kelola thr dengan bijak supaya tidak ludes semua

Sudah Dapat THR? Ini Dia Cara Mengelola THR Agar Tak Ludes Seketika

Vanessa Giovanni /   Info & Tips, Topik Seru Lainnya

Saat-saat menjelang Hari Raya Lebaran ini kamu pasti sudah semangat membayangkan THR (Tunjangan Hari Raya) yang sudah dinanti-nanti. Atau malah sudah terima THR-nya, Toppers? Mungkin kamu sudah ada bayangan akan menggunakan THR ini untuk barang-barang impian yang sudah lama masuk wish list, misalnya gadget baru, baju baru, tas incaran beberapa bulan lalu, pokoknya semua barang baru.

Dapat uang tambahan dari perusahaan di luar gaji bulanan memang menyenangkan dan bikin semangat, tapi berapa lama THR ini bisa bertahan di rekening atau dompetmu? Berikut tips menggunakan uang THR dengan bijak supaya dana ini tidak lenyap seketika.

1. Gunakan THR untuk keperluan hari raya terlebih dahulu

yang pasti ada saat Lebaran
Sumber foto: Stillculture.blogspot.com

Pada dasarnya THR adalah pemasukan di luar gaji bulanan yang ditujukan untuk membiayai berbagai keperluan Hari Raya Idul Fitri yang harganya cenderung melonjak. Hindari lapar mata dan langsung menghabiskan THR untuk keinginan sesaat, tapi coba buat prioritas khususnya untuk keperluan Lebaran nanti, misalnya baju Lebaran baru, tiket mudik, amplop Lebaran, dan seterusnya.

Untuk mudik, pastikan kamu sudah memprediksi pengeluaran seperti harga bensin atau tiket kendaraan umum. Pisahkan juga biaya transport ini dengan biaya makan dan minum selama perjalanan. Sedangkan untuk pos biaya Lebaran, siapkan juga dana untuk membuat kue Lebaran, makanan Lebaran, dan minuman-minuman ringan.

2. Prioritaskan keperluan yang lebih penting sebelum belanja

tips menggunakan thr dengan bijak
Sumber foto: Metairiebank.com

Pada dasarnya prioritas utama dalam penggunaan THR adalah untuk keperluan hari raya, seperti halnya poin pertama di atas. Namun, THR juga bisa lho digunakan untuk membayar berbagai keperluan mendesak yang tidak kalah penting, misalnya hutang kartu kredit. Tidak adalah salahnya kok menggunakan THR untuk membayar hutang, tapi perhitungkan dengan baik karena bisa jadi alokasi dana untuk investasi dan dana darurat terpakai untuk kebutuhan ini.

Usahakan membayar hutang terlebih dahulu sebelum belanja untuk keperluan hiburan, Toppers. Hal ini mungkin berefek kamu tidak bisa belanja Lebaran lebih banyak, tetapi ini sebenarnya lebih berpengaruh positif pada kondisi keuangan pribadi dan keluarga.

3. Jangan langsung dihabiskan, alokasikan juga untuk ditabung

tabungan thr lebaran
Sumber foto: Maxfinance.com.au

Pernah merasa kalau dalam sebulan (atau bahkan lebih!) kamu tidak bisa menabung karena memang tidak ada uang tersisa untuk ditabung? Sebelum terulang lagi, pisahkan sejumlah persentase uang THR untuk ditabung, apalagi pemasukkan tambahan ini bisa meningkatkan jumlah tabunganmu dengan lumayan siginifikan, lho.

Untuk urusan tabungan ini, jangan sisakan dananya dan baru ditabung setelah belanja. Bisa jadi malah semua uangmu terpakai untuk kesenangan sesaat saja. Kalau bingung seberapa banyak uang THR yang bisa ditabung, minimal sisihkan 10% dari THR untuk tabungan.

4. Investasi dari THR tahun ini untuk masa depan

investasi dari thr lebaran
Sumber foto: Landmarkgold.com

Sebisa mungkin kelola uang THR kamu seperti halnya mengelola gaji bulanan. Paling tidak sisihkan 10% dari THR untuk melakukan investasi. Dengan pemasukkan tambahan di luar gaji bulanan ini, kamu punya kesempatan lho untuk mempercepat investasi untuk rencana jangka panjang demi masa depan nanti. Mirip dengan poin nomor 3 di atas, anggarkan THR dengan baik dan sisihkan sebagian daripada untuk senang-senang saja.

Kamu bisa mengalokasikan investasi ke dalam berbagai bentuk, misalnya deposito, reksadana, emas, dan seterusnya. Dengan besar THR sama seperti 1 bulan gaji, lumayan banget kan untuk diinvestasikan!

5. Jangan lupakan zakat untuk berbagi

zakat dari thr lebaran
Sumber foto: Salamstock.com

Begitu dapat uang THR memang rasanya “gatal” ya untuk dibelanjakan. Namun, coba kendalikan keinginan belanja ini agar tidak berlebihan, sama seperti kamu sedang mengendalikan hawa nafsu selama berpuasa di bulan suci ini. Sisihkan rezekimu di bulan puasa ini untuk berbagi dengan orang lain lewat zakat.

Kalau menggunakan uang untuk keperluan pribadi seperti belanja baju dan tas, rasa senang pasti muncul saat berhasil membawa pulang barang impian. Namun, perasaan itu sebenarnya hanya sesaat dan tidak akan bertahan lama. Sedangkan ketika kamu bisa membantu orang lain, sekecil apapun itu pasti akan membawa kebahagiaan. Berbagi akan membuat hidup lebih bahagia karena apa yang kamu punya ternyata memiliki kebermanfaatan untuk orang lain.

 

Untuk tahun ini, yuk buat perencanaan yang lebih matang untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Ibadah jadi lebih fokus dan setelah Lebaran kamu masih punya dana tabungan.

 

THEAUTHOR

Vanessa Giovanni

Vanessa Giovanni has written 23 Article, See all posts