Tips dan Trick Main Game Pokemon GO

Tips dan Trick Main Game Pokemon GO

Vanessa Giovanni /   Entertainment, Info & Tips

Demam Pokemon kembali melanda dunia! Sudah coba main game Pokemon GO yang sedang hits belakangan ini? Dengan game Pokemon Go, kita bisa “menangkap” Pokemon yang berkeliaran bebas dengan Augmented Reality (AR) yang seolah-olah menghadirkan pengalaman nyata karena kita diajak keluar rumah untuk mencari Pokemon dan Pokestop.

Di Indonesia sendiri, Pokemon GO bisa dikatakan jadi viral, banyak orang yang memainkan game ini baik pada usia anak-anak dan dewasa, laki-laki dan perempuan, pelajar atau mereka yang sudah bekerja, pokoknya dari gamers sampai mereka yang tidak terlalu sering main game seperti kesengsem dengan Pokemon GO. Mau jadi Pokemon Master yang “the very best no one ever was”? Berikut tips dan trick yang bisa kamu coba!

1. Cara tangkap Pikachu di awal permainan

tangkap pikachu pokemon go
Sumber foto: Imore.com

Di awal permainan ketika diberi pilihan Charmander, Bulbasaur, dan Squirtle, jangan pilih satu pun dari mereka. Jalan jauhi 3 pokemon tersebut dan mereka akan terus muncul terus mengikuti pergerakan kita. Setelah 4 kali menjauhi pokemon tadi, nantinya Pikachu akan muncul otomatis dan inilah kesempatan menangkap Pikachu sebagai pokemon pertama.
tangkap pikachu pokemon go
Kalau kamu kelewatan trick ini, tidak usah khawatir kamu ketinggalan atau kalah kuat karena semua pokemon pertama, baik itu Charmander, Bulbasaur, Squirtle, ataupun Pikachu sebenarnya memang tidak terlalu kuat, tapi trik menarik ini bisa kita terapkan untuk pamer ke teman atau jadi beda sekaligus melengkapi koleksi pokemon di Pokedex.

2. Trik tangkap Pokemon dengan Pokeball untuk XP lebih banyak

lempar pokeball pokemon go
Sumber: Cnet.com

Pernah ngeh kadang ada tulisan NiceGreat, atau Excellent muncul saat melempar Pokeball? Sebagai bagian seru dari Pokemon GO, menangkap pokemon sebenarnya tidak boleh asal untuk hasil yang maksimal. Kita bisa gunakan Pokeball gratis yang didapat dari Profesor, Pokestop, atau dari Shop dengan menggunakan Pokecoin. Ada pula pilihan Great Ball dan Master Ball dengan kemungkinan sukses tangkap Pokemon yang lebih tinggi yang bisa didapat dari Pokestop atau bonus naik level.

Kita akan melihat lingkaran berwarna hijau, orange, atau merah saat membidik Pokemon sebelum melempar Pokeball. Lingkaran hijau berarti Pokemon bisa ditangkap dengan mudah, oranye berarti lebih sulit, dan merah menandakan pokemon butuh lemparan yang presisi yang terkadang juga butuh Pokeball dengan level lebih tinggi atau Razz Berries.

Untuk mendapatkan keterangan Nice dengan bonus 10 XP, lempar Pokeball saat lingkaran yang muncul berada dalam ukuran terbesarnya. Sedangkan untuk dapat bonus Great 50XP, lempar Pokeball ketika ukurannya berada di tengah-tengah, kurang lebih ketika 2 ukuran lebih kecil dari ukuran terbesarnya. Bonus terbesar sebanyak 100XP dari keterangan Excellent bisa didapat saat lingkaran berada di ukurannya yang paling kecil.

3. Jangan cuma lempar Pokeball lurus, dapatkan bonus lebih banyak dengan curve ball

curved ball pokemon go bonus xp
Sumber foto: Pokemon-world.com

Ternyata selain lempar lurus Pokeball ke arah Pokemon, kita bisa memutar-mutarkan Pokeball saat membidik target. Kita bisa putar Pokeball searah jarum jam dan juga sebaliknya, lalu kemudian lemparkan. Cara ini memang lebih sulit dari lemparan Pokeball biasa, tapi ada bonus 10 XP kalau berhasil. Ada pula info kalau curve ball juga bisa meningkatkan kemungkinan sukses Pokemon tertangkap meski hal ini belum dikonfirmasi kebenarannya. Dengan bonus XP, level trainer bisa naik lebih cepat deh!

Tahan Pokeball lalu bentuk lingkaran hingga Pokeball terlihat berputar dan mengeluarkan cahaya seperti gambar di atas. Setelah dirasa bisa tepat sasaran, lempar Pokeball-nya ke Pokemon incaranmu. Usahakan pula untuk lempar Pokeball ke arah yang berlawanan dari arah kamu memutarkan Pokeball-nya atau pastikan posisi Pokeball sudah di tengah lagi saat akan dilempar setelah kamu putar-putar sebelumnya.

4. Matikan AR untuk lebih mudah tangkap Pokemon

lebih mudah main pokemon go dengan ar non aktif
Sumber foto: Mashable.com

Salah satu daya tarik Pokemon GO adalah AR yang membuat seolah-olah ada Pokemon di sekitar kita. Meski akan mengurangi sensasi bermain Pokemon GO, menonaktifkan AR bisa memudahkan kamu menangkap Pokemon. Nonaktifkan AR dengan mengklik tombol di bagian kanan atas dan tampilan layar akan berubah jadi seperti gambar di atas.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dari menonaktifkan AR. Pertama, baterai handphone akan jadi lebih hemat karena tampilan background yang berubah jadi latar yang sama setiap menangkap Pokemon. Kedua, Pokemon jadi lebih mudah ditangkap dengan setting AR off karena mereka akan diam di tengah layar, daripada dengan AR aktif di mana kita harus memposisikan handphone dengan tepat dan stabil.

5. Cara bertarung dan menang di gym

cara menang gym pokemon go
Sumber foto: Imore.com

Sebelum bertarung di gym, cek dulu siapa saja Pokemon yang akan jadi lawanmu. Pilih Pokemon yang tepat untuk bertarung nanti sesuai tipe dan elemen lawan. Berikut adalah list elemen Pokemon dan lawan mana yang tepat untuk mengalahkannya di gym:

  • Normal: Fighting
  • Fire: Water, Ground, Rock
  • Water: Electric, Grass
  • Electric: Ground
  • Grass: Fire, Ice, Poison, Flying, Bug
  • Ice: Fire, Fighting, Rock, Steel
  • Fighting: Flying, Psychic, Fairy
  • Poison: Ground, Psychic
  • Ground: Water, Grass, Ice
  • Flying: Electric, Ice, Rock
  • Psychic: Bug, Ghost
  • Bug: Fire, Flying, Rock
  • Rock: Water, Grass, Fighting, Ground, Steel
  • Ghost: Ghost
  • Dragon: Ice, Dragon, Fairy
  • Steel: Fire, Fighting, Ground
  • Fairy: Poison, Steel

Kita bisa coba untuk mengawali pertarungan dengan dodge dari serangan lawan, caranya dodge ketika bertarung di gym adalah dengan swipe ke kiri dan kanan di layar. Kita juga bisa mengeluarkan special attack ketika kotak biru di bawah HP (Health Point) sudah terisi penuh, pencet dan tahan layar untuk mengeluarkan serangan yang lebih kuat ini. Layar akan berubah ke mode cinematic sebagai penanda kalau special attack dilepaskan.

6. Trik naik level cepat di Pokemon GO

naik level cepat pokemon go
Sumber foto: Comicbook.com

Dengan level trainer yang tinggi, Pokemon dengan CP yang tinggi akan lebih sering muncul. Dengan CP yang tinggi, kita berkesempatan lebih besar untuk menguasai gym. Merasa kesulitan harus mengumpulkan jumlah XP yang banyak untuk naik level?

Ada banyak cara untuk mengumpulkan XP di Pokemon GO antara lain menangkap Pokemon, menangkap Pokemon baru, mendatangi PokeStop, mengevolusiPokemon, melatih Pokemon di gym, hingga menaklukan gym yang kamu temukan.

Berikut adalah jumlah XP yang bisa kita dapatkan di Pokemon GO

  • 10 XP: Curve ball
  • 10 XP: Lemparan PokeBall Nice
  • 100 XP: Menangkap Pokemon
  • 50 XP: Lemparan Pokeball Great
  • 50 XP: Checking in di PokeStop
  • 50 XP: Mengalahkan Pokemon lewat training di gym (gym dengan Pokemon trainer dari tim yang sama)
  • 100 XP: Menangkap Pokemon
  • 100 XP: Melawan Pokemon trainer dari tim lain di gym
  • 150 XP: Mengalahkan Pokemon trainer dari tim lain di gym
  • 200 XP: Telur Pokemon yang menetas
  • 500 XP: Menangkap Pokemon baru
  • 500 XP: Evolve Pokemon
tangkap pokemon nearby pokemon go
Sumber foto: Ibtimes.sg

Kalau ada siluet Pokemon muncul di “Nearby”, usahakan tangkap Pokemon tersebut apabila jaraknya memungkinkan. Pokemon baru menghasilkan XP 5 kali lipat lebih besar. Jadi jangan sampai lewatkan kesempatan ini.

Ada pula tips lain untuk mendapat banyak XP sekaligus. Sering bertemu Pidgey saat hunting Pokemon? Jangan lewatkan begitu saja cuma karena bosan tangkap Pidgey melulu, karena justru punya Pidgey dalam jumlah agak banyak bisa berguna untuk leveling up. Pidgey hanya perlu 12 candy untuk evolusi, dan tiap evolusi menghasilkan 500XP. Setiap menangkap Pidgey, kita akan mendapat 3 candy, berarti kita hanya butuh menangkap 4 pidgey untuk mengevolvenya ke Pidgeotto. Selain Pidgey, ada Weedle dan Caterpie juga yang hanya membutuhkan 12 candy untuk evolusi.

evolusi pidgey weedle caterpie naik level cepat
Sumber foto: Businessinsider.com.au

Mau hasil XP yang lebih gila lagi? Gunakan Lucky Egg yang ada di dalam tasmu. Miliki Pidgey, Weedle, dan Caterpie sebanyak-banyaknya, lalu evolusi mereka semua di waktu yang berdekatan setelah menggunakan Lucky Egg.

Mengevolusi satu Pokemon butuh waktu kira-kira 30 detik, berarti kita bisa mengevolusi hingga 60 Pokemon untuk setiap Lucky Egg yang digunakan. Gunakan 30 menit waktu XP dua kali lipat dengan optimal—misalnya dengan mendatangi beberapa PokeStop, menangkap Pokemon, atau menetaskan telur— jika belum punya 60 Pokemon untuk dievolusi sekaligus.
pokeball pokemon go

Semoga tips dan trick di atas berguna dan membantu kamu untuk jadi trainer Pokemon yang lebih baik lagi. Hanya saja, pastikan kamu memperhatikan sekeliling untuk keamanan saat main Pokemon GO, baik saat berkendara atau berjalan kaki sendirian untuk mencari Pokemon.

Tim mana yang kamu pilih, Toppers di Pokemon GO? Valor, Mystic, atau Instict?

 

THEAUTHOR

Vanessa Giovanni

Vanessa Giovanni has written 23 Article, See all posts