anti mati gaya saat mudik naik kereta api

Ini Dia Tips Anti Mati Gaya Pas Mudik Naik Kereta Api

Vanessa Giovanni /   Info & Tips, Topik Seru Lainnya

Sudah lengkap persiapan untuk mudik tahun ini? Buat kamu yang akan naik kereta api untuk mudik nanti, siapkan bawaan dan mental untuk menempuh perjalanan hingga berjam-jam. Meski moda transportasi ini sudah mengalami peningkatkan pelayanan, waktu perjalanan yang cukup lama bisa membuat kamu kehabisan ide untuk menghabiskan waktu di perjalanan. Daripada kebingungan harus ngapain nanti, yuk simak tips di bawah ini untuk jauh-jauh dari yang namanya mati gaya saat mudik naik kereta:

1. Mudik bersama teman dan keluarga? Siapkan permainan yang bisa dimainkan dalam perjalanan

bermain dengan teman dan keluarga di dalam kereta api mudik
Sumber foto: News.nwpu.edu.cn

Ketika bepergian dengan teman dan keluarga, momen selama di jalan bisa jadi salah satu memori yang terpenting dan berkesan dalam perjalanan. Bepergian dengan partner atau rombongan sebenarnya akan meminimalisasi kemungkinan mati gaya selama mudik, tetapi jangan lupa kalau jarak tempuh dengan kereta api bisa mencapai di atas 6 jam. Bisa saja suasana jadi canggung karena mulai kehabisan ide dan cerita.

Untuk menyiasati situasi ini, persiapkan permainan seru untuk mengisi waktu selama di jalan. Kamu bisa bawa kartu dari rumah untuk dimainkan selama perjalanan. Selain kartu, games lain yang bisa dimainkan di jalan antara lain kartu Uno, ular tangga, Ludo, dan sebagainya. Mau seru-seruan boleh, tapi usahakan jangan terlalu ribut karena bisa mengganggu kenyamanan penumpang lain. Lalu bagaimana kalau mainan kamu tertinggal di rumah? Masih ada sejumlah permainan sederhana yang bisa kamu coba lakukan misalnya Bingo dan ABC lima dasar.

2. Jangan lupa siapkan playlist lagu yang akan menemani waktu mudikmu

mendengarkan musik di kereta saat mudik
Sumber foto: Billboard.com

Musik bisa menjadi senjata utama mengusir kebosanan dan mati gaya saat di jalan. Nikmati pemandangan selama perjalanan, suasana di dalam gerbong kereta, atau baca buku sambil mendengarkan musik yang sudah kamu persiapkan playlist-nya dari rumah. Setel lagu favoritmu untuk membuat mood perjalanan mudik kamu jadi lebih semangat. Begitu pula kalau sedang stres, dengarkan musik yang bisa menenangkan perasaan dan membuat kamu lebih relaks. Itu baru dua dari sekian banyak manfaat yang kita dapat dari mendengarkan musik, lho.

Saat mendengarkan musik nanti jangan lupa gunakan headphone atau headset supaya lagu yang kamu dengar tidak mengganggu orang lain. Pastikan juga baterai handphone atau iPod dalam keadaan penuh supaya waktu mendengarkan musikmu tidak terganggu di tengah jalan. Jika nanti baterai handphone atau iPod kamu habis, tenang saja, Toppers karena tersedia colokan listrik di dalam kereta.

3. Siapkan bahan bacaan untuk dibaca selama perjalanan

siapkan buku untuk mudik di jalan dengan kereta api
Sumber foto: Hercampus.com

Sering merasa tidak ada waktu dan terlalu sibuk untuk membaca buku? Tidak harus buku, komik, atau majalah baru, di perjalanan mudik ini kamu bisa membaca buku yang belum sempat kamu selesaikan sampai akhir karena sibuk kerja atau sekolah. Ketika membaca buku, tidak terasa waktu berjam-jam akan lewat sehingga kamu tidak akan merasa terlalu bosan duduk lama di dalam kereta.

Selain berguna untuk killing time, dengan membaca bahan bacaan yang dibawa kamu bisa mendapatkan berbagai informasi baru yang mungkin sebelumnya tidak kamu ketahui. Selain membaca buku fisik, kamu juga bisa baca buku digital yang dibawa di handphone atau tabletmu untuk meringankan bawaan saat mudik.

4. Duduk berdekatan dengan orang asing? Tidak ada salahnya bertegur sapa

berkenalan dengan orang asing di dalam kereta saat mudik
Sumber foto: Traveltriangle.com

Tidak ada salahnya mengajak bicara orang yang duduk di dekat kamu selama perjalanan. Perbincangan bisa diawali dengan basa-basi seperti asal dan destinasi perjalanan lawan bicaramu. Siapa tahu ternyata teman bicara kamu adalah orang yang menyenangkan dan ternyata bisa jadi teman yang baik meski perjalanan sudah berakhir. Atau barangkali dia adalah jodohmu, tidak ada yang tahu, kan?

Mengajak bicara orang asing terasa menyeramkan bagi sejumlah orang, tetapi kalau dia bisa jadi teman bicara yang menyenangkan bukan tidak mungkin hubungan pertemanan bisa terbangun dari sana. Atau malah bisa menambah koneksi untuk keperluan pekerjaan yang akan menguntungkan kamu ke depannya. Tapi jangan lupa untuk tetap hati-hati karena bagaimana pun ia adalah orang asing yang belum kita kenal.

5. Atasi rasa bosan dengan memainkan HP, dari games sampai belanja semua jadi mudah

bermain hp saat di jalan mudik kereta api
Sumber foto: Heherotales.com

Ketika rasa bosan sudah menumpuk dan tidak ada kegiatan lain yang bisa dilakukan, memainkan handphone seringkali jadi solusi tercepat. Kamu bisa mengajak chat teman selama perjalanan, baik lewat chat pribadi ataupun dalam grup. Tidak ada teman ngobrol? Kamu bisa mainkan games yang ada di handphone untuk melewatkan waktu, atau buka saja aplikasi Tokopedia di handphone-mu dan ek barang-barang yang ingin kamu beli. Kalau belum bisa langsung check out dan beli di saat itu juga, masukkan ke wish list supaya barang incaranmu tidak hilang begitu saja.

Selain untuk main games, handphone kamu juga bisa digunakan untuk memotret pemandangan yang bisa dilihat dari jendela kereta. Kalau sedang tidak ada pemandangan menarik, kamu juga bisa foto suasana yang ada di dalam kereta atau malah foto selfie. Tidak perlu takut kalau handphone-mu kehabisan daya karena colokan listrik sudah tersedia di dalam gerbong kereta api. Handphone bisa terus online selama perjalanan tanpa harus takut kehabisan baterai di jalan.

mudik dengan kereta api
Sudah siap naik kereta api untuk perjalanan mudik dan balik nanti, Toppers? Pastikan kamu sudah mempersiapkan semua keperluan dan barang-barang yang akan dibawa mudik supaya perjalanan berjam-jam nanti tetap terasa nyaman. Nanti begitu sampai di tempat tujuan, perasaan lelah kamu akan berganti dengan perasaan bahagia dan semua usaha kamu di jalan akan terbalaskan. Selamat mudik, Toppers!

 

THEAUTHOR

Vanessa Giovanni

Vanessa Giovanni has written 23 Article, See all posts