upload foto instagram stories
Sumber foto: Blog.bufferapp.com

Untuk setiap story yang sudah di-post, tersedia informasi berapa banyak orang dan siapa saja yang sudah melihat foto atau videomu. Kamu juga bisa post hasil story tadi sebagai posting-an Instagram seperti biasanya ke dalam feed. Caranya mudah, hanya perlu klik tombol upload seperti yang ada pada gambar di atas.

Post stories dari hasil foto dan video kameramu

Ternyata tidak harus hasil kamera real time, kamu juga bisa post story dari hasil foto atau rekam video dalam waktu 24 jam terakhir di handphone. Mau share quotes inspiratif atau foto lucu hasil kiriman teman ke Instagram Stories bukan tidak mungkin! Ga pakai ribet, berikut caranya post stories dari camera roll atau gallery handphone-mu.

post foto video instagram
Pilih foto dan video yang ada di handphone kamu dan bagikan di Instagram Stories

Klik tombol “+” lalu buka tampilan kamera stories untuk mengambil gambar. Swipe ke arah bawah dan kamu akan menemukan hasil foto dan video pada bagian atas layar. Tinggal pilih deh konten mana yang mau dibagikan.

Bagikan story ke orang-orang tertentu saja

Jika akun Instagram kamu private, maka story hanya bisa dilihat oleh followers saja. Untuk akun yang private ataupun tidak, ada cara untuk mengubah setting privacy story sehingga kamu bisa menyembunyikan story dari orang-orang tertentu dengan spesifik. Tinggal klik tombol yang ada di pojok kanan bawah layar, lalu pilih “Story Settings”, lalu atur siapa saja yang bisa melihat story-mu di bagian “Hide Story From”.

privacy setting instagram story
Atur privacy setting Instagram Stories kamu

Tidak hanya mengatur siapa saja yang bisa melihat, kamu juga bisa mengubah setting story sehingga hanya orang-orang tertentu saja atau tidak ada sama sekali yang bisa mengirimkan pesan balasan atas story-mu di bagian “Allow Message Replies”.

 

Bagaimana, Toppers, seru kan bermain dengan Instagram Stories ini? Jangan lupa follow @Tokopedia untuk selalu dapatkan informasi dan kabar promo terbaru dari Tokopedia!

 

THEAUTHOR

Vanessa Giovanni

Vanessa Giovanni has written 23 Article, See all posts