acara 17an

5 Acara untuk Memeriahkan 17 Agustus Tahun Ini

Vanessa Giovanni /   Info & Tips

Beberapa hari lagi kita akan merayakan ulang tahun Indonesia yang ke-71. Setiap perayaan hari kemerdekaan Indonesia ini, selalu banyak acara seru yang bisa kita saksikan dan ikuti untuk memeriahkan 17an tiap tahunnya. Selain bisa libur sejenak di tanggal 17 Agustus, tidak ada salahnya lho ikut berbagai kegiatan yang bisa jadi cuma ada setahun sekali atau kegiatan lain yang bernuansa ala-ala patriotik khas hari kemerdekaan supaya perayaan HUT Indonesia tahun ini lebih berasa. Berikut 5 kegiatan yang bisa kamu coba lakukan untuk mengisi tanggal 17 Agustus nanti:

1. Upacara bendera

Sumber foto: Simomot.com
Sumber foto: Simomot.com

Upacara bendera sudah jadi kebiasaan setiap tanggal 17 Agustus, baik yang diadakan di sekolah, kampus, kantor pemerintahan, hingga di istana negara. Apalagi buat kamu yang sudah lulus sekolah menengah atas, upacara sudah jadi hal biasa di tiap hari Senin. Namun, buat kamu yang sudah kuliah, usahakan untuk ikut serta dalam upacara juga ya.

Kalau tidak menemukan upacara bendera di lingkungan sekitarmu, kamu bisa saksikan saja tayangan upacara yang ada di televisi. Presiden akan memimpin upacara ini yang dihadiri oleh menteri, pejabat, dan undangan lainnya. Tidak hanya upacara pengibaran di pagi hari, saksikan pula upacara penurunan bendera di sore harinya.

2. Ramaikan lomba-lomba 17-an

lomba 17an
Sumber foto: Duniaku.net

Lomba untuk merayakan 17 Agustus sudah jadi tradisi setiap tahunnya. Tidak hanya untuk anak-anak saja, kamu yang sudah dewasa juga bisa turut serta meramaikan acara tahunan ini, dari lomba makan kerupuk, balap karung, hingga futsal.

Jika tidak berpartisipasi sebagai peserta, kamu juga bisa seru-seruan menonton perlombaan yang diadakan. Siapkan juga kamera atau handphone dengan baterai full untuk mengabadikan momen setahun sekali ini. Makanya, jangan sampai ketinggalan datang ke lomba tahun ini ya!

3. Wisata sejarah

museum fatahilah
Sumber: Anythingjakarta.com

Selagi tanggal merah, yuk sempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata yang punya banyak cerita sejarah di baliknya. Apalagi buat kamu yang hampir selalu pergi ke mall saat libur. Mampir ke museum bisa jadi cara refreshing yang tidak kalah menarik.

Setiap kota pastinya memiliki tempat wisata yang berhubungan dengan sejarah, baik yang berhubungan dengan perang melawan penjajah hingga sejarah kerajaan dan peninggalan masa lalu terkait budaya. Pastikan memakai pakaian yang nyaman dan bawa botol minum untuk jalan-jalan seru ini!

4. Tonton film patriotisme

film patriotisme
Sumber foto: Nachostime.net

Tidak ke mana-mana saat tanggal 17 Agustus nanti? Supaya lebih berasa suasana hari kemerdekaan Indonesia, tonton saja film-film yang bernuansa patriotik atau yang menceritakan sejarah Indonesia. Film ini bisa bercerita tentang tokoh-tokoh yang sering disebut dalam sejarah seperti Soekarno, KH Ahmad Dahlan, Soegija, Tjoet Nja’ Dhien, dan masih banyak lagi.

Selain film yang mengangkat tokoh tertentu, kamu juga bisa nonton film dengan semangat patriotik seperti Nagabonar, Nagabonar Jadi 2, Merah Putih, dan masih banyak lagi. Dijamin kamu akan jadi lebih menghargai jasa pahlawan dan memaknai hari kemerdekaan lebih dalam, atau barangkali ada yang terinspirasi jadi anggota militer setelah nonton film-film tadi?

5. Tunjukkan kepedulianmu ke sekeliling dan Indonesia

kerja bakti kegiatan 17an
Sumber foto: Korannusantara.com

Ada banyak cara untuk memaknai kemerdekaan, salah satunya adalah dengan menunjukkan kepedulian kamu untuk Indonesia dan masyarakat. Terdengar berat? Jangan salah, caranya mudah dan sederhana, lho, bahkan mungkin hal-hal yang biasa kita lakukan sehari-hari atau malah yang terlewat.

Jangan keburu malas kalau ada ajakan kerja bakti di lingkungan. Di sini kita bersosialisasi sambil menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, sesuai dengan apa yang kita kenal sebagai gotong royong. Atau ikut serta dalam berbaga kegiatan volunteer misalnya untuk merawat hewan di tempat penampungan, membersihkan sungai, menjadi pengajar, dan seterusnya. Kalau merasa belum punya skill yang mampu untuk dibagikan atau belum percaya diri, menyediakan waktu untuk membantu orang lain juga sama pentingnya, lho! Jangan cuma saat 17an saja, yuk coba lakukan kegiatan ini sepanjang tahun dan rasakan ternyata dampaknya ada untuk banyak orang lain di luar sana.

 

Bagaimana, Toppers, daripada menghabiskan hari libur di tanggal 17 Agustus dengan aktivitas itu-itu saja, yuk coba kegiatan di atas saja. Lebih seru kalau ajak keluarga dan teman juga ya!

THEAUTHOR

Vanessa Giovanni

Vanessa Giovanni has written 23 Article, See all posts