tips olahraga saat puasa

5 Tips Olahraga Saat Bulan Puasa

Vanessa Giovanni /   Info & Tips, Kesehatan

Kata siapa kamu tidak bisa berolahraga saat bulan puasa? Mungkin kalau dibayangkan, olahraga saat puasa ketika perut sedang kosong dan badan kurang semangat rasanya membuat mager (malas gerak). Namun, puasa bukan berarti jadi alasan untuk skip olahraga, Toppers. Olahraga adalah salah satu kebutuhan tubuh yang akan membuat tubuhmu sehat dan bugar, termasuk saat berpuasa. Berikut 5 tips untuk tetap mengoptimalkan olahragamu saat bulan Ramadhan:

1. Pilih waktu olahraga saat bulan puasa dengan tepat

tips olahraga saat puasa muslim
Jangan sembarang pilih waktu olahraga ketika berpuasa | Sumber foto: Muslimgirl.com

Bukan tidak mungkin untuk rutin berolahraga 3-5 kali dalam seminggu saat puasa. Kamu bisa menyesuaikan durasi olahraganya, misalnya jadi 20-30 menit. Tidak perlu dipaksa untuk melakukan intensitas olahraga seperti saat tidak berpuasa, jadi tidak masalah kalau intensitas olahraga saat puasa kamu kurangi hingga 50%.

Kamu bisa pilih mau olahraga saat menjelang buka, setelah shalat tarawih, ataupun menjelang sahur. Kalau pilih sebelum buka, usahakan olahraga 30 menit hingga 1 jam sebelum buka puasa sehingga kamu bisa langsung minum setelah usai berolahraga yang bersamaan dengan berbuka puasa.

Kalau olahraga setelah buka puasa, tunggu sampai 2 jam supaya makanan yang masuk bisa dicerna terlebih dulu. Jangan lupa istirahat juga ya, paling tidak olahraga sudah selesai 3 jam sebelum waktu tidur. Nah, kalau kamu lebih suka olahraga di pagi hari, lakukan paling tidak 3 jam setelah sahur.

2. Olahraga dengan intensitas yang tepat

intensitas olahraga tepat tips olahraga bulan puasa
Intensitas olahraga tepat untuk hasil maksimal | Sumber foto: Berkeleywellness.com

Apapun jenis olahraga yang kamu pilih, coba hindari olahraga yang high impact atau yang berat. Olahraga yang low impact atau sedang tidak masalah kok karena ini bukan tentang “penghabisan” energi jadi kamu tidak perlu kerepotan dengan kehilangan lebih banyak cairan tubuh.

Jenis olahraga yang bisa kamu pilih ada macam-maca, seperti bersepeda, yoga, taichi, jalan cepat, naik turun tangga, jogging, threadmil, dan sebagainya. Untuk sementara, latihan beban saat puasa dikesampingkan dulu ya, Toppers karena akan menguras banyak energi sekaligus.

3. Minum air putih yang cukup untuk tubuhmu

tips olahraga saat bulan puasa minum air putih
Minum air putih yang cukup untuk olahragamu | Sumber foto: Running.competitor.com

Pastikan asupan cairan ke dalam tubuhmu cukup selama bulan puasa ini, termasuk untuk berolahraga. Minum sebanyak 1,5-2 liter dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan per harinya. Untuk menghindari dehidrasi, coba kurangi aktivitas fisik di siang hari, termasuk olahraga siang hari. Tubuh akan jadi lebih cepat haus dan kamu tidak bisa langsung minum air putih begitu selesai olahraga.

Apabila kamu berolahraga setelah berbuka, minum air putih yang cukup sebelum mulai berolahraga. Minum air yang cukup pula saat sahur untuk kebutuhan tubuhmu seharian penuh hingga waktu olahraga soremu nanti.

4. Pilih makanan sehat untuk olahraga lebih optimal

makanan sehat untuk olahraga bulan puasa
Makanan sehat untuk olahraga optimal di bulan puasa | Sumber foto: Cnn.com

Ketika buka puasa, rasanya semua makanan yang ada rasanya ingin dilahap ya, namun pastikan kandungan gizi harianmu tetap terpenuhi. Menu makanan berbuka yang baik adalah kombinasi protein, karbohidrat, serat, dan gula. Nah, gimana dengan menu buka puasamu yang biasanya nih, sudah cukup sehat kah?

Seperti halnya poin ke-3 di atas, pastikan untuk mengonsumsi cairan yang cukup atau juga bisa kamu tambahkan dengan jus buah yang segar. Jenis makanan seperti kacang-kacangan, telur, roti kaya serat, pasta, dan daging yang kaya protein bisa menjadi pilihan menu berbuka puasamu yang sehat dan variatif.

5. Tidur yang cukup untuk melewati hari dengan penuh energi

tidur yang cukup untuk olahraga optimal saat puasa
Tidur cukup untuk memulihkan energi | Sumber foto: Qualitysleepsolutions.com

Olahraga sudah dijalankan dengan rutin, tapi kok rasanya tubuh tetap kurang bertenaga dan berat badan segitu-segitu saja. Coba diingat-ingat apakah waktu tidurmu cukup, Toppers? Tips kelima untuk olahraga saat bulan puasa adalah pastikan waktu tidurmu cukup sebelum dan sesudah hari olahraga. Tubuhmu butuh istirahat untuk energi yang terpakai sepanjang hari.

Tanpa disertai tidur yang cukup, bisa dibilang olahraga kamu jadi sia-sia. Sayang kan kalau manfaat olahraga kamu jadi tidak maksimal karena jam tidur yang berantakan. Satu yang pasti, jangan olahraga saat menjelang tidur untuk memberi waktu tubuh untuk istirahat.

 

Saat bulan suci Ramadhan yang berfokus pada ibadah ini bukan tidak mungkin kan untuk tetap aktif bergerak untuk menjaga kebugaran tubuh. Jika kamu bisa memodifikasi rutinitas olahraga yang biasa, tidak ada halangan deh untuk menjalankan olahraga dengan lancar dengan mempraktekkan tips-tips di atas. Tubuh jadi bugar, puasa tetap lancar, semangat selalu full deh!

 

THEAUTHOR

Vanessa Giovanni

Vanessa Giovanni has written 23 Article, See all posts