Alasan Tokopedia menerima investasi 100 Juta USD dari SoftBank Internet and Media dan Sequoia

William Tanuwijaya /   Milestone, Seputar Tokopedia

Hari ini, Tokopedia mengumumkan babak investasi baru senilai 100 Juta USD (sekitar 1,2 Trilyun Rupiah) dari SoftBank Internet and Media dan Sequoia Capital.

Investasi ini merupakan rekor investasi pertama dengan nilai 100 juta USD yang berhasil dicatat oleh perusahaan internet asal Indonesia dan Asia Tenggara (setidaknya untuk yang pernah diumumkan ke publik). Ini juga menjadi babak investasi terbesar yang pernah diterima oleh sebuah perusahaan internet asal Asia Tenggara hingga hari ini.

Investasi ini merupakan investasi pertama SoftBank Internet and Media untuk perusahaan internet di Indonesia, demikian juga merupakan investasi pertama Sequoia Capital di Indonesia. SoftBank sendiri merupakan investor terbesar dari Alibaba di China, Yahoo Japan, Supercell (perusahaan game di balik Hay Day dan Clash of Clans). Sementara Sequoia Capital merupakan investor awal di Apple, CISCO, Oracle, Yahoo, Google, Linkedin, Youtube, WhatsApp, dan Instagram.

Kami merasa sangat beruntung memiliki kesempatan untuk memilih beberapa investor untuk menjadi partner kami. Kami selalu berusaha memilih partner jangka-panjang yang dapat membantu kami membangun Tokopedia menjadi perusahaan internet paling berharga dan marketplace paling terpercaya di Asia Tenggara.

Kami juga selalu berusaha untuk menemukan partner yang dapat membawa transfer know-how sehingga kami dapat membangun perusahaan internet asal Indonesia yang berani dan mampu bersaing secara global.

Mengapa menerima SoftBank sebagai investor Tokopedia?

William Tanuwijaya: “Tokopedia bukanlah perusahaan e-commerce. Tokopedia adalah sebuah perusahaan internet, yang membantu orang lain melakukan e-commerce dengan mudah dan aman. Saya selalu berkeinginan untuk membangun sebuah platform, dan saya tahu ini adalah bisnis jangka-panjang yang sangat membutuhkan waktu untuk berkembang. Oleh karenanya saya membutuhkan partner jangka-panjang yang dapat mengerti mengenai hal ini.

Masayoshi Son (“Masa”) akan selalu menjadi salah satu pahlawan bagi diriku. Beliau mendirikan SoftBank pada tahun 1981. Saya lahir pada tahun yang sama. Ketika saya berusia 30 tahun, saya menyaksikan pidato Masa tentang rencana-nya 30-tahun ke depan untuk SoftBank. Saya tertegun ketika mendengar Masa bahkan memiliki visi 300 tahun untuk SoftBank. Saya sangat terinspirasi, dan saya juga memiliki visi jangka-panjang untuk Tokopedia. Sebuah perusahaan yang bertahan lebih dari masa hidupku, sebuah legacy!

Hubungan SoftBank dengan Alibaba, dan pengalaman mereka membangun marketplace paling bernilai di dunia juga akan menjadi pelajaran berharga untuk Tokopedia.

Dan saya merasa sangat bersyukur, memiliki kesempatan duduk di kursi baris depan untuk belajar langsung dari Masa dan SoftBank.”

Mengapa menerima Sequoia Capital sebagai investor Tokopedia?

William Tanuwijaya: “Apple, Yahoo, Google, Linkedin, Youtube, Zappos, AirBnB, WhatsApp, Instagram – semua perusahaan ini adalah perusahaan yang telah membangun produk kelas dunia yang mengubah dunia dalam dekade terakhir ini, dan semuanya memiliki satu kesamaan lain. Sama-sama didanai oleh Sequoia Capital di awal perjalanan mereka.

Sequoia memiliki kemampuan unik untuk membantu perusahaan teknologi, dengan membawa pengetahuan dan pengalaman dari seluruh penjuru dunia. Saya sangat terkesan dengan komitmen Sequoia untuk membantu perusahaan yang mereka investasi, dengan pendekatan selalu mengedepankan kepentingan perusahaan tersebut terlebih dahulu.

Saya ingin membangun produk yang dapat membawa manfaat positif ke masyarakat banyak, menciptakan kesempatan, dan lapangan pekerjaan baru. Saya ingin bekerja sama dengan team yang telah menyaksikan evolusi dari perusahaan teknologi terdepan di dunia, baik di masa indah dan masa buruknya. Saya ingin bermitra dengan institusi yang dapat menggali potensi terbaik dari para entrepreneurs.

Saya juga selalu ingin belajar dari pasar US tentang inovasi teknologi terdepan, demikian juga pasar India dan China untuk inovasi bisnis model. Oleh karenanya, saya sangat bersemangat dan tidak sabar untuk bekerja dekat dengan team Sequoia, untuk membangun perusahaan internet legendaris asal Indonesia.”

THEAUTHOR

William Tanuwijaya

William Tanuwijaya has written 49 Article, See all posts
  • zarn

    selamat untuk Tokopedia atas keberhasilannya.

    Sepertinya tokopedia akan lebih menarik lagi jika ada fitur chat antara penjual dan pembeli jadi bisa ditanyakan langsung mengenai hal produk dan lain2. terima kasih..:)

    • bayu

      saya sangat setuju tu mas…..
      jadi lebih mudah dalam transaksi….

      • Woow… tokopedia makin mantap setelah ini pastinya.. Beberapa kali mampir kesini, sepertinya akan sulit di tiru oleh kompetitor.. Salut untuk tokopedia…

      • Adi

        … Seller-seller terutama dari Jakarta terlalu malas untuk menambahkan pilihan kurir selain JNE. Padahal pilihan pos kilat khusus & wahana sangat menghemat ongkir dari sisi buyer.

        Mungkin sellernya orang kaya jadi mereka pikir ongkir berapapun mahalnya gak masalah. Padahal yg dicari buyer bule sekalipun adalah opsi yg paling hemat & murah

        Kami pembeli yg smart & hemat, bukan tukang boros duit…

        (Be a friendly seller)

      • Aguys

        Iya bro, ongkir juga pengaruh…:)

      • Saya jadi tertarik sekali bergabung mau jualan di tokopedia karena memperhatikan sekali seller. Semoga tidak seperti tempat2 lain..

    • angga

      sepertinya sudah ada kan pak fitur itu bisa kirim di pesan box saya kira sama saja tergantung fast respon tidak sellernya

      • Tetapi fitur pesan itu jauh lebih mirip dengan mail daripada real time chat, walaupun tentu saja teramat sangat mirip.

        Sedangkan yang dimaksud dengan pak Zarn dan pak Bayu adalah real time chat seperti instant messenger dengan fasilitas yang sama juga.

      • Betul, fitur inbox & discuss udah sangat representatif, tinggal fast responnya seller..

      • Area Mitholg

        Tambahkan fitur rating penjual untuk mengetahui tingkat kredibilitas penjual.. semacam symbol bahwa penjual itu terpercaya (seperti di k*skus) :)

      • Izzuman

        gak usah dipasang fasilitas chat.. pake japri atau tanya jawab produk aja pak, udah real time kok. Org fitur tanya jawab aja kadang lama dibalesnya sama si toko..apalagi kalo toko lg rame..emang sempet dia chatting…

    • HANS

      Sangat setuju jika ada live chat (Bukan PM / Diskusi produk) antara panjual dan pembeli, jadi misal lagi online jadi ketahuan penjualnya lagi online..jadi seperti YM gitu lha..

      Terus juga metode pembayaran enaknya ditambah dengan fasilitas VISA / Mastercard dan lebih mantap kalau kerjasama dengan bank” ttt untuk promo cicilan 0% utk nominal besar khususnya brg” elektronik spt smartphone, dll..jadi bisa lebih menarik tokopediaers buat lebih gila belanja nya wkwkwkwk,,,

      • Mika

        Setujuu dengan Hans..

      • Zora

        1. Fitur chat hampir tidak akan mungkin berjalan dengan mulus di Marketplace murni spt Tokopedia.com karena seller tidak akan menyediakan CS chat secara khusus layaknya Lazada.co.id, Zalora.co.id dll yang memang admin, pergudangan dan pengiriman dilakukan oleh mereka sendiri, walaupun juga ada barang-barang dari marketplace.
        2. Untuk kartu kredit juga hampir tidak mungkin karena tokopedia membebankan 0% fee kepada seller, sedangkan bila kerjasama dengan bank untuk kartu kredit atau cicilan 0% maka pihak bank akan membebankan fee tertentu kepada tokopedia.
        Jadi bila ada fitur kartu kredit atau cicilan 0% maka harga barang akan naik karena tokopedia akan membebankan fee kartu kredit kepada seller dan seller akan membebankan fee tersebut kepada customer dengan menaikkan harga.
        Bila Anda memiliki rekening BCA atau Mandiri gunakan instant pay seperti clickpay atau klikbca maka pembayaran akan diverifikasi secara otomatis oleh sistem.

    • vika

      menurut saya fitur comment pada masing-masing produk dan fitur message sudah mewakili mas. Notif dari tokopedia ketika ada pesan masuk, order baru, dll juga selalu tepat waktu. Jadi benar kata mas angga tergantung penjualnya fast response atau tidak

    • internet

      ngak perlu fitur chat antara penjual dan pembeli untuk meminilasir PENIPUAN ONLINE.
      mau chat KELAUT AJE …..

    • bener buanget tu admin biar klo tanya bisa mudah

    • Muhammad Hasan

      Saya kira ini masukan yang bagus, kalau masalah fast response dari seller itu hal lain, karena memang fitur chat dan fitur inbox kan memang ada, kenapa gak dimanfaatin????

    • Saya ko jadi terharu baca ini ya :
      “Tokopedia bukanlah perusahaan e-commerce……”

      Tempat lain ada yg dipotong 10%,,,,,
      Lha rata2 retail, kan margin kotornya cuma 5-10% ?!

      Thx tokopedia, luv u :)

      • BALEPE

        siiipppp

      • Missyashop

        Setujuu dgn beauty,,, perbanyak iklan ya min:) jadi makin semangat taruh lapak ditokped dan semakin banyak yang buka deh tokpednya:)

      • arya yudhistira

        tokopedia memang bukan e-commerce karena bukan tokopedia yang jualan tapi kita-kita sendiri. sama hal dengan beberapa portal lain sebenarnya. kita sebagai pembeli bisa transformasi jadi penjual juga. kalau bisa sih tokopedia ditambahkan fitur credit card. sepertinya tokopedia lebih suka terima cash ya (ga mau ribet dengan nagih ke bank penerbit), dan karena cash, jadi tidak ribet untuk pengembalian uangnya ya jika barang di tolak. tapi kan sudah ada dompet tokopedia. jadi uangnya ga perlu di retur ke kartu kredit. keren deh tokopedia… salute.

      • Benar, saya sudah kapok jualan di “tempat lain” itu :D

    • iya bagus tuh.. chat yg langsung connect dengan lapak toped masing2, kayak bbm/WA/Line tapi khusus konek lapak kita di toped. begitu ada chat .. “ding”.. ringtone bunyi bisa langsung dibales penjualnya, real time gitu..

    • fitur chat sangat bagus,, tapi untuk para seller yang mempunyai jadwal yang padat,, kemungkinan akan sangat kurang efektif,, karena gak semua seller punya karyawan yang bertugas melayani para customernya,, jika ingin melakukan chat,, seharusnya para customer sudah dapat meminta alamat pin bb,, whatsapp, dll…. itupun jika selllernya membolehkan… salam

    • ini adalah momentum bagi start-up Indonesia untuk Go Internasional, Ayo bangun start-up sebanyak mungkin, ini adalah bukti kongkrit Indonesia pasar yang sangat bagus

    • sang wewe

      jadi tambah menarik dan lebih mendukung dalam transaksi dan setiap transaksi bisa langsung dilakukan

    • ya saya juga sangat setuju jika di tambah fitur live chat antara penjual dan pembeli. jadi deal transaksi lebih cepat dari pada pakai email BOX. penjual di tokopedia banyak yg tidak OL / jarang OL.

    • Diana

      setuju banget mas

    • Selamat buat Tokopedia… maju terus!!!
      Semoga dengan marketplace yg mantab ini banyak tumbuh pengusaha baru, baik yg dari awal totalitas berjualan di Tokopedia, atau awalnya banyak sampingan sambil jd karyawan. Maju Tokopedia!!!

    • Fitur layanan chat memang sangat baik, dan itu merupakan terobosan baru yang boleh dikatakan akan membuat Tokopedia lebih hebat dari sekarang.

      Hal ini tentu akan menimbulkan efek hubungan timbal balik yang baik antara penjual dan pembeli untuk menawarkan produknya ke konsumen :)

    • andri

      ndak usah ada live chat, kan udah ada diskusi produk
      diskusi produk kan bisa di baca semua orang jadi penjual atau pembeli tidak perlu diribetkan dengan pertanyaan yang sama

      • arya yudhistira

        iya, setuju dengan forum diskusi saja jadi lebih transparan.

    • Tri

      @Adi,berarti anda yg gak smart,org pake pengiriman kilat seperti JNE untuk menghemat waktu…pake pos/wahana sama saja boros waktu=boros uang.tahu sendirikan semakin murah semakin lama sampai barangnya….
      Waktu dalah uang,JNE sdh pilihan terbaik dalam pengiriman barang untuk saat ini.

      • Cyin

        Kapan terakhir kali pakai POS?

        Saya kemarin baru kirim barang pake pos dari 46000 ke 80000, hanya habis tujuh ribu, tiga hari nyampe. Pake JNE? 12000. Kalau pake JNE, sekali ada masalah komplain harus interlokal, itupun lama tunggunya. Lihat aja di Kaskus, berapa banyak komplain JNE tidak sampai yang mau komplain aja sulit.

        Pake POS? Kalo belum nyampe juga ya, samperin aja kantor posnya.

    • Zora

      Fitur chat pembeli-penjual hampir ga ada gunanya. Mengapa ?
      Tokopedia adalah marketplace dimana seller tidak secara khusus menyediakan CS khusus untuk melayani chat secara realtime. Seller tidak online 24jam dalam sehari atau tidak online secara terus-menerus dalam waktu tertentu.
      Telah ada fitur PM dimana bila seller yang bersangkutan sedang online, maka hampir pasti akan dijawab, namun bila sedang off maka akan dijawab setelah online.
      Fitur chat cocok untuk produk private (produk yang digudangkan, dikelola dan dikirim oleh pihak yang sama dengan admin pengelola website tersebut)
      Seperti Lazada.co.id, Blibli.co.id ataupun Zalora.co.id, itupun hanya berlaku untuk produk yang mereka kelola sendiri, bukan yang dari marketplace yang juga mereka sediakan.
      Itu menurut pandangan saya pribadi. Terimakasih

    • Maju terus toko pedia. Kami bergantung padamu. :)

      • Tokopedia.com Memang membantu bisnis Pemuda yang Kreatif. Top maju terus Toko Pedia.

    • johan

      saya setuju dengan pernyataan anda bung. semoga segala sisi fitur berkembang dan pembeli dapat berkomunikasi langsung seputar perihal yang ingin ditanya kan kepada penjual.

    • dill

      Kalo mau chat.. di facebook aja gan..

    • Saran sih … tolong servernya di utamakan, biar tidak gampang down. Setiap sore pas order lagi kencang-kencangnya. Kadang Terjadi DOWN *Disitu Kadang Saya Merasa Sedih :(

  • waaaa senang membacanya, semakin Go Global. maju terus tokopedia

  • wah mantapp.. tambah sukses tokopedia :)
    kira2 apa yg akan berubah dari tokopedia kedepannya ya?

  • kitty

    Wahhhhhhh Selamat TOKOPEDIA, semoga semakin maju & berkembang trus,,,,,,

    Selalu memberikan pelayanan yg terbaik, yg paling penting semoga tiap bulan nya selalu di adakan trs promo diskon nya, tidak hanya promo diskon mandiri e-cash saja ^^

    • bayu

      betul bangt tu sis… klu bisa beli di atas 500rb dapat diskon… hahhahaha
      biar tambah betah…..

  • Bayu

    pertama2 saya ucapkan selamat buat tokopedia…

    hanya saja jangan mengurusi kemauan penjual… tapi sekali2 menuruti masukan para pembelinya….
    ibarat mall lantai 25… banyak penjualnya tapi sepi pembelinya buat apa……
    kaya pasar di tengah hutan……. benar tidak…..

    banyak yang harus di tambah kwalitasnya……
    1. tombol favorit
    2. batas waktu pengiriman jangan 7hari cukup 3-5 hari…..
    3. postingan yang tidak terpakai dihapusi…. contoh harga tongsis 100rupiah…. mana ada…
    4. oknum penjual yang berbuat salah di tindak…. jangan hanya di diamakan saja…
    entah di beri saksi, atau bahkan di keluarkan…..
    5. yang pasti karyawan di tambah… agar tidak terlalu lama menunggu jawaba2n yang ada….
    6. penjual yang cepat, paketan rapi, murah di beri 1 menu khusus / apalah terserah….
    7. klu bisa kasih tombol nego…. masak beli 1 barang 26.850 sama beli grosir 10 barang 26.750…. potongannya hanya 100rupiah… itu menghina atau gimana…. saya juga ga tahu…
    paling ga di kasih batasan minimal grosir potongan 1000rupiah atau lebih……
    8. harus di ingat hilang 1 user pelanggan sama saja hilang 4-5 orang user ( keluarga ) belum tetangga, belum lagi teman, belum lagi yang laiinya…….
    sayang aja klu gara2 1 toko / penjual yang curang bisa menghilang banyak user….

    ini hanya masukan saja…
    mau di terima alhamdulilah ga di terima juga ga p2…
    terima kasih….

    klu ada kata2 yang salah silahkan di beri masukan…

    • Hai Bayu. Terima kasih banyak untuk masukannya. Masukan dari Anda tentunya akan kami tampung dan kami jadikan sebagai pertimbangan, agar ke depannya Tokopedia dapat semakin banyak mengembangkan fitur yang bermanfaat bagi pengguna, baik penjual maupun pembeli :)

      • Deddy suyanto

        NAMBAHIN aja, kalau bisa fitur buyer juga kasih bintang dong biar seller tau mana buyer yang baik dan tidak

      • saifuddin asady

        Pokok e Siiiip deh Tokopedia … sejak kenal Toped 2 bulan lalu sy jadi makin cinta n gak mau berpaling blanja di sini :) cuman nambahin usulan\pertanyaan :
        1. Pusat Resolusi bahasanya dipermudah, maklum wong ndeso Gan ;)
        2. kayak kitty bilang, kali aja Toped ngasih diskon tambahan buat Pembeli selain e-cash mandiri … sy blanja slalu pake net-banking mandiri sampe ngabisin 1\4 tabungan sy kok blom dapet2 diskon yaa (apa krn saya yg gak paham bedanya e-cash ama net-banking yaa :)
        3. Bisakah Wahana diaktifkan lagi .. krn slain murah, cepet (dah langganan n kenal alamat sy) juga cek resi di web-nya mudah n jelas
        4. jadiin slalu Tokopedia sbg tempat belanja yg Aman n Nyaman …

      • Sepertinya usulan bayu cukup masuk akal,,,,mohon di tindak lanjuti segera dengan cermat dan tepat!

      • Muhammad muksin

        perlu juga bila ada orderan, lansung pemberitauan ke Nomer Hp penjual agar Responnya Lebih cepat. terima kasih

    • setuju sama point ke 3.
      kalo point 7 kayaknya gak perlu deh. buang2 waktu aja.
      mau beli alhamdulillah, enggak juga gak masalah, cari toko lain masih banyak.

      kan kalo mau nego bisa di diskusi produk/mail box
      hihihiii
      piiiissss om ;)

    • eko

      maaf saya ingin menanggapi mas bayu saya juga seorang pembeli dan penjual
      _ untuk poin no 6 saya kok kurang setuju itu namanya mendiskriminasikan penjual, berarti penjual yang tidak sesuai ketegori tersebut tidak laku dong di tokopedia, packing juga bukan rapi yg no.1 tapi yang penting tingkat save barang di perjalanan.
      – poin no. 7 setiap penjual punya harga dan ketentuan sendiri dalam menjual barang, klo tidak mau beli ya tidak apa2, tidak ada niat menghina.kalo mau beli nego ya dipasar aja pak, atau langsung hubungi penjual secara langsung, kurang pas rasanya kalo di tokopedia pake nego. trimakasih, kalo tidak berkenan tidak apa2 ini juga dari segi pendapat saya

      • SAGIMAN

        Setuju Banget Gan.

    • mama qisfasha

      setuju bro…masukannya

    • Herman

      mungkin ini ulasan saya
      1. tombol favorit utk seller sepertinya sudah ada, yg belum utk produk
      2. batas waktu pengiriman jangan 7hari cukup 3-5 hari…..,
      bagi saya seharusnya tergantung dari keinginan penjual, komitmen penjual, jika penjual komitmen minimal 3 hari ada tanda 3 hari atau penjualan dibatalkan
      3. postingan yang tidak terpakai dihapusi…. contoh harga tongsis 100rupiah…. mana ada…
      ini fungsi tombol report, karena lebih baik dibnuat universal, selain buat hal2 seperti itu, juga utk barang palsu, dan sejenisnya

      7. klu bisa kasih tombol nego…. masak beli 1 barang 26.850 sama beli grosir 10 barang 26.750…. potongannya hanya 100rupiah… itu menghina atau gimana…. saya juga ga tahu…
      paling ga di kasih batasan minimal grosir potongan 1000rupiah atau lebih……
      bagi saya justru tombol nego hanya nyusahin aja, mending yg pasti aja, kalau mau kasih diskon borongan ya bikinlah diskon grosiannya

      8. harus di ingat hilang 1 user pelanggan sama saja hilang 4-5 orang user ( keluarga ) belum tetangga, belum lagi teman, belum lagi yang laiinya…….
      sayang aja klu gara2 1 toko / penjual yang curang bisa menghilang banyak user….
      bukan hanya penjual, tapi pembeli juga banyak yg membandel

    • nyoman subawa

      100 % setuju…..

    • Bayu

      No 7 kaya udh ada di fitur grosir di sana penjual memberikan diskon. boleh mampir nih di toko ane http://www.tokopedia.com/deliadi

    • bayu sepertinya belum pernah berada di sisi penjual. jangan heran kalau grosir potongan cuman 100 rupiah. banyak barang barang yang dijual secara online keuntungannya kotornya sebelum potong biaya dan ongkos ongkos lainnya Rp 100 saja tidak ada. bahkan terkadang cost to cost pun sudah di jual dan kami masih nombok biaya tambahan untuk printing label alamat dan plakban.

      masalah batas waktu 3-5 hari dari seller juga akan diusahakan melakukan pengiriman secepat mungkin karena menyangkut masalah perputaran uang. semakin cepat dikirim dan deal itu di closed perputaran semakin cepat dan tinggi dan semakin baik untuk penjual, hanya saja terkadang itu tidak mungkin karena consistency dari supply chain di indonesia belum memadai dan belum di tambah masalah lain nya seperti internet network stability, dan lain lainnya

    • Saya

      1. tombol favorit udah ada bos, lihat noh di masing2 toko sudah ada
      2. ini jangan diturutin min. kasihan penjual yang dropship, beberapa supplier ada yang baru kasih resi 3 hari setelah barang dikirim. mau potong rejeki orang?????
      6. Rating toko bintang2 masih kurang?????
      7. Suka2 yang jual dong emang urusan anda mau digrosir berapa, tokopedia itu toko dengan harga PAS gak pakai nego, kalo mau nego2an di olx, berniaga atau kaskus sana…..

      • farid

        like gan!

    • urerBeauty

      yaps… saya sangat setuju dengan agan ini, Cerdas !!!

    • ina

      setuju nih, sebab ada salah satu di toko ini kerjanya suka menipu konsumen, sbb order A dikasih B, dan yg pernah kena tipu smpi puluhan juta, tolong penjual yg ngedaftar ditoko pedia diseleksi deh keberadaannya, kalau bisa barang yg dikirim diseleksi atau diterima dulu untuk disortir oleh toko pedia, jadi dpt dipastikan barang yg dikirim itu betul seperti apa yg di order, terus kalau bisa tiap toko yg ngedaftar jgn diberi untuk menulis apapun bentuk kontaknya selain toko pedia.
      terimkasih

  • Selamat ya tokopedia, semoga semakin jaya dan menjadi perusahan berkelas internasional. Amin…

  • onix

    Selamat Tokopedia, Tingkatkan pelayanan, Sukses terus dan mendunia

  • Selamat Buat Tokopedia, Semoga menjadi Internet Bisnis Terdepan di Indonesia dan Global

  • wah selamat ya, semoga bisa lebih canggih lagi fiturnya, bisa chat langsung dengan pembeli/penjual yg sedang online, fitur notifikasi sms apabila order sudah di terima oleh pembeli, dan yg paling penting gak pake down lagi servernya kr keberatan beban, sukses buat tokopedia dari penjual sprei waterproof di Depok.

  • Saya juga sangat bangga dengan adanya tokopedia mendapatkan investor dari luar, semoga saja peningkatan kwalitas jual dan beli diindonesia semakin meningkat khususnya untuk jual beli online.
    Oleh karena itu mari kita sebagai user dari tokopedia selalu membantu dan memantau para user lain yang ingin merusak pasar jual beli online dengan tidak menyertakan alamar dengan jelas dan akurat segera kita laporkan, sehingga tidak merusak citra dari pada tokopedia itu sendiri. dengan adanya toleransi dan bantuan dari kita muda2han dapat meningkatkan kinerja tokopedia lebih maksimal dan mengurangi penipuan secara berkala.

    Sukses buat tokopedia.com
    Salam Hangat buat Semua Seller Tokopedia.com

  • Turut berbahagia…semoga semakin Tokopedia semakin berjaya

  • wicaksana

    Selamat dan sukses selalu untuk tokopedia

  • congrat buat tokopedia & team,
    jangan lupa mampir ya ke http://www.tokopedia.com/kamehashop

  • tokopedia memang TOP

  • beauty2000

    selamat yaa u/ Tokopedia …
    maju terus … Saya merasa sangat beruntung bisa bergabung di tokopedia
    terimakasih tokopedia

  • Erfan

    Selamat untuk Tokopedia,bisa untuk turunin tarif topads donk :D

  • Selamat Tokopedia…

    Semoga fitur-fitur baru yang akan diluncurkan oleh Tokopedia melalui investasi baru ini , akan lebih membuat Seller (www.Tokopedia.com/SupplierSalon) dan Buyer lebih nyaman dan Cepat dalam bertransaksi.

    Sukses Terus Tokopedia !

  • semoga tokopedia.com akan memiliki kesuksesan seperti facebook dan youtube :D

  • Selamat buat Tokopedia, kedepannya moga dibenahin terlebih dahulu Servernya (sangat penting)

  • hendry

    Selamat tokopedia..semoga lebih maju dan lebih baik lg kedepan ny…menjadi kebanggaan bangsa

  • Congratulation, mudah-mudahan bisnis toko online/jual beli semakin meningkat kualitasnya.

  • panji

    selamat utk tokopedia.
    semoga fasilitas & pelayanannya bisa lebih ditingkatkan, terutama kestabilan servernya.
    sejauh ini saya sudah sangat puas dengan tokopedia, melebihi ekspetasi saya, terutama dalah kemudahan & keamanannya.
    sukses selalu utk tokopedia.

  • selamat, mudah2an tokopedia makin jaya dan membantu banyak ukm ukm yang ada di indonesia untuk berkembang bersama memajukan perekonomian indonesia tercinta.

  • nuriey

    selamat ya toped semoga semakin sukses dalam misinya…semakin oke pelayanannya makin mudah ku belanjanya hehehe

  • Smartshop727

    Selamat untuk TOKOPEDIA.COM saya yakin akan menjadi website terbaik mengalahkan berniaga.com dan OLX.
    SUKSES selalu Untuk TOKOPEDIA.

  • Selamat atas keberhasilan tokopedia sebagai perusahaan internet Indonesia paling sukses. Semoga dapat memicu industri ini lebih hebat lagi.

  • Asep Rasyad

    Selamat untuk Tokopedia, semoga dengan adanya bantuan tersebut akan semakin berkembang, baik dari segi Sofware maupun Hardware nya, karena akhir2 ini serang adanya gangguan berupa “Perbaikan/ Maintenance” atau “Kepenuhan Pengunjung” semoga kedepannya akan lebih sempurna, tks

  • budiman saputra

    Selamat dan sukses selalu untuk tokopedia…

    Untuk kedepannya fitur payment online melalui Credit Card (CC) dan Paypal bisa dipertimbangkan untuk memperkaya dan semakin melengkapi fitur-fitur payment di Tokopedia.com.

    Terimakasih & sukses buat Tokopedia.com

    • Cyin

      Paypal gw revoke dan chargeback beres dah!
      Barang dapet, duit kembali.

      HUAHAHAHAHAHAHAHA

  • DAHSYATTT…. Tokopedia akan menjadi perusahaan internet marketplace terbesar di Asia Tenggara dan diperhitungkan di dunia… Selamat ya…

  • Novenita Sesilia Maramis

    Selamat TOKOPEDIA ({})
    Semoga menjadi toko online terpercaya dan aman sampai kapanpun. Jaya terus TOKOPEDIA :)

  • Congrats !!! sebagai salah satu penjual yang telah merasakan manfaatnya, kami turut bahagia mendengar berita luar biasa ini. Motivasi tokopedia sungguh mulia.

  • selamat buat tokopedia, semoga semakin maju n menjadi market place online terbesar di asia tenggara,…..kenal tokopedia jadi lebih mudah untuk belanja online.

  • Kami turut gembira dengan kemajuan yang dialami Tokopedia. Dengan demikian maka bisa dipastikan langkah Tokopedia untuk berkembang semakin besar. Perlu diketahui, bagi kami, seller di Indonesia, Tokopedia merupakan wadah jual-beli yang sangat memudahkan bagi kami, paling mudah dibanding dengan Mall Jual Beli Online lainnya di Indonesia. Obsesi menjadi Shopping Mall Online terbesar di Asia Tenggara bahkan dunia tentu kami apresiasi. Mudah-mudahan segala masukan dari Seller dan Buyer yang bersifat kontruktif dapat menjadi tambahan motivasi dan support untuk Tokpedia. Kami bangga menjadi saksi pertumbuhan Tokopedia dalam mengembangkan UKM Indonesia. Sekarang, siapa bilang pedagang kecil seperti kami nggak bisa punya Toko? Hehehehe… Terima kasih Tokopedia

  • didioshop

    Selamat buat Tokopedia, semoga semakin jaya di udara, terdepan dan no 1 di Indonesia.

    Jangan lupa kunjungi:
    https://www.tokopedia.com/jogjastar

  • selamat buat tokopedia. semoga kedepannya tambah keren.

    masukkan buat tokopedia, tambahankan fasilitas minimal nominal order donk, misalkan pembeli hanya bisa membeli barang dengan total belanja 100 ribu dari 1 toko.

    buat teman2 mampir ya ke https://www.tokopedia.com/ayalissebusana

    • mamiboo

      ya jangan gitu juga kali mbak, tujuan orang2 belanja di tokopedia justru karena tidak ada minimal order, minimal order ditentukan oleh toko dong bukan tokopedia, mana ada mall yg ngatur orang jualan permen harus jual seplastik..

  • Purnomo

    Selamat tokopedia..
    semoga lebih maju dan lebih baik lagi, menjadi kebanggaan bangsa, sukses selalu

  • yerri agus bachtiar

    good job, selamat buat tokopedia, semoga semakin maju
    kalau boleh kasih saran: jika bisa konsumen dan penjual di beri reward/ semacam door price malah nambah yahud, hitungannya adalah menambah semangat untuk pembeli dan penjual dalam bertransaksi, perhitungan dari nilai jual barang atau dari nominal yang ditentukan oleh tokopedia untuk point yang didapat dan barang apa/ door price apa yang bisa didapat dari point tersebut.
    ok terimakasih semoga sukses selalu

  • FERY

    SELAMAT dan MAJU Terus
    Indonesia punya toko online terpercaya.
    Selalu tingkatkan kualitas ……………….

  • Congrats buat William dan TOKOPEDIA….semoga semakin menjadi channel para entepreneur muda lainnya untuk bekerja sama dengan TOKOPEDIA…..

    salam

  • Salut buat Tokopedia, banyak orang-orang cerdas dan kreatif di dalamnya.
    Saya bukan tipe penjual/pembeli yang banyak permintaan harus begini dan begitu, dari awal saya join di tokopedia, saya sudah puas dan merasa tokopedia adalah yang paling ideal.
    Untuk sekedar masukan, coba untuk sosialisasi ke pedagang-pedagang yang masih buta teknologi tapi memproduksi barang-barang berkualitas dan layak jual. semoga bisa mengalahkan e-bay :)

  • Selamat buat tokopedia,
    Semoga bisa mendunia dan dapat membantu masyarakat Indonesia untuk melakukan ekspor ke Luar Negeri dg mudah dg perkembangan fitur web yg slalu lebih inovatif.

  • lutfi

    wuih keren,,beneran pas pake website ini serasa aman. cuma harganya ga bisa di nego,,hehehe. tapi mungkin juga ya kalo ada fitur nego jadi lebih ribet,,soalnya harus ada private message khusus antara yg nego dan pembeli, terus untuk pembeli tersebut dibikin thread khusus,,hadeuh kayanya jadi lama lagi,,hahaha.
    soalnya suka lama verifikasinya, pernah hampir sehari T_T. *heu curhat. apalagi kalo ada thread khusus buat nego harga makin lama aja,,hahaha,,tapi semoga aja bisa,,soalnya udah dapet investor yang wouwww gitu,,,hihihi.
    mau curhat lagi aja,,soalnya saya pernah ketipu di website2 sebelah, makanya sempet ga mau kalo transaksi transfer atau yg ga cod. tapi setelah tau klinik tong…eh salah maksudnya web tokopedia,,akhirnya ga ragu lagi deh,,heu.

    akhir kata makasih udah membuat website jual-beli yg aman, mudah dan nyaman,,cuma perlu ditingkatkan lagi aja kecepatan dalam verifikasi transaksinya :D. moga makin sukses dan go internasional :).

  • Soni

    Sip lah, semoga tokopedia tambah sukses.

  • retno

    tambah fitur ketersediaan stok barang disetiap toko yang terus diupdate dooong, supaya gak mengecewakan bagi yang dropship. . .

  • Muslani Junior

    Selamat ya Toko pedia.
    Smg kedepan Lebih baik lg n Lebih Sempurna lg,sehingga Memberi Kepuasan,kenyamanan n kepercayaan Bg pelanggannya..
    (Y).. :)

  • Tokopedia memang luar biasa. Semoga ini menjadi inspirasi dan juga motivasi bagi entrepreneur Indonesia untuk terus berjuang membangun perusahaan besar. Orang Indonesia juga bisa :)

  • SUPER

    SUPER TOKOPEDIA !!! cuma mungkin yang perlu dijaga supaya tidak pernah macet saja webnya karena kelebihan jumlah pengunjung

  • Selamat untuk Tokopedia. Saya sangat berterima kasih kepada Tokopedia, berkatnya usaha baju saya semakin maju… GBU Tokopedia

  • Selamat Tokopedia! Selama ini sudah membantu usaha bisnis saya dan sudah berkembang lumayan pesat. Semoga sukses selalu untuk Tokopedia dan juga para merchant.

  • Selamat ya buat Tokopedia, biar makin sukses dan menjadi internet market place terbesar, atleast di Indonesia..

  • Hmm harusnya tokopedia membuat beberapa terobosan yg berbeda biar ga jenuh. Mungkin dgn membuka page khusus properti maybe. Sukses terus ya…

  • sonnia

    It’s really a good news to hear but you better watch out.
    indonesia sdg dilirik banyak mata internasional sebagai salah satu pasar yang potensial dalam e-commerce dalam bentuk apapun. Hati-hati dengan sistem shareholders.

    investor asing yang ingin memulai bisnis di sebuah negara tidak akan memulai dari 0 dengan membuat perusahaan baru tapi akan membeli atau merger dengan perusahaan yang sudah ada dan memiliki brand-image baik di mata publik. kenapa ? karena low-cost, low-risk, low-effort dan tentunya high-profit.
    hehe hanya share sedikit pengetahuan ttg dunia bisnis investasi ke ko william :)

    semoga bergunaa. take what it’s good and forget what’s not.

  • Egha Store

    Selamat buat Tokopedia. semakin maju, semakin sukses, semakin kece….

  • Selamat buat Tokopedia, semoga semakin lebar sayap tokopedia ke seluruh nusantara dan Asia dan selalu menjadikan mall online terbesar dan terpercaya di Indonesia

  • indra

    Mantap…
    Semoga semoga sukses…
    Sukses nya wikipedia juga sukses nya saya…:)

  • Berarti kemungkinan yang menginvestasikan modal ke Tokopedia melihat “kemungkinan growth yang tinggi”, karena dugaan saya Tokopedia belumlah mempunyai financial report yang mumpuni.

  • anis

    selamat untuk toped ya..mudah2an kedepannya makin yahud pelayanannya..dan usul ni moga2 kedepannya payment pake creditcard dpt dipertimbangkan…

  • Wow selamat ya tokopedia, turut bangga ada startup indonesia yang mendapat kepercayaan investor asing. Semoga tokopedia semakin maju & lebih baik lagi, juga bisa semakin membantu & memudahkan seller & buyer untuk belanja online dengan fitur2 yang semakin lengkap :)

  • Masukan saja, semoga tokopedia menerima pembayaran via credit card. dan juga bisa memfasilitasi kami untuk mengirim barang / membeli barang dari luar negeri (tokopedia bisa diakses oleh penjual / pembeli dr luar negeri sekelas ebay) semoga sukses ya tokopedia.

  • Toko Zeld

    Selamat atas keberhasilan investasinya.
    Ini bukanlah akhir dari usaha Toped utk maju tapi awal untuk melangkah lebih jauh lagi hingga bisa menjangkau dunia.
    JAYA TERUS TOKOPEDIA
    Semoga TUHAN selalu memberkati kita semua.
    AMIN…

    TOKO ZELD

  • apriyani

    semoga sukses sukses&sukses buat tokopedia&para penjualnya.

  • selamat buat tokopedia, semoga makin berjaya….

  • Afy

    selamat buat tokopedia atas masuknya investor baru.. usul saran aja dari pembeli setia tokopedia..

    1. dibuat automatic stock update (seperti ebay),yang otomatis berkurang bila barang terjual.. jadi pembeli bisa tau barang ada atau tidak..
    2. buat yang mau nego, dibuat aja menu best offer (nego harga) di bawah tulisan beli (seperti ebay lagi) yang nantinya penjual boleh memakai menu ini atau tidak..klo tidak dipakai berarti tidak bisa nego…dan penjual dikasih menu tambahan menolak atau menerima harga nego tersebut..
    3. batas pengiriman penjual dipercepat, 3 hari kerja dari verifikasi berhasil sudah lebih dari cukup
    4. untuk penjual diberikan menu retur uang bila ternyata biaya pengiriman melebihi yang seharusnya, sehingga dana yang nantinya dikirim ke penjual dikurangi retur tersebut (dan dana retur itu masuk kembali ke saldo pembeli)
    5. toko yang lebih dari 2 bulan tidak aktif di hapus, dan harus registrasi ulang bila ingin berjualan lagi
    6. toko yang mencantumkan harga tidak wajar dihapus (Rp. 123, Rp, 345 dst)
    7. opsi pembayaran dengan paypal bisa dipertimbangkan, dengan tambahan charge kepada pembeli bila menggunakan opsi ini karena penarikan dana dari paypal terkena charge

    saran ini semata-mata agar tokopedia semakin baik dan suatu saat bisa mendunia serta siapa tau nantinya bisa head to head dengan ebay atau amazon… terima kasih

    • kharaniya

      Saya setuju poin nomor 4, penjual jg gk repot kembalikan uang sendiri, seringkali penjual jg repot transfer kembalikan kelebihan onkir ke pembeli, klo tdk dkembalikan kasihan pembeli apalagi klo mereka beli utk dijual lagi, thanks..

  • herba syam

    selamat buat tokopedia, mudah-mudahan tambah maju dan selalu menjadi mall yang terbesar di Indonesia.
    o…..ya saya ada usulan nich terutama bagi buyer yang transfer sesuai dengan jumlah yang mereka bayar langsung terverifikasi, jadi tidak menunggu terlalu lama, kadang ada buyer yang mengeluh sudah 1 hari transfer tetapi belum terverifikasi oleh pihak tokopedia, tq ya tetap sukses

  • Dari awal tokopedia dibuka, saya sudah mulai belanja online disini. Kalau ga salah tahun 2009. Produk pertama kali yang saya beli, berupa peralatan komputer n yang unik2. dari harga ribuan-ratusan. Awalnya saya ragu, Karena di tokopedia adanya sistem rekening pihak ke-3, toko ini sudah tak diragukan lagi. Bahkan saya jadi pelanggan setia yang sudah berani membeli produk hingga jutaan rupiah. Thanx to Tokopedia… Semoga sukses dan ditambahkan fitur2 menarik. Dan jangan lupa Aplikasi Tokopedia buat IOS dikembangkan. Terutama untuk iPad… :)

  • Wah ga nyangka yah, pencapaian tokopedia bisa menembus investor top dunia.
    Congratulation, tingkatkan terus prestasinya

  • Selamat untuk tokopedia, semoga saya bisa menyusul :)

  • Yusri

    saran saya agar tokopedia merekrut kumpulan programmer web yang “jenius” masih banyak fitur-fitur yang kurang.
    misal : membuat fitur daftar whistlist produk, fitur memantau harga barang. dsb.

  • selamat buat tokopedia… semoga kedepan makin sukses :)
    sekalian request, mungkin bs jadi masukan…
    mungkin bs kasih tambahan buat rate buyer, krn ga semua buyer itu baik….
    saya bahkan ada pengalaman buruk sama buyer yang berniat tidak baik….

    sekalian mungkin bs lebih bagus lg kalau ada fitur stok, pengawasan harga, sama lelang.

  • selamat buat om William, karyawan tokopedia, dan Topers
    Inilah babak baru startup indonesia mendunia. mudah-mudahan B**niaga dan Buka****k segera menyusul.
    masukan buat tokopedia
    1.Respon dari kritik dan saran terlalu lama untuk 2x24jam :-) mungkin membutuhkan CS lagi ya ?
    2.Lama respon penjual 7 hari terlalu lama, sehingga kasihan pembeli menunggu lama.
    3.Lama respon pembeli 3 hari terlalu lama, kasihan bagi penjual agar cash flow nya lebih lancar.2 hari sudah cukup.
    4.Fitur pembayaran via paypal sangat membantu untuk orang indonesia yang sedang berada di luar negeri yang ingin bertransaksi.
    5.Fitur untuk custom item sangat membantu bagi penjual dan pembeli dalam memilih item seperti warna, ukuran dll. Fitur ini sebaiknya bisa di pilih di pengaturan toko, Jadi kalau toko yang tidak memerlukan fitur ini bisa mendisable dari menu pengaturan toko, agar waktu load create produk baru tidak lama.
    6.Beberapa hari ini server Tokopedia sering kepenuhan, mungkin untuk penjual yang memiliki item lebih dari 500 sudah harus berlangganan Gold Merchant. Karena mereka yang berjualan lebih dari 500 item sudah pasti merasakan manfaat dari Tokopedia :-)
    7.Lama penarikan dana masih terlalu lama, saya pernah withdrawal sabtu pagi dan dana baru masuk senin pagi. Bagi saya ini lama, karena saya pernah merasakan yang lebih cepat (20 menit) :-) . mungkin CS nya ditambah kali ya ?
    8.Kalau ada masukan fitur Nego, sebaiknya ditiadakan saja.kurang elegan menurut saya karena pembeli sudah bisa memfilter item dari harga terendah.
    9.Mungkin ke depan nya segera menyusul Tokopedia.my Tokopedia.sg Tokopedia.in Tokopedia.cn Tokopedia.jp :-)
    10. Maju terus Tokopedia, semoga menjadi marketplace #1 di Asia dan mendunia.

  • Widodo bin tukimin

    Selamat buat tokopedia, perbaikan lagi ya. Sering kepenuhan pengunjung. Jadi transaksi suka pending

  • Selamat buat Tokopedia.

    Ikut senang rasanya telah menjadi bagian dari perjalanan yg membawa misi besar Tokopedia melalui merchant saya di tokopedia.com/javabatika . Semoga ke depannya Tokopedia jadi lebih baik dlm segala aspek layanan, plus mampu menelurkan terobosan2 baru dlm dunia jual beli virtual, demi kehidupan bersama yg lebih menyenangkan.

    Good luck all.. :)

    • Stuju Om Gilar. Moga tambah sip usahanya..

      Maju terus tokopedia, suksesmu sukses kita kita juga..

  • TRIAS AFRIANTO

    Saya iku bangga atas prestasi Tokopedia selama ini. Yang saya sarankan makin bertambah banyaknya penguna, mohon untuk di tingkatkan sofwarenya agar lebih lancar lagi dlam pelayanannya. Semoga selalu jaya selalu ……..

  • arga

    Selamat buat Tokopedia. semakin maju, semakin sukses dan mengedepankan kepuasan pelanggan.

  • Selamat untuk Tokopedia.
    Saya sangat berterima kasih kepada Tokopedia, berkatnya saya dapat menjual barang sehingga mengurangi beban kesulitan keuangan-ku.
    Dan juga saya tidak khawatir untuk membeli barang di toko lain melalui Tokopedia .
    Semoga Tokopedia tetap mendapatkan TOP online dan sukses sebagai toko online antara penjual dan pembeli.

    Semoga Tokopedia memiliki fasilitas untuk mengirim barang ke luar negri (sekelas dengan website ebay)
    Berharap Tokopedia tetap membagikan kalendar 2015 kepada penjual dan pembeli seperti tahun lalu (saya sangat suka memiliki kalender Tokopedia)

    Terima kasih Tokopedia dan semoga tetap JAYA.

  • Linda Rahmania

    Congratulation utk Tokopedia…semoga ke depan lbh banyak fitur2 yg lebih oke utk seller maupun buyer….
    Buat anda yg lagi nyari barang2 seken ex singapore khususnya boneka, mainan, dll bisa mampir di toko kami ya… BBC Shop.. .www.tokopedia/lindaolshop3473 insyaallah respon scepatnya..

  • maureen

    Horeeeeeeeeeeeeee, selamat ya Tokopedia, semoga kedepan makin kerennn, y pasti kerenlah, saya sukkkka sekali belanja di Tokopedia. :)

  • Semua niat baik akan mendapatkan kebaikan juga, semoga menjadi yang nomor satu.

  • farahqueen shop

    selamat ya,, !! ^_^ saran juga nih,, kyknya proses input resi kelamaan sampai 6hari kalau gag salah,, tolong dipercepat misal 3hari, terimakasih

  • windy

    Sukses bt tokopedia.. meskipun saya putus asa krna saya gagal seleksi dan ga bisa mjd bagian dr tokopedia saya ttp doakan tokopedia mjd yg terbaik..caiyoo.. semangat terus.. :)

  • chrisna malang

    congratz tokopedia….. makin maju makin rame makin jaya

  • congratulation tokopedia…Good Job
    semoga makin sukses,makin berkembang dan makin banyak kemudahan bagi penjual dan pembeli untuk bertransaksi ,makin banyak fitur-2 untuk penjual mempromosikan barang dagangan supaya makin larizzzz…^_^

  • gilangolshop

    ”SELAMAT BUAT TOKOPEDIA” SEMOGA JAYA TRUS DAN SEMAKIN TERDEPAN DALAM ONLINE SHOPPING

  • aroel

    Mantaabbb… sukses selalu buat tokopedia. 2 bulan lalu saya gabung di tokopedia, walaupun cuma sebagai pembeli tapi saya dapat untung yg sangat lumayan. 2 minggu 500 rb. Barang yang saya beli lalu saya jual lagi ke rkan kerja. Mantab tokopedia.

  • Luckman

    Selamat tokopedia…Go Internasional

  • Selamat ya, buat tokopedia belanja aman cuma hanya ada ditokopedia, , kaka aku mau kasih saran,, kaka kenapa sih klo kita order konfirmasi transaksi pembayaran nya suka lambat, kita transaksi siang di accept malam,, trus knpa klo kita order ke toko A suka di tolak, ka di percepat y untuk pengiriman nya kadang ada toko yang sampe 1 mgu barang baru ampe,, ˚♥┈̥mªЌªših┈̥♥˚ :) sukses terus ya buat tokopedia

  • Betty Aidie

    Slamat buat tokopedia smoga makin sukses ..

  • Tokopedia memang kereeeeen…

  • dian

    Kargonya ditambah jd klo kulakan banyak ga hrs pake jne ato tiki misal dakota yg 5kg keatas bisa murah spy jual ke cust pun bisa murah lg.

  • dari awal saya telah memprediksi bahwa tokopedia akan membuat perubahan besar dalam kancah e-commerce di indonesia…sukses selalu tokopedia !!!

  • saran buat tokopedia:
    1. kotak messages dikasih fitur kirim gambar biar kl komplain lebih enak
    2. di halaman favourite shop ada fitur unfavourite nya, karena kadang kualitas toko berubah2 dulu bagus skrg jelek
    3. untuk search produk/store dikasih fitur wilayah, jadi nyari toko terdekat untuk menghemat ongkir
    4. ada fitur talk live dengan operator tokopedia
    5. toko yg kena automatic cancel dikasih surat peringatan
    6. otomatic delete shop yg gk online lebih dari 1 bulan
    7. automatic cancel nya max 3 hari biar nunggu gk kelamaan
    8. ada pemberitahuan via sms status ordernya. dengan format singkat aja misal : pesanan anda dengan no invoice XXXXXXX telah dikirim, silahkan cek status order anda untuk keterangan lbh lanjut
    kayanya ini dulu,

  • vape.id

    Jika bisa kasih masukan, kalau bisa di tambah fitur stock barang

  • FEIBY

    MANTAP!!,… SELAMAT YAA TOKOPEDIA,… SELAMA INI MENJADI PELANGGAN TOKOPEDIA, NGGK PERNAH MENGALAMI MASALAH,… THANKS YAA,… SDH MENJADI MEDIA UTK TRANSAKSI UTK KT SEMUA,… :) GOD bless u!!,….

  • irwan purnawan

    SELAMAT DAN SELALU SUKSES BUAT TOKOPEDIA

  • wuih keren… moga makin tambah sukses, sehingga investor berdatangan.

  • Admin, kalau udah dapat kucuran dana dari Investor…TOLONG donk diperbaiki para staff / admin yang bekerja di balik layar Tokped.

    Setiap saya belanja konfirmasi jam 10 Pagi, baru diteruskan ke penjual jam 5 sore lewat, dan yang paling buat gak nyaman kita jualan ditokopedia transaksi dengan buyer selesai dan si buyer belom konfirmasi bahwa telah diterima kudu nunggu 3hari, lama banget karena bagi kita UKM Duid ketahan 3 hari itu lumayan lama, karena udah ketahan waktu pengiriman dan harus kena tundaan pencairan.

    Saran Mohon perbaikin admin. Kalau memang Tokped adalah sarana Jual Beli Online besar tempat berkumpulnya Masyarakat Indonesia belanja_^

    Sukse buat tokped semoga masukan ini bermanfaat.

    • Hendrianto

      maklum mas bro,.. yang punya bukan orang miskin,.. mana pernah ngerasain duit ketahan 3 hari itu sesuatu yang menyiksa,… (prinsipnya Bayarkan Upah Sebelum Keringat Kering)

  • Selamat buat tokopedia, banyak PR kedepan supaya bisa lebih baik lagi. Perbanyak fasilitas dan kemudahan untuk seller maupun buyer. Dan tetep simple! Salut buat tokopedia yang ngebuat semua jadi lebih mudah termasuk sistemnya. FYI, tokopedia suka bermasalah saat diakses dari provider2 tertentu, semoga bisa lebih diperbaiki lagi. Sukses terus!

  • Well Done,,, Good Job !!! Semoga ada fitur untuk pengiriman ke luar negara kedepannya :D

    • Verifikasinya bisa lebih cepat lg dnk ,, klo boleh saran ada fitur “Add Deposit” aj :))

  • Ibu Novi Medan

    selamat ya..cuma promo e- mandiri cashnya kok aq gak pernah bs dapat diskon 50 rb nya ya.. kan promonya sampai tgl 11 november…Buat lg dunk promo diskon yg menarik buat pembeli yg transaksui diatas 200 rb

  • mira

    selamat yaa sukses slalu tokopedia

  • LUAR BIASA Tokopedia. Jaga pelayanan yg sangat baik selama ini.

  • Hendra

    Waaaah,,selamat ya untuk Tokopedia,,saya yang lumayan sering belanja lewat jasa Tokopedia merasa ikut senang,,semoga Tokopedia Jaya selalu dan sukses selamanya,,
    Semoga Fitur 2 yang tersedia di Tokopedia semakin bagus.
    Sedikit Saran nih : – Untuk seluruh Penjual/pedagang yg terdaftar di tokopedia harap selalu update barangnya, mohon bantuan tokopedia selalu mengingatkan penjual agar barang dagangan yang di jual hanya yang ready/ada stok, jangan di pajang apabila barang tidak ada stok/kosong, manfaatnya agar mempercepat proses transaksi jadi si pembeli gak kelamaan nunggu konfirmasi dan gak perlu tanya stok lagi.

    Terimakasih Tokopedia.

  • Lompatan luar biasa Tokopedia. Semoga mampu bersaing ditingkat global.
    Patut ditunggu inovasi apalagi yang akan muncul di Tokopedia.

  • sony

    Upgrade server biar ga sering overload..
    Tambah fasilitas chat penjual&pembeli, pembayaran via creditcard dengan fasilitas cicilan 0%

  • Selamat untuk Tokopedia, semoga semakin mantap :)

  • Selamat untuk tokopedia, semoga dengan tambahan dana ini tokopedia bisa berkembang semakin baik, dan bisa segera go internasional :D

  • amirudin

    saya beberapa kali mengorder dan dua kali barang tidak ready stok..dan ketika saya mengirim pesan ke toko..responnya lama…artinya banyak sekali toko yang tidak siap sebagai toko online..hanya toko biasa…seharusnya secara system terdeteksi toko toko yang males online…dan seharusnya ini menjadi concern admin…utk memberi warning dan juga alert yang lebih eye catching ke pembeli…
    overall tokopedia ok..terlebih system refundnya…

    thanks

  • Saya yakin TOKPED akan semakin maju ke depannya. Untuk peningkatan layanan dan kepuasan pengguna tokopedia sedikit saran dari saya sebagai seller :
    a. Mohon dalam reviu kecepatan pengiriman dinilai/ dihitung dari : cepatnya seller melakukan proses order, berapa lama seller “mengirimkan” order. Karena selanjutnya setelah seller mengirimkan order maka cepat tidaknya order “sampai/tiba” ditujuan adalah “tergantung” dari jasa pengiriman yg dipilih oleh buyer. Dan sering terjadi agen jasa pengiriman yg “lambat” karena berbagai faktor (sulitnya alamat ditemukan, karakter agen pengiriman lokal, pada saat diantar kealamat tidak ada penerima/ orang di alamat).
    b. Agar objektifitas penilaian pada poin a tersebut diatas, sebaiknya TOKPED memikirkan satu cara agar penilaian dilakukan oleh “sistem tokped” dengan poin bintang. Karena “subjektifitas” penilaian oleh buyer masalah kecepatan pengiriman sangatlah bertolak belakang dengan “biaya kirim murah” yg lebih disukai buyer. Tentu saja buyer lebih menyukai ongkos kirim yg lebih murah dengan memilih JNE OKE atau POS yg tentunya akan memakan waktu lebih lama. Tetapi pada saat pemberian reviu kecepatan pengiriman, buyer sering memberikan * atau ** (satu atau dua bintang), yg tentunya akan merugikan seller yg telah melakukan proses order dan mengirimkan order dengan cepat.
    c. Sebaiknya TOKOPEDIA juga mendukung seller yg berada diluar ibukota propinsi (seperti saya dan seller-seller lainnya yg bernasib sama). Tarif Ongkos kirim seperti JNE dan TIKI tidak ada dari Kecamatan diluar Ibukota propinsi (seperti kasus saya di Kec. Lubuk Pakam Kab. Deli Serdang – Sumatera Utara). Untuk itu mohon ongkos kirim di update dari lokasi diluar ibukota propinsi. Jika perlu dibuat sistem utk upload ongkir dari lokasi seller, seperti halnya yg telah dilakukan oleh Lapak sejenis TOKPED lainnya semisal Ekiosku.com dan blanja.com. Dengan demikian ongkir akan real dan secara harga produk dapat bersaing dengan seller dari kota-kota besar.

    Demikian sedikit saran dari saya, semoga masukan ini dapat dipertimbangkan. Saya berterimakasih yg sedalam-dalamnya atas dukungan TOKOPEDIA dalam memberikan ruang yg nyaman bagi seller, terimakasih.

    • pin

      Setuju sekali agat usul review otomatis utk kecepatan pengiriman berdasarkan selisih antara tanggal order diverifikasi dgn tgl resi dimasukkan agar lbh objektif.

    • Yusri

      ya good idea :) jadi lebih real kecepatannya.

  • Ade

    selamat,dan untuk bukalapak, semoga menyusul LOL

  • refah collection

    SELAMAT buat TOKOPEDIA. Semoga semakin SUKSES…

  • Tim

    Luarbiasa banget!
    Bravo Tokopedia!
    Selamat untuk Mr William Tanuwijaya & Tokopedia :)
    Makin ditingkatkan kecepatan pelayanan customer service nya.
    Makin maju, makin sukses untuk Tokopedia & kita semua!

  • rakhmad

    Selamat n Sukses !!
    Maju terus TOKOPEDIA

    Mohon ditekankan untuk penjual agar pilihan pengiriman jangan hanya JNE n TIKI aja, tapi juga POS , agar pilihan lebih banyak…
    Untuk pembeli yang rajin transaksi dan bisa bantu promosikan tokopedia ke temen n keluarga tolong diberi reward dunk….,biar semangat nih >>>

  • shanty damayanti

    Congrattzz ya…..
    Jujur dg adanya tokopedia jualanku makin laris, krn mudah bgt dapetin supplier yg recommended disini, penghasilanku jd naik 2x lipat

    Ada fitur yg rasanya perlu ditambahkan yaitu upload foto pada kotak pesan.

    Dan rasanya perlu nambah karyawan tu, klo jwb tiket lama banget, masalah sdh selesai tiket baru dijawab khab basi jadinya.

    Salam sukses

  • Sweetly Nelwan

    Selamat buat Tokopedia semoga bisa menjadi perusahaan e-commerce yang bonafid

    Apa bisa jika pembeli juga dapat gold icon (Gold Buyer) karena rajin belanja / review di merchant-merchant yang ada ?

    best regards.

  • aditya lessai

    selamat buat tokopedia
    ** saran saya; jika penjual tidak ada online dalam waktu 1 atau 2 minggu, langsung saja di tegur n barang daganganya di kasih lampu merah agar buyer tdk terkecoh

    salam dari Aceh Tengah

  • waw mantap ni tokopedia,semoga kedepannya bisa lebih baik lagi..server gak down n kepenuhan pengunjung lagi..loading aplikasi tokoped lbh cpt..Maju terus tokopedia.www.tokopedia.com/kittyshoper

  • Selamat buat Tokopedia, Semoga dengan dana segar yg diterima dari Investor tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kemajuan tokopedia.. Tokopedia Senang, Investor senang, dan tentu’y end user ikutan bahagia :D

  • SELAMAT dan SUKSES ya… semoga target jangka panjangnya tercapai, dan feedback pada user juga semakin baik ^^ BRAVO!!

  • Hanya tinggal menunggu waktu untuk Tokopedia menjadi situs jual beli #1 di Indonesia! Dengan tampilan yang menyegarkan, fitur yang mudah dijelajahi & metode pembayaran yang aman & nyaman, baik untuk pembeli maupun penjual.

    Sukses Tokopedia!

  • alhamdulillah… semoga indonesia makin jaya di mata international amin
    Bravo admin and crew

    Regard,
    Nexa Elra Shop

  • congrattssss……
    besar membutuhkn waktu, waktupun spertinya bisa lebih cepat
    kami pun besar bersama tokopedia

  • Sadiz Boss…

  • Sharon

    Dr awal sy sll ykn tokopedia itu mmg sesuatu. Konsep dan tujuan nya keren membantu org yg tak dikenal berjualan tanpa bls jasa. Sy cm memajang brg koleksi sy sj dan ga prnh menyangka hasilnya kok mlh lbh. Smoga tokopedia gak prnh berubah dlm membantu para seller. Slalu jd icon bkn follower dan no 1 di Indonesia jg Asia. Nilai investasi yg bsr bgt itu pantes buat tokopedia, selamat ya!!

  • naomi purba

    Congrats toped…
    Semoga jaya selalu..
    Tolong dong di tambahin admin nya..biar ga terlalu slow respon.
    Oh ya buka dari app kok lama bgt?
    Beda dgn buka de chrome

  • heri herdiyana

    sukses buat tokopedia
    semoga ke depan nya bisa lebih meningkatkan pelayanan
    baik buat seller maupun buyer

  • hanny supriani

    congrat tokopedia, successfully for team ;)

  • Selamat & Sukses untuk tokopedia. Kami sungguh berharap tokopedia semakin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, yang faktanya selama ini baru tau olx dan berniaga saja (mana yg iklan tivi/sinetron/YKS, dll, itu yg masuk ke otak. Yaah, mau gmn lagi, faktanya memang baru segitu intelegensi mayoritas penduduk..).
    Semoga bisa gencar iklan tivinya, perkuat servernya, sehingga masyarakat luas sadar bahwa ada marketplace online yg jauh lebih valuable & trusted drpd olx/berniaga.
    Satu lagi : semoga tidak terjebak di “strategi menjual barang bekas – jual barang tdk terpakai di rumah anda, bla, bla, bla”.

    http://www.tokopedia.com/rajapadmibatik

  • Selamat buat Tokopedia. semakin maju, semakin sukses, dan semakin oke

  • Gunawan

    Great…..! You make us proud. You make me a prospected better one, congratulation.!

  • Wah semakin mantap dong pastinya, begini saja sudah bagus apalagi nanti … hehe … sukses ya ..

  • Bintang tri maharani

    Selamat TOKOPEDIA ^^.. Tempat belanja paling aman n harga bersaing…

  • siklumngalam

    Selamat buat tokopedia..semoga bertambah maju ya..dan fasilitas gold merchant bisa ditambah.. dibuat beda banget dgn regular merchant

  • jeweles

    Selamat ya TokPEd :D semoga terus berjaya , sy ucapkan banyak terima kasih atas sarana jual beli yg telah di beri unt kenyamanan dan kemudahan para Dropshipper seperti saya.
    untuk kedepannya harap tokopedia menambah fitur” yg lebih bagus lagi, dan waktu estimasi pengiriman jangan terlalu lama. batas waktu sejak diterima pesanan s/d di input resi hanya 3 hari saja. setelah itu di jadikan OTOMATIS BATAL sj. klo ada penjual yg tidak bertanggung jawab, biasanya pas lebaran nih… yg pada jual baju :(( gak mau cancel, malah sengaja di lama in, oh ya tambah OPTION bisa kirim ke LUAR NEGRI doonk :D

  • uniled

    sukses buat toko pedia,

  • Selamat buat Tokopedia, maju terus dengan pelayanan terbaik buat para pembeli dan juga penjual, semoga sukses dan tetap eksis dengan mall online yang tentunya sangat membantu para pembeli dan juga penjual dalam melakukan transaksi online.

  • irvan

    Congrats tokopedia..
    kami sangat bangga..semoga menjadi situs yang terdepan.
    sedikit masukan dari kami untuk di buatkan standar harga bagi smua produk.supaya harga jual tetap stabil & bisa bersaing secara sehat.thanks

  • yonathan halim

    keren.. sukses terus buat tokopedia, saya sbg penjual sangat terbantu dengan exposure tokopedia.

    saran untuk kedepannya bisa tambahkan fitur2 yg lebih menunjang contohnya:
    keterangan jumlah stok – sehingga pembeli tidak harus selalu tanya produknya ready apa tidak karena kadang penjual tidak selalu online.
    chatting penjual-pembeli

    mantap!

  • swf

    Just , Congrat & Sukses for Tokopedia , day by day more perfect.

  • La

    Gan…Min tolong dong serves nya lebih di tingkat kan , klo sering error kita ga bisa cepat transaksi nya ,semakin banyak pengunjung malah sering Error server nya

  • Wah saya sangat menantikan inovasi terbarunya nih,

    usulan saya tolong servernya di benahi, sering banget overload.. yang kedua untuk konfirmasi penerimaan barang jgn kelamaan, tentu saja saya setuju dengan ide payment credit card :)

  • Alangkah bangganya kita sebagai salah satu seller Toped, ketika membaca2 majalah bisnis terkemuka Forbes hari ini dan menemukan artikel ini:

    http://www.forbes.com/sites/ryanmac/2014/10/22/softbank-and-sequoia-capital-mark-first-investment-in-indonesia-with-100-million-backing-of-tokopedia/

    Berita investasi ini ternyata sudah menjadi berita internasional! :)

    Semoga toped tetap setia memperhatikan kepentingan sellers-buyers nya, dan menjadi marketplace #1, bukan saja di Indonesia, tapi juga di tingkat Asia Tenggara.

    Sekarang, dengan adanya dana yang cukup besar tsb, bolehkah kita mengusulkan beberapa saran / fitur?

    1. Integrasi dengan Facebook Page

    Mengingat FB masih platform social network paling populer di Indonesia dan dunia, alangkah memudahkan bila seller bisa mengintegrasikan produk2 di tokonya ke FB page. Jadi, di FB page akan tampil produk2 yg dientrikan di Toped, namun u/ transaksi, tetap harus link ke Toped. Fitur ini pasti bisa meningkatkan penjualan di Toped an menarik penjual2 yg selama ini aktif di FB.

    2. Bangun komunitas2 lokal di kota2 besar Indonesia

    Bikin charter2 lokal merchants/buyers di tingkatan lokal, terutama kota2 besar dan adalah acara kumpul barang secara berkala u/ menjalin keakraban dan trust antara buyers, sellers, dan resellers. Ajang seperti ini pasti bisa meningkatkan ‘sense of belonging’ thd Toped.

    3. Pisahkan sistem pembayaran dgn ecommerce

    Alasan sederhana: PayPal dan eBay, Alipay dan Alibaba. Dalam kedua kasus tsb, sistem pembayaran yg terpisah akan berkembang menjadi bisnis sendiri yang tak kalah besarnya.

    4. Antisipasi MEA

    MEA tinggal 1 tahun lagi. Apakah Toped sudah mempertimbangkan melayani hingga negara2 ASEAN lain? Kalau iya, kayaknya perlu fitur translate otomatis ke bahasa2 lain, misalnya dgn mengintegrasikan Google Translate ke Toped. Selain itu, tentu perlu kerjasama dgn perusahaan2 logistik yg melayani pengiriman ke negara2 ASEAN lain.

    5. Tingkatkan kecepatan server

    Nah, ini yg utama. Fitur2 selengkap apa pun tak akan bisa dimanfaatkan maksimal bila kecepatan server tidak memadai. Dimana2, u/ ecommerce, kecepatan server adalah hal paling utama. Bila perlu, sewa server sebanyak2nya agar kecepatan Toped melebihi semua kompetitornya, dan omset Toped juga pasti akan ikut melesat :)

    Oke, itu sebagian saran dari kami agar Toped bisa makin maju dan yahud.. :)

    Ramayana Grosir
    http://www.tokopedia.com/ramayanagrosir/

  • Firdaus

    Selamat atas Toko Pedia dan semoga tambah sukses selalu….saya usul bagaimana kalo Toko Pedia menambah fitur memberikan point bagi setiap pembelian dan point tersebut nanti dapat diperhitungkan dengan pembelian berikutnya…sehingga akan menambah customer yang pada akhirnya Toko Pedia akan semakin tambah maju…

  • Wohoo, congratulations!

  • ANDI

    Selamat buat tokopedia.

    wow penanam modal alibaba ya???…saya harap tokopediapun bisa bekerjasama (menyediakan fitur) dgn vendor yg ada dialibaba krn saya sangat ingin langsung berinteraksi dgn mereka.

  • Waktu ikut gathering Toppers kemarin, terlihat ko kinerja tim yang solid. Mereka minta saran dan kritik yang membangun, tujuannya khan biar seller sama buyer aman. Sarannya sih fiturnya bisa mengikuti arah dan tujuan MEA2015..sebentar lagi loh..thanks yah Tokopedia ^.^

  • Keren.. Selamat ya tokopedia.com

  • Selamat ya untuk tokopedia,gabung dr tahun 2012 tp baru aktif beberapa bulan ini….nyesel ga aktif dari dulu,sukses ya….

  • gudangleckik

    Selamat atas kerjasama tokopedia dengan investor, smoga dengan adanya kerjasama ini bisa meningkatkan kualitas dari tokopedia hingga membawa efek yg baik dan luarbiasa untuk penjual dan pembeli.

  • airin

    Selamat ya Tokopedia. Kami percaya Tokopedia bisa mengembangkan sayapnya lebih tinggi lagi dari sekarang. Good luck, see you at the top! ;;)

    • Maz Bhenks

      Kayaknya dimana-mana kalau mengembangkan sayap itu “lebih lebar” deh, bukan lebih tinggi.
      :v :v wwkwkwk…. :D

  • Hady

    Wow,
    Tokopedia mendaftar boosterrr Dasyatttttt….
    Yang lain semakin ketinggalan deh ?????

    Seperti iklan motor saja ahh

  • vaag shop

    Aku setiap hari selalu order di tokopedia :) kasih hadiah dongs min
    Dan aku berharap jangkauan tokopedia lebih luas lagi :) sampai menembus banyak negara,

  • Selamat buat Tokopedia, semoga menjadi perusahaan yang semakin berkembang…

  • ferry

    Tokopedia emang wow ….. tampilan keren , toko saya juga ciamik dilihat , upload cepat ….. selamat sekali lagi ya ..

    oh ya , siapkan fitur chat dong untuk penjual dan pembeli , biar cepat ……

  • Hebat…selamat atas prestasi yang telah dicapai oleh Tokopedia.
    Semoga ke depannya kualitas pelayanan semakin lebih baik dan akses website lebih cepat.

  • SELAMAT dan SUKSES ya… semoga target jangka panjangnya tercapai dan menjadi toko online yang besar n no 1 di indonesia

  • selamat … semoga entreprenur Indonesia bisa jual ke manca negara dan dengan pengiriman yang sangat murah ..

  • selamat ya tokopedia, semoga semakin sukses dan peningkatan kualitas pelayanan.

  • Selamat atas kemajuan yang ada di Tokopedia, waktu pertama kenal tokopedia setahun yg lalu sampai sekarang memang kemajuannya sagat drastis sekali. Semoga bisa jadi marketplace yang besar di tanah air

  • alfin b

    luar biasa! selamat utk tokopedia & seluruh tim-nya, semoga makin sukses dan bagus pelayanannya

  • gila investornye 1T kalo dijadiin cendol atau bakso dapet berape ye?
    Jadi semangat neh kalo mau jualan di Tokopedia. Thx bgt mudah2an Sukses Selalu dan Inovatif Selalu Jadi Terdepan.

  • maddoxx

    Tokopedia menurut ane msh kurang traffic dibanding dgn kaskus…
    Dan barang2nya pun juga ga terlalu banyak..
    Lalu uang investasi dr softbank utk apa?
    Semoga bs dialokasikan dgn tepat..
    Krn msh banyak kekurangan tokopedia..

    • jeweles

      tokopedia exellent

  • Mantap… Semoga makin sukses

  • siti mariam

    selamat buat tokopedia….toko online yg cukup mewakili buat ibu2 yg tdk bisa keluar rumah….disinilah tempatnya berbelanja….selamat…selamat…

  • Hanya sekedar saran, kalau tidak keberatan ditambahkan fitur chat agar pembeli dan penjual bisa lebih berinteraksi, soalnya putaran dagang dan uang ini bermain dengan waktu, semakin cepat semakin bagus. Selamat Mas William, ditunggu karya2 bagusnya yang lain.

  • wahedah

    selamat utk tokopedia & seluruh tim-nya, semoga makin jaya,sukses dan bagus pelayanannya

  • Izzuman

    Terharu,
    Sekali lagi, saya ucapkan Sukses buat toped…

    Awal gabung di TOPED saya mikir…ini perusahaan dapet duit drmana ya, kok gw transaksi gk dikenakan biaya….

    saya gk percaya sama situs lain seperti Owlx, Tokogabus, Bertiaga, Kraskrus dll… banyak yg ketipu disana. Kalo gk mau ketipu pake rekber…eh ada biaya..

    Di TOPED ada rating kesuksesan toko mengirim barang, serta kalo toko gk aktip, pembeli di warning.. ada pengumumannya. Ini yg bisa jadiin patokan kita utk transaksi lewat toped.
    Ini nilai lebih TOPED dr situs lain yg sejenis…. serta gak bisa dibohongin…

    Di tempat lain, ada patokan kesuksesan, berupa foto resi pengiriman.. (kebanyakan palsu) .. trus reputasi lewat cendol (eh ada yg jual cendol via japri)… ancur! Makanya banyak yg ketipu disana.

    Saran saya:
    Investor besar masuk cenderung ingin menguasai termasuk selera mereka dan kebudayaan mereka. MEnurut mereka bagus dan menguntungkan, walau menurut kita tidak… dan itu pasti akan diterapkan. Contoh TOKOGABUS semenjak diambil alih oleh BOLX…kualitas menurun. MEreka mermubah peraturan2 shg terasa lebih ketat dan bbrp fitur tdk akurat lagi. Searching mesin cuci, yg keluar setengahnya org jualan mobil sama tipi.

    Feeling saya dlm waktu dekat…akan ditiadakan Member gratis di Tokopedia.
    Semua akan berbayar seperti kemauan Investor…
    ….TIDAAAAAAK…

    • Kalo feeling saya tokopedia ga akan menghilangkan fitur akun gratisnya karena meski gratis nantinya mereka bisa beli TopAds untuk berpromosi shg dapat meningkatkan penjualan. Jd dari akun gratispun tokopedia bisa dapat untung dari fitur TopAds.
      Bagi User/Toko yg sudah lama jualan dan da laku banyak n banyak yg njadikan faforit tokonya sih ga masalah ga pake TopAds, tp bagi pemula/user baru TopAds sangatlah membantu.

      Menurut saya Fitur Premium member saja tanpa TopAds belum maksimal dalam meningkatkan penjualan. Akan berbeda jika pada premium member ada fasilitas sistem affiliasi sehingga tanpa TopAds masih ada jalur lain untuk berpromosi ( jika ada yg ikut affiliasi toko tsb)

      Ya hal ini disampaikan sbg saran bagi tokopedia juga untuk menambah fitur affiliasinya bagi premium member biar jelas bedanya antara premium dengan yg free..

  • Selamat kepada tokopedia semoga menjadi perusahaan internet terbesar di Indonesia dan mendidik para pembeli dan penjual untuk bertransaksi aman di internet. Dengan menghadirkan fitur-fitur yang canggih saya yakin nantinya akan lebih maju dalam menjadi perusahaan penyedia layanan jual beli produk di Indonesia.

  • Kevin

    Selamat kepada Tokopedia atas pencapaian ini. Semoga keberhasilan ini dapat membuat Tokopedia semakin sukses dan juga memajukan dunia IT di Indonesia.

    Banyak hal yang dapat diadopsi Tokopedia dari kultur/manajemen perusahaan IT international.

    Sebagai contoh, dalam hal merekrut karyawan, perusahaan IT internasional tidak akan membatasi/mendiskriminasi berdasarkan usia. Namun saya lihat Tokopedia & perusahaan2 IT di Indonesia masih melakukan hal tersebut dalam perekrutan (cth: maksimum usia 30 thn). Semoga pihak manajemen Tokopedia menyadari bahwa kebijakan tersebut amat ‘archaic’ & ‘outdated’. Jika benar Tokopedia ingin belajar membangun perusahaan internet international, sudah seharusnya kebijakan tersebut dihapuskan.

  • semoga dunia perdagangan internet di Indonesia makin maju, bisa bersaing dengan dunia barat, dan semoga pula Tokopedia selalu menjaga nama baiknya dan kepercayaan pelanggan setianya.

  • Selamat ya tokopedia…
    semoga dengan ini dapat lebih maju dan lebih menarik untuk kemudahan pembeli ke depannya

  • vanbadjoe

    Selamat ! Tokopedia maju terus! Semoga semakin sukses dan menembus pasar international. Tapi saya harap fitur2 dan berbagai kemudahan Tokopedia tidak berubah, malah bertambah baik.

  • Selamat kepada tim Tokopedia atas kesuksesan ini. Kerja keras selama 5 tahun ini akhirnya terbayar.

    Ini bukan akhir tapi awal yang baru.

    Babak baru telah dimulai untuk membangun Indonesia yang lebih baik

  • Saya bulan ini memutuskan untuk keluar / berhenti dari berjualan di tokopedia, karena ada satu fitur penting bagi saya yang sampai saat ini tidak ada di tokopedia yaitu stok. Tanpa ada fitur stok saya saat ini tidak bisa berjualan di tokopedia, terutama untuk item hotsale. Ini belum lagi fitur seperti memberikan diskon, coupon, dll. Tetapi terima kasih tokopedia, saya sudah menjual setidaknya 11rb item via http://www.tokopedia.com/tokojelekcom , tetapi bagi kami tokopedia sudah tidak bisa mengakomodasi perkembangan penjualan kami. fitur stok sudah saya sampaikan pada kritik dan saran beberapa kali sejak 2012, 2013, dan terakhir tahun ini 2014 tidak ada tanggapan berarti. Akhirnya balik kandang aja, jualan via web sendiri lebih enak dan fleksibel. Thanks

    • Hendrianto

      nambahin dikit ,.. setidaknya penjual bisa menon aktifkan produk yang kosong tapi tidak menggudangkan produknya,.. pembeli tetap bisa melihat, membaca produk yang kosong dan berinteraksi dengan penjual perihal barang yang out of stok,..

      • Beda bos, pembeli kadang ndak mau tanya walau di peraturan toko juga sudah diberikan aturan untuk tanya stok. Selama barang tidak masuk gudang, maka barang bisa di order berapun jumlahnya tanpa ada pembatasan. Misal kita ada stok barang baru datang, jumlah 100pcs, yang order ada 40 orang, 1 orang bisa jadi order ada yg 50pcs, 40pcs, ada juga yang 10pcs, 2pcs. saat sudah kita hitung jumlah order masuk dari 40 orang stok sudah tidak mencukup, misal dari 40 order totalnya pesanan adalah 150pcs maka stok minus -50pcs, kita sudah buru2 masukkan gudang dan cancel sebagian order berdasarkan urutan, tetapi juga masih ada juga order yg belum masuk dan masih proses pembayaran jumlahnya jauh lebih besar lagi… pembeli sudah capek2 ngumpulin duit buat bayar, begitu sudah di konfirmasi langsung saya cancel karena stok habis, kita sering sekali di komplain pembeli, hanya karena bebalnya tokopedia ndak mau kasih fitur stok, sehingga stok habis otomatis masuk gudang dan tidak bisa di order. Coba aja tokopedia berani ndak seperti jualan Redmi 1s harga 1,5jt seperti Lazada, terus ndak ada batasan stok…. stok redmi 1s di Lazada 10.000-15.000 aja habis kurang dari 5 menit, bisa membayangkan? Ini baru masalah stok, fitur dasar aja ndak punya… goodbye deh.

    • Sama bos,, saya sudah sering juga minta ditambahkan fitur stok,, tapi nggak ada tanggapan..

    • Kebenaran

      saya rasa perubahan tidak bisa instant pak sugeng apalagi kita selama ini tahu, tokobagus memilisiki sdm lebih dalam hal service ketimbang (OLXS,TOKOGABUS) namun tetap gratis. selain itu pihak toped juga pasti mempertimbangkan hal yang menurut merekan esensial dan cenderung mudah untuk diimplementasikan. jangan egois pak, jangan selalu ingin supaya semua hal berjalan sesuai keinginan anda, ibarat sudah dikasi hati gratis malah minta jantung.

    • Dear Pak Sugeng,

      Terima kasih atas masukannya. Sebenarnya mudah sekali untuk Tokopedia menyediakan fitur stock, namun ada beberapa hal yang masih menyebabkan fitur stock tidak kami luncurkan:

      1. Perlu diketahui, tiap menit, selalu ada yang add to cart dan check out bahkan konfirmasi pembayaran tanpa benar-benar melakukan pembayaran di Tokopedia. Lantas jika stock dipotong setiap calon pembeli memasukkan produk di keranjang belanja, atau saat check out, atau saat konfirmasi pembayaran (tanpa benar-benar melakukan pembayaran), maka penjual akan sangat dirugikan karena barang-barang mereka akan selalu ada di gudang (out of stock), padahal sebenarnya pembeli tidak serius.

      Bayangkan jika toko saingan Anda, kerjanya hanya terus add-to-cart / check out / konfirmasi pembayaran (tanpa benar-benar melakukan pembayaran) sehingga barang yang Anda jual selalu berada di gudang?

      2. Bagaimana jika Tokopedia mengurangi stock, ketika pembayaran benar-benar telah diverifikasi? Masalah utamanya adalah metode pembayaran yang paling banyak digunakan masihlah transfer lewat Bank (setoran tunai, ATM, internet banking) yang sifatnya ada jeda antara konfirmasi pembayaran dengan verifikasi pembayaran. Bayangkan misalnya penjual set stock 10, namun ada 3 pembeli yang add to-cart masing-masing 10 (karena kondisi (1) diatas, Tokopedia tidak bisa potong stock saat user add-to-cart / check out / konfirmasi pembayaran), kemudian ternyata si pembeli A, B, C konfirmasi pembayaran nya beberapa hari kemudian, maka tetap akan ada 2 orang yang dikorbankan di sini, dan mendapatkan user experience yang buruk dan berpikir “pas saya beli si penjual ngakunya punya stock 10, kenapa pas saya melakukan pembayaran katanya tidak ada stock?”. Jadi dengan ada fitur stock dan tidak ada fitur stock tidak ada perbedaan, terkecuali satu hari nanti, tidak ada lagi pembeli Tokopedia yang melakukan pembayaran secara transfer Bank.

      3. Perlu juga diingat, mayoritas penjual di Tokopedia masih berjualan di berbagai platform, baik offline maupun online. Bayangkan betapa repotnya penjual yang memiliki 10 stock barang, dan memasukkan angka 10 di Tokopedia, namun ternyata 30 menit kemudian ada 2 stock yang berkurang karena ada penjualan di toko fisik, 3 stock lainnya terjual di pembeli yang menghubungi via bbm, dst nya. Tentu tidak efektif dan efisien bagi si penjual untuk terus-terusan update angka stock.

      Menimbang kondisi (1) (2) (3) ini lah hingga saat ini Tokopedia belum mengaktifkan fitur stock, karena walaupun ada fiturnya, tidak akan berjalan dengan efektif sesuai yang dicita-citakan penjual.

      Tokopedia selalu terbuka untuk saran dan masukan bagaimana fitur stock dapat berjalan dengan kondisi (1) (2) (3) di atas? Mari bertukar pikiran dengan positif :)

      Salam,
      William Tanuwijaya

      • menengahi saja, sebaiknya diadakan fitur stock yang bisa di aktifkan dan non aktifkan. jadi terserah seller mau dipakai apa engga fitur stocknya.
        saya rasa kl supplier besar lebih memilih melayani melalui tokopedia daripada melalui fb yang harus ngitung total sama liat ongkirnya dulu. semoga membantu

        https://www.tokopedia.com/lea

      • Terima kasih masukannya. Ada usul soal (1) dan (2) mengenai pembayaran tidak real-time, dan kapan stock harus dipotong?

      • Pin

        Saya pribadi setuju dgn Pak William. Setidaknya berdasarkan pengalaman kami, fitur stok hampir tidak ada gunanya karena kami memiliki beberapa toko online di lapak lain juga plus transaksi offline dan via BBM. Fitur stok yg disediakan di beberapa lapak lain malah lebih merepotkan daripada membantu. Setahu saya sih, situs2 raksasa seperti Amazon saja tidak menampilkan jumlah stok tersisa. Terkadang setelah selesai transaksi di Amazon, ada beberapa item yang dtolak karena stok mereka kosong. Kelihatannya, mereka juga kesulitan menampilkan stok yang akurat karena perputaran transaksi yg sangat tinggi.

        Sistem stok Toped memang belum sempurna, namun kadang kesempurnaan bisa mengorbankan hal lain, terutama kesederhanaan. Sejauh ini, kami suka Toped karena kesederhanaannya dalam entri data atau proses transaksi.

      • dikasih pilihan saja ke penjual. apakah mau pakai fitur stok atau tidak.. dan dikasih pilihan juga untuk (1) dan (2).. jadi segala kondisi sudah resiko dr penjual karena itu pilihan dari penjual :D

      • yahya

        Menurut saya sebagai pembeli, fitur stock tidak usah dimunculkan. akan tetapi demi kepuasan pelanggan:
        seller harus secepat mungkin menolak pesanan jika stock habisatau tidak sanggup memenuhi pesanan dalam waktu yg di tetapkan TOKOPEDIA

      • yahya

        Tambahan. Yg penting begitu transaksi ditolak bisa cari yg lain

      • Dear agan William,

        Sekedar ingin memberikan masukan.

        Pengalaman saya membuka lapak di Tokopedia, terkait dgn fitur review Kecepatan yg diberikan pembeli, sangat sering pembeli secara subjektif mengkaitkan kecepatan ini dgn kecepatan jasa pengiriman.

        Memang tdk semua buyer spt itu, tapi selalu ada saja kasus spt itu.
        Kami sebagai penjual sudah berupaya disiplin dan mengirimkan barang secepat mungkin sesuai jadwal, tetapi ketika proses pengiriman mengalami kendala keterlambatan di pihak kurir, kamilah yg mendapat review Kecepatan yg kurang memuaskan.

        Saran saya, bagaimana kalau review Kecepatan itu diberikan oleh pihak Tokopedia. Yang ada di pikiran saya, mungkin Tokopedia bisa membuat suatu range, misalnya kalau setelah proses verifikasi, berapa jam pihak seller merespon dan kemudian mengirimkan order tsb. Dalam hitungan range tertentu, akan mendapat bintang sekian. Jadi saya pikir akan jauh lebih objektif.

        Opini saya ini hanya sekedar masukan saja, semoga dapat dipertimbangkan. Semoga Tokopedia makin maju. Terimakasih.

      • Mulai sekarang para pembeli didorong untuk isi saldo dulu baru belanja. Jauhkan perbedaan (kemudahan n kecepatan) antara pembelian via saldo dengan via ATM.

  • Tri

    selamat Tokopedia,itu berarti Tokopedia memang mempunyai masa depan yg cerah dimasa yg akan datang,semoga dana segar dari investor bisa membuat Tokopedia semakin berjaya dan semakin dicintai penjual dan pembelinya dgn harga yg murah dan aman :p

  • keren banget..tambah sukses untuk tokopedia

  • Kenapa yang comment buanyak gini yah,.. lawan kaskus punya forum .. ini baru satu topik,.. Hebat Tokopedia.. Bung William Lanjutkan,… Semua yang ada perlu berjuang 10 x bahkan sebanyak investasi 1,2 Triyun kali baruu sama dengan Bos Tokopedia hahahahah

  • Selamat kepada Tokopedia. Semoga tambahan investasi bisa membuat Tokopedia semakin baik.

  • Selamat !

    Semoga makin maju dan jangan didikte pihak luar.
    Harapan kami :
    1. Pelayanan makin cepat dari CS
    2. tools yg memudahkan calon pembeli mendapat barang yg diperlukan
    3. Cara bayar yg makin mudah untuk pelanggan baru
    4. Mobile version yg lebih responsif dan efisien
    5. Feature promo bervariasi sesuai kebutuhan
    6. Feature laporan pajak

    Salam jempol
    ===========

  • selamat untuk Tokopedia, sukses selalu dengan memperbaiki yang kurang, menambah yang baru dengan mengikuti perkembangan teknologi dan zaman agar kita semua semakin tau namun tidak melupakan budaya yang ada :)

    sedikit saran yang mau saya sampaikan, biasanya saya add cart produk dari beberapa toko, pada saat konfirmasi pembayaran tidak ada tombol pilihan utk memilih mana yang ingin saya bayar dahulu, bisakah di setting tambahan untuk tombol pilihan?

    dan satu pertanyaan, setelah Tokopedia menerima investasi dari pihak luar negeri apakah kelak akan ada penjual dari berbagai negara spt di alibaba dll ? yang artinya tokopedia juga tersedia mungkin dalam 2 bahasa; sebagai pembeli bisa membeli barang lebih murah (dalam jumlah banyak) langsung dari supplier besar (terutama negara Tiongkok) , mungkin juga bisa membeli produk2 asli berkualitas:)

    terima kasih atas perhatiannya :)

  • Wiwit budianto

    Salut luar biasa

  • Sugianto

    Selamat untuk tokopedia, semoga semakin kreatif untuk pengembangan dan visi kedepan, jaya hingga ke generasi berikutnya..dan bisa semakin dikenal diluar Indonesia juga…
    Sekali lagi, selamat dan sukses…

  • Rhaya Grosir

    Selamat ya buat Tokopedia, toped sangat membantu sekali saya dalam jualan online. Toped memang marketplace nomor 1 se Indonesia dan se Asia Tenggara :)

    salam dari kami, Rhaya Grosir (menjual aksesoris hp dan baju rajut secara grosir)

    https://www.tokopedia.com/rhayagrosir

  • Hendrianto

    100jt USD? ckckck,..
    mudah mudahan uang 1.2 trilyunmu banyak merubah yang gak penting penting di tokopedia ini.
    1. toko kepenuhan,..
    2. kasir sibuk,.. (jujur baru kali ini nemu alasan kasir sibuk,..)
    3. trus maintenance tanpa pemberitahuan,…
    4. konfirmasi order customer sampe seminggu,..
    (udah gitu yang disalahin kita penjual,.. pake dimaki maki kustomer dikira penipu dengan alasan tidak ada nomer telpon yang bisa dihubungi,..dan mau dilaporin polisi, udah gitu udah nerima duitnya lama pula,.. barang sudah diterima masih suruh nunggu sampe 3 hari,..keburu mampus usaha)

  • Dedi Jl

    Congrats Tokopedia

    What a really wonderful breakthrough
    Jadi pengen punya impian baru, moga umur bukan jadi penghalang

  • Hendra Finar

    Mutu gak akan bohong memang,saya sbg pembeli aktif di tokopedia sngt merasakan akurasi dr pesanan2 saya,kalo ada mslah dr merchan pasti dibantu dg cepat,hal ini juga dilihat abang soft itu,pdhl kalo bicara memfasilitasi org utk brjualan online juga bnyk diindonesia dan yg terkenal itu bahkan sampe ganti nama jadi 3 hurufpun gak kepilih dpt kredit,1x lagi mutu/kepuasaan gak bisa bohong.

  • arif

    siip siip siip

  • Selamat kepada tokopedia atas keberhasilannya.
    semoga bisa lebih memajukan perekonomian indonesia lewat internet.

  • Suharyanto

    Selamat untuk Toopedia …
    Semoga hal ini gak jadi fenomena awal bahwa Tokopedia nantinya bakal menjadi milik asing, bukan milik Indonesia lagi?! Jangan sampe ya?

    Mohon dipertimbangkan fitur “info” bahwa toko tersebut support kirim via POS, ketika calon pembeli melihat secara global daftar toko yang menjual suatu barang? Selama ini khan kita tahu bahwa toko tsb support kirim apa setelah masuk ke laman toko atau barang yang toko tsb jual. Contohnya, ketika kita buka > https://www.tokopedia.com/hot/dvd-portable > kita masih belum tahu toko ybs support kirim via POS atau tidak. Terus terang dibeberapa tempat kirim via POS sangat lebih menguntungkan daripada pake JNE, JNE sudah mahal juga LAMA dan sering barang harus kita ambil sendiri (juga)… Tanpa diketahui umum > Jangan2 jne juga titip barang di pos, jadi ambil kelebihan aja gitu. #maaf ya bukan iklan in pt pos sih…

    Terimakasih dan salam sukses Tokopedia & bosnya, William Tanuwijaya.

  • Maz Bhenks

    Selamat buat Tokopedia.
    Saya ingin menyampaikan saran yg saya rasa lumayan penting.
    Tolong diperbaiki.
    Saat kita melakukan pencarian produk dari kolom Cari produk / toko, dan kita pilih SEMUA KATEGORI, mengapa hasilnya hanya merujuk pada 1 kategori saja..? padahal keyword yang kita masukkan juga terdapat pada kategori yang lain.
    Contoh:
    Kita lakukan pencarian produk dengan keyword “Led”. Yang muncul hanya kategori: “fashion-aksesoris/jam-tangan” padahal ada juga produk dalam kategori yg lain jg menggunakan kata “Led”, misalnya “Led display 7 segment”.
    Mengapa opsi “SEMUA KATEGORI” tidak berfungsi..? Mohon diperbaiki karena hal ini bisa merugikan seller yg menjual produknya pada kategori yg lain.
    Terimakasih.

    • Teddy Hong

      ok sudah diperbaiki :)

  • Nicholas A

    Wah saya komen dua kali ga muncul nih…apa dimoderasi dan tidak dimunculkan?

    Selamat untuk Tokopedia yang telah menerima investasi yang begitu besar. Pertanyaannya, investasi tersebut untuk apa? Apakah termasuk beriklan lebih luas lagi? Jangan lupakan, tiap harinya yang berperan besar menggerakan roda Tokopedia justru dropshipper dan reseller yang rutin berbelanja.

    Saya punya teman yang punya toko online yang hanya melakukan dropship dari Tokopedia. Teman saya mengeluh karena customernya banyak yang mulai bertanya apakah harga bisa lebih murah, karena di Tokopedia lebih murah. Nah loh?

  • Yuda

    semoga saja dengan masuk nya investasi tokopedia tidak dibanjiri dengan adds adds iklan yang sangat menganggu :)

  • yahya

    saya masih heran, mungkin ada yg bisa beri penjelasan.
    begini yg saya tau Tokopedia adalah perantara antara penjual dan pembeli, dimana Tokopedia menjamin proses pembayarannya. Keuntungan yg diambil oleh Tokopedia (setahu saya) dari nominal unik pembayaran Rp.1,- s.d. Rp. 999,-. meskipun kecil tetapi jika dalam jumlah yg besar ya besar juga.
    yg saya belum pahami: mengapa memerlukan investasi sebesar itu?

  • R1S

    Tambahin fitur “buyer rating” .. jadi gak hanya seller yg dinilai, buyer juga.
    Ada beberapa buyer yg kadang seenaknya memberikan nilai sesuka dia, padahal seller sudah memberikan yg terbaik. Buyer rating ini juga sudah diterapkan di beberapa website serupa di luar. Jadi sama-sama punya track record yg bisa dilihat baik dari sisi seller maupun buyer.

    • Matt

      Setuju sekali… banyak buyers yg seenaknya memberi rating 1 bintang tanpa alasan yg jelas. Kita sbg buyer yg sudah bersusah payah berusaha melayani pembeli tsb hanya bisa gigit jari… :(

  • sukses buat tokopedia mudah2an tambah cepet respenya
    1.konfirmasi order ke penjual jangan lama2 krn kl lama kesanya penjual yang lambat responya padahal kirim hari itu juga

  • selamat ya untuk tokopedia.com .. semoga dapat dilengkapi dengan vitur embedded video .. dan pengantaran semoga bisa memakai drone seperti yang akan di terapkan amazon

  • Sukses mas William Tanuwijaya

  • hartini

    Dengan adanya investasi 100 juta dollar, semoga tokopedia lebih giat lagi membantu pemula-pemula yang ingin membuka toko online, sehingga Indonesia memiliki pengusaha pengusaha yang lebih banyak lagi dimasa depan.

  • Rumah Peri Kecil

    Selamat Tokopedia, semoga makin baik kedepannya, mendukung bagi seller & buyer.

    Masukan:
    1. tolong ditambahkan fitur kirim foto di inbox

    2. mungkin bisa ditambahkan fitur diskon pada saat seller akan meng-konfirm pesanan buyer.
    Selama ini fitur diskon hanya ada pada masing2 item produk, yaitu harga grosir.
    Kadang ada buyer yg belanja sampai 10 jenis barang, dan masing2 jenis barang hanya 1 pc. Rasanya perlu juga ditambahkan, biar buyer yg belanja bukan grosir tp jumlah jenisnya banyak jg bisa dpt diskon.

    Sementara itu, sukses selalu Tokopedia

    • setuju dengan usulannya, fitur diskon seperti ini pasti dibutuhkan oleh semua seller maupun buyer

  • ady sumadio

    Sukses terus buat tokopedia,… mudah mudah an kedepan tokopedia bisa memfasilitasi untuk item item yang berasal dari luar negeri karena kadang ada beberapa item yang tidak masuk dan ada di indonesia semoga dapat dipertimbangkan.

  • JogjaTweet Corp

    ane saranin nih
    TOkopedia support Credit Card and Paypal donk biar Go Internasional ^_^

  • Asrino

    Nggak heran tokopedia dapat invest bgitu besar. dari awal mendaftar saya sudah kagum dgn cara bertransaksi di tokopedia, sangat aman buat pembeli, karena dana tidak langsung ke penjual, tapi harus melalui rekening tokopedia dulu, dan juga pengawasannya cukup ketat.

    selamat buat tokopedia, mudah2an dengan investasi tersebut bisa semakin berkembang lagi.

  • Tokopedia emang keren

  • Menakjubkan dan membanggakan untuk sebuah start-up Indonesia yang kian berkibar di kancah dunia. Ini sangat menginspirasi dan memotivasi para perintis lainnya di bisnis digital. Mudah-mudahan Tokopedia segera hadir di berbagai bahasa agar seller-nya pun bisa ikutan go international !

    Selamat ! untuk TOKOPEDIA.

  • congratulation TOKOPEDIA..

    tingkatkan lg buat pelayananya..

    jangan lupa mampir http://www.tokopedia.com/omenkgenoge

  • selamat kepada tokopedia….

    kami ingin belajar lebih banyak tentang proses perjuangannya.
    kami nantikan press releasenya di http://www.asiabusinessinfo.com

    terima kasih

  • Saya sudah presiksikan ini jauh-jauh hari.. Karena selain website nya bagus.. Tokopedia memang jadi solusi permasalahan e-comers di indonesia ini.. Maklum banyak penipu, dan ini lah solusi jual beli aman.. Selamat ya Tokopedia.

  • Wen

    oke lah kalo mnurut saya tokopedia memang terbaik di indo untuk website B2B

    tetapi sebenarnya website semacam tokopedia ini sudah lebih banyak pendahulunya di luar negeri (seperti Aliexpress, Ebay, dll) jadi menurut saya tidak istimewa-istimewa sekali, hanya saja tokopedia beruntung karena menjadi yang pertama (setidaknya terlaris) dalam pengembangan di Indonesia. tapi di luar itu saya ucapkan selamat.

  • chairil sabara

    selamat buat tokopedia….

  • durauf

    selamat atas tokopedia

  • Aan

    selamat buat tokopedia atas investasi $100 juta dari softbank dan sequoia,,, semoga kedepannya lebih baik lagi

  • luar biasa, nilai yang sangat fantastis, ini membuktikan kalo indonesia juga punya start up yang pantas di perhitungkan, apalagi investornya adalah investor kelas dunia, yang telah membantu banyak start up menjadi yang terbaik di segmennya…selamat buat tokopedia.com..semoga makin jaya selalu..

  • widi

    Selamat atas kesuksesan TOKOPEDIA.
    Semoga jangan mundur dan jaga kualitas layanan untuk menjadi lebih baik.

    Layanan Tokopedia sudah baik dan saya sudah mendapatkan layanan yang baik tersebut. Bagaimana dengan Anda??

    SUKSES TOKOPEDIA !!

  • susan

    Selamat ya TOKOPEDIA
    1. klo bisa penjual makin banyak yg pakai ekspedisi pos..yang orang kalimantan protes nih mau belanja dikit ongkirnya mahal klo pk JNE loh ..
    2. metode pembayaran di tambah

  • titis kadar wat

    selamat ya tokped …. mudah – mudahan berjaya
    sedikit saran saja untuk konfirmasi penerimaan barang jangan 3 hari … itu bagi kami para seller adalah waktu yang lama, kebayang kann kalo uang ketahan 3 harii aturan kita bisa buat modal lagi , gegara nunggu 3 hari :)

    terimakasih sukses selalu buat tokped !!!!!

  • Selamat Tokopedia! Semoga selalu bisa berinovasi terus ya! Felicitation!

  • Dari dulu setiap perusahaan yang disentuh Sequoia Capital, selalu sukses….. sudah banyak buktinya….
    Sekarang giliran tokopedia yang disentuh tangan Sequoia Capital. Mudah2an bisa mengikuti yang lain menjadi perusahaan kelas dunia.

  • Selamat untuk Tokopedia,

    Semoga dimasa yang akan datang akan selalu berkembang terus.

    Semoga masukan-masukan dari para penjual/pembeli dapat menjadi pertimbangan untuk makin majunya Tokopedia.

    Jangan seperti situs sejenis dari tetangga, yang bikin ribet penjualnya untuk menjual produknya. Sebagai contoh:
    – Foto asli dibilang foto editan jadi iklannya tidak ditampilkan
    – Apabila posting item yang dijual harus menunggu konfirmasi dari pihak website tersebut
    – dan masih banyak lagi kekurangan-kekurangannya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih. Dan mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada kata-kata dari saya yang menyinggung admin dan semua pembaca.

    Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Tokopedia

    Terima Kasih

  • wah ini namanya suatu kebanggaan bagi tokopedia dan indonesia semoga tokopedia semakin maju dan selalu melakukan inovasi yang bermanfaat bagi semua rakyat indonesia.

  • Rangga Pranayoga

    Untuk batas waktu responnya dipercepat saja. Terlalu lama. Kasihan pembelinya. udah nunggu lama ga ada respon dari penjual. Biar yang ada di tokopedia ini benar benar penjual yang niat jualan disini saja. Kalau perlu cukup 1 hari saja batas waktu responnya. Biar kapok buat penjual kehilangan ordernya karena jarang online. Kalau niat jualan online ya harus online setiap saat.

  • selamat atas keberhasilannya dan semoga makin sukses

  • ayda

    sdikit saran, untuk proses pemesanan dr seller jgn lama2, klo brng gak ready pling lama 2 hari lngsung batal, dan klo pembeli mau pesan lagi kan jdi mudah. susahnya klo itu untuk dropship. kebayangkan klo kita di uber2 pembeli. mksih.

  • Tokopedia joss Gandoss cuy………

  • mantap…. tokopedia memang the best………… terima kasih untuk para admin… memperlancar rejeki saya… semoga Tuhan membalas dengan yang terbaik..

  • Wah semakin mantap tokopedia… maju terus…

  • Sebaiknya fitur ada vitur chat yang live yang dapat di install di android atau perangkat lainnya …

  • Keren… Sukses Selalu Tokopedia….TOP dech….

  • Semoga tokopedia menjadi lebih baik di masa mendatang, untuk sekarang kebutuhan layanan “pre order” lah yang saya butuhkan, hehehehe

  • menurut sy fitur dari tokped memang sudah sangat oke.. cuman saran sy sih coba ditambah fitur send pictture diinbox.. krn beberapa kali waktu sy komplain ke seller disuruh kirim foto produk yg salah warna, salah produk ataupun yg riject untuk klaim retur.. nah, yang jadi masalah adalah.. selama ini buyer n seller hanya bisa mengirim picture lewat bbm,whatsapp.. nah bagaimana dengan yang tidak memiliki pin bb atau whatsapp n hanya ada fb/email? apa hanya bisa menerima barang yg rusak tnp bisa klaim retur barang? sedangkan lewat facebook n email terkadang seller hanya menjawab “bisanya hanya lewat bbm/WA aja kirim picnya, gk ada fb” nah gimana tuh? #terimakasih..

    • andri

      biasanya kasus seperti ini dikarenakan seller tidak menguasai sosial media dan alat komunikasi secara menyeluruh. kalo mereka mau jual online mestinya mereka menyiapkan berbagai media sebagai keluh kesah pelangganya. mending toko yg seperti itu ditinggalkan saja. pindah lapak lain aja.

    • Yanto

      ane stuju sma agan…

  • andri

    wah tambah hebat nih Tokopedia. sepertinya “Toko sebelah” harus waspada. pelanggan mereka pindah ke Tokopedia sedikit demi sedikit

  • Rudi

    Gan, kapan kartu kredit bisa masuk, apa lagi kalo di tambah dengan Cicilan 0%, makin ajib dah..

  • Mantabbbb nih TokPed. inspirasi bngt artikelnya min. ayo para pengusaha muda saatnya built start-up kaliaaaaan

  • Amkar

    Slamat buat Tokopedia…
    Saya ada saran dikit…
    Gimana kalo ditambahin menu buat para pembeli yang fungsinya untuk request barang… misalnya udah bolak balik buka menu kategori tapi barang yg dicari gak dapat – dapat… nah diklik aja tuh menu request nya… trus ketik nama barangnya… kalo perlu diberi pilihan buat lampirkan foto/gambar barang yg di request… nah para penjual bisa melihat request pembeli… mungkin bisa mengusahakannya untuk dicarikan… kalo dapat, penjual bisa nambah barangnya dan langsung merespon request si pembeli tadi… beres dah…
    Makasih…

  • rizky

    jika memang soft bank adalah investor terbesar alibaba, pasti bisa menjadikan tokopedia dan alibaba bekerja sama, dan membuka penjualan langsung dari china, karena tahun mendatang sudah mulai berlaku pasar bebas.

  • Sugeng Cools

    Selamat utk Tokopedia, semoga makin mantabs & makin bisa memberikan pelayanan yang lebih baik,

  • Syarif Hidayatullah

    Selamat atas rekor yang berhasil diraih oleh Tokopedia. Semoga bisa menjadi perusahaan online yg mampu bersaing di Dunia On line global bersama kepuasan Custamer dlm menggunakan Tokopedia.

  • anakjkt

    Selamat buat tokopedia atas pencapaiannya.

    Yuk kita dukung produk dalam negeri biar bisa berkembang juga. biar bisa bersaing dengan produk2 keluaran negeri china.

    Tokopedia emang . Kualitas Global, Karya Lokal

    terima kasih.

    Anakjkt
    https://www.tokopedia.com/anakjkt

  • Ricahard

    Selamat atas kesuksesan TOKOPEDIA.
    ane usul support lebih banyak fiture lewat Playstore android, biar lebuh cpet transaksinya

    Maju terus.. Mantab TokoPedia

  • Sumarna

    tokopedia memang TOP
    yang pasti dari semua toko, hanya toko pedia yang bisa di andelin…
    hanya saja saya sebagai pembeli tuh nunggunya lamaa banget. sipenjualnya belum konfirmasi mulu..
    udah nunggu lama orderan nya gagal lg..kan jd BT
    coba kalo batasan waktunya dikurangin lagi..
    kalo konfirmasi seller sudah cukup baik dan bisa terus ditingkatkan. tapi bagi para penjual ini yang perlu ditingkatkan…maksimal 12 jam ada konfirmasi penjual. dan maksimal 24 jam konfirmasi proses orderan.
    jadi kan ga nunggu lama.. bukan masalah banyak toko lainnya.. masalahnya kan uangnya udah masuk duluan.. kecuali kalau uang masuk setela ada konfirmasi si penjual.. jadi siapa cepat dia dapat..

  • yayan

    Selamat untuk Tokopedia
    semoga tambah maju & sukses selalu
    pelayanan yg makin baik & fast response

  • selamat yah buat tokopedia sudah dapat investasi besar sekali seperti itu.
    semoga kedepan tokopedia bisa ngacir dan ga lemot-lemot lagi…
    mungkin dari sisi server yang sangat perlu di benahi dan butuh investasi besar di sisi server ini. karena sering sekali mengalami kepenuhan dan sistem toped berjalan sangat lambat sekali, tentu ini menjadi kendala buat pembeli maupun penjual.

    sukses terus kedepan nya.

  • Selamat dan sukses selalu untuk Toped…
    Trmksh sdh melancarkan usaha kami… :-)

    ‘ Belanja paling aman dan nyaman? ya hanya di Tokopedia jawabannya….’ :-)

    I love Toped ♥

  • ZAIN HERBAL

    1- TOMBOL NEGO DI ADAIN DONG
    2- KALO BISA SETIAP BARANG YANG DI TRANSAKSI DI TOKOPEDIA BISA DEPET DISKON ONGKOS KIRIM DI SETIAP JASA PENGIRIMAN BARANG

  • fantastis, sangat menakjubkan.
    apa rencana panjang & besar dari nilai investasi sebesar itu ?
    Tolong bawa visi & inovasi baru untuk Internet Indonesia.
    Sangat berharap, kami para UMKM dapat menggunakan internet untuk meningkat nilai usaha kami.

  • kalo bisa di adakan fitur free ongkir yah, biar mudah untuk penjual mengadakn promo free ongkirnya kepada pembeli
    thanks

  • labib

    gimana ya cara pesen barang nya

  • muh syahrin

    Selamat ya tokopedia moga tambah bagus ke depannya.kalau boleh usul di tambahkan fitur wish list,jadi user bisa masukin item yg di inginkan sebelum berbelanja.

    Thanks

  • beni

    selamat tokopedia …

    klo boleh ngasih masukan ada format stok real penjual/toko emang aga ribet sih
    tapi kenapa ngga biar si pembeli yakin bahwasanya penjual/toko tersebut
    memiliki stok yg real dan selalu di update stok nya
    jadi meminimalisir buruk sangka pembeli terhadap penjual nya.
    penjual untung pembeli pun senang :)…

    terimakasih sekedar masukan saja ya maaf kalo ada salah kata” :)

  • selamat semoga tetap mendapat kepercayaan para investasi

  • hendaru

    selamat brooo…..mumpung dah go internasional…barang dari luar dong masuk di toko pedia jadi user bisa langsung beli…tdk perlu container !

  • WAROENG88 SURABAYA

    Salut..semoga memberikan dampak bagi pengguna tokopedia, baik buyer maupun seller..

  • Solehudin

    Selamat Tokopedia!!! Membanggakan sekali. Artinya Tokopedia dinilai sangat potensial untuk tumbuh dan menjadi lebih baik lagi

  • wah saya siap membantu untuk scripting nya untuk membuat tokopedia jauh lebih baik

  • Waah …. keren nich, di tunggu gebrakan terbaru selanjutnya dari Tokopedia…

  • wawan

    mantap…saya mengunakan ToPed sudah sejak 1 Tahunan, dan selama ini toped semakin banyak perubahan, fitur nya lebih lengkap jadi buyer / seller lebih mudah untuk bertransaksi, selamat buat toped, semoga semakin maju

  • sukses tokopedia… mudah2an nantinya ga bakal berbayar kan ? mengingat, dana investasi yg besar dan pastinya butuh dikembalikan :D :D

  • ifat

    manstap gan, maju terus yaa…

    https://www.tokopedia.com/ivisklontong

  • Deddy suyanto

    Pelayanan nya aja di tingkatin, konfirmasi pembayaran pernah sampai 5/6jam baru terproses. barang yang harusnya terkirim di hari yang sama jadi terkirim keesokan hari karena kinerja yang lambat….

  • niel

    akhirnya,,, selamat buat TOPED dan semoga tetap eksis yah,,
    saya udah sering berbelanja disini, mungkin sudah ada puluhan x mungkin.. hahaha , TOP DAH BUAT TOPED

    sedikit saran dari saya seorang buyer setia TOPED,

    1. untuk sistem pembayaran sepertinya TOPED lebih memperbanyak lagi, seperti VISA & MASTER CARD.

    2. untuk buyer yang setia, mungkin diadakan fitur poin nya, jadi misalnya setiap buyer yang belanja dengan kelipatan 10.000 mendapatkan 1 poin. nah ntar poin2 yg terkumpul oleh buyer dapat digunakan untuk belanja juga, sama halnya seperti pada operator2 seluler dengan program poin2 nya yg bisa ditukar dengan pulsa, gratis sms, gratis kuota internet dan sebagainya. nah jadi fitur poin yg saya maksud disini sama halnya dengan hal tersebut, jadi poin yg sudah kita kumpul dapat ditukarkan sebagai uang tpi dalam bentuk saldo TOPED kita yang hanya dapat digunakan untuk berbelanja ( tidak dapat dicairkan ). atau mungkin juga dapat digunakan untuk langsung berbelanja, jadi misalnya ada produk dengan harga rp 100.000 mungkin kita butuh 100 poin untuk dapat membeli produk tersebut secara gratis.

    3. mungkin TOPED bisa mengadakan beberapa event, yg hadiahnya berupa TIKET, nanti tiket itu berfungsi untuk membayar biaya pengiriman kepada buyer, misalnya kita ikut event yg diadakan oleh TOPED dan kita mendapatkan hadiah sebuah tiket, nah ntar sewaktu kita belanja, kita tidak perlu lagi membayar ongkir, ya dengan ada nya tiketnya kita bisa bebas ongkir 1x. mungkin dengan adanya program tiket ini bisa menambah efisiensi dalam hal ongkir.

    4. saran saya agar TOPED membuat fitur seperti lelang dan sejenisnya, jadi misalnya tiap minggu ada 10 atau 20 item yang dilelang, misalnya samsung ga**xy s5 dengan harga sekitar rp. 7 jutaan, mungkin bisa dilelang dengan harga yg lebih murah ya tentu saja dengan syarat & ketentuan yg diberlakukan oleh admin TOPED.

    5. diadakan program diskon untuk beberapa produk, ya mungkin ini terlihat sama dengan fungsi poin yang saya terangkan diatas, tpi disini dibuat fungsinya lebih sederhana, kalau misalnya fitur poin bisa membeli barang secara gratis, mungkin fitur diskon ini dibuat hanya untuk memberikan diskon saja ( mungkin dibatasi sampai 50% ) saja.

    6. mungkin bisa dibuat fitur video di masing2 lapak penjual, misalnya untuk beberapa item yg cara pemakaiannya ribet atau untuk review agar buyer lebih jelas dengan item yg ingin dibeli.

    hhmmm. mungkin itu z kali yah saran dari saya, mudah2an admin nya TOPED baca ini. kalau dikutin ya syukur ga diikutin juga gpp, nama nya juga saran dari buyer setia TOPED.

    medan
    HORAS

  • mukhyar

    selamat ……….. semoga saya juga bisa membeli barang luar negeri dgn harga yg lbh murah………

  • wowww, banyak bener :D tambah kuat nih tokopedia sama pesaingnya

  • Selamat ! congrats broh Tokopedia (y)

  • Syaikhu

    saya lebih senang tampilan TOPE Klasik. usul kalau bisa tetap kasih fasilitas utk menu klasik..

  • semoga tambah jaya…selalu…

    • ini tokopedia ya ?

  • SELAMAT BUAT TOKOPEDIA.
    KITA MAJU BERSAMA2 MEMBANGUN SINERGI POSITIF PENJUALAN ONLINE YANG AMAN DAN NYAMAN.
    MEMBANGUN EKONOMI UNTUK PEMERINTAHAN YANG BARU
    http://WWW.GROSIRGADGETS.NET

  • wah

    wah selamat ya

  • wicky

    mantafhh, minta cikit om buat upgrade warnet saya….. :D

  • WOW! selamat & sukses selalu utk tokopedia!

  • Siiip dah Tokopedia. Pelanggan kami makin tambah. Yang belum silakan mampir di lapak kami di tokopedia juga https://www.tokopedia.com/hatasa

  • Selamat buat Tokopedia, moga lebih baik dalam segala hal.
    Tambah alternative pembayaran dong Pay Pal, Visa dan Mastercard (Payoneer).
    Jadi bangga dengan kreativitas anak bangsa Indonesia.
    Semoga lebih maju dan jaya.

  • Subhanallah, selamat ya sob Tokopedia.com , semoga terus berkembang dan menjadi yang terbaik di indonesia.
    salam kami
    http://www.cantikhijab.com

  • Ariawan

    SELAMAT & SUKSES buat TOKOPEDIA !

    Sedikit saran sy sbg buyer ni,

    Kalau kita sdh msk ke salah satu item barang, di bag bawah tu ada “Produk lain dari toko ini”, Gemana kl ditambahkan “Produk sejenis” yg biasanya juga dijual oleh seller lain yg harganya kadang bs lbh murah/mahal. Jd disitu kita bs langsung bandingin & putuskan di toko mana kita belanja. Wajar khan kita cari yg termurah!?

    Agar ditambahkan lagi opsi untuk mem-filter barang (misalkan kl di item Smartphone disamping “rentang harga” ada “ukuran layar”, “single/dual/tripel SIM”, dsb.)

    Sebaiknya spec brg yang dijual seller diinfokan lengkap dan sewajarnya sesuai jenis barang (baik fitur, fungsi, dimensi, dll) sehingga tdk menimbulkan banyak pertanyaan pd bayer.

    Terima kasih, semoga bermanfaat….

    Jadilah Online Shop yang terbaik dan terpercaya, dgn selalu memperhatikan keamanan, kenyamanan, keinginan, saran dan keluhan penggunanya.

  • Mantapp.
    Trus itu uangnya kira2 buat apa ya ??

  • Selamat buat TokoPedia, Semoga bisa mengikuti jejak TokoPedia yang Sukses, Amin :)

  • Selamat untuk Tokopedia, semoga menjadi tempat bernaung para seller di Indonesia, Sukseesss !!!

  • selamat buat tokopedia, semoga semakin maju
    saran: jika bisa konsumen dan penjual di beri reward/ semacam door price malah nambah yahud, hitungannya adalah menambah semangat untuk pembeli dan penjual dalam bertransaksi, perhitungan dari nilai jual barang atau dari nominal yang ditentukan oleh tokopedia untuk point yang didapat dan barang apa/ door price apa yang bisa didapat dari point tersebut.
    mungkin bisa dibuat fitur video di masing2 lapak penjual, misalnya untuk beberapa item yg cara pemakaiannya ribet atau untuk review agar buyer lebih jelas dengan item yg ingin dibeli

  • Woooooooowwww… Luar biasa….!!!

    semoga menjadi lbh baik dan kedepan lbh sukses dan sejahtera selalu.
    Saya sangat senang sekali melihat berita ini.
    Saya percaya tokopedia pasti lbh hebat…!!!

    salam sukses dan sejahtera,

    Regards,
    Boy

  • Pertama, saya ucapkan Selamat atas investor barunya. Semoga dengan investor baru ini, tokopedia setidaknya menjadi nomor 1 di Indonesia.

    I’m here to say “Why i choose tokopedia?”. Sebelumnya kita tahu, ada banyak sekali “prantara toko” (olx, berniaga, fjb kaskus, bukalapak). Namun setidak2nya ada 5 alasan menurut saya, tokopedia adalah “prantara toko” terbaik yang pernah ada sampai saat ini di Indonesia.

    1. User Interface tokopedia adalah yang terbaik saat ini. Pada tampilan awal (home) kemudahan calon pembeli mencari barang apa yang diinginkan dengan memandu calon pembeli dengan bantuan icon dan kategori. Desain minimalis, simpel, dan rapi itu juga membantu user untuk cepat beradaptasi dengan tokopedia.

    2. Pembayaran yang disediakan tokopedia adalah yang terbaik saat ini. Tokopedia disini bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli (kalau di kaskus disebut rekber) sehingga hal ini dapat meminimalisir penipuan. Selain itu banyak fitur2 yang disediakan bank telah diimplementasikan ke tokopedia ini, sebut saja mandiri e-cash, bca/mandiri clickpay. namun selain itu juga tetap tersedia transfer manual ke tokopedia.

    3. Pembayaran mutlak harus lewat tokopedia dahulu. Tidak seperti rival2 lainnya, beberapa hanya bertindak sebagai penyedia toko saja, ada juga yang bertindak selain sebagai penyedia toko tapi juga memberikan fasilitas rekber tapi tidak mutlak dipakai.

    4. Fitur pengiriman yang disediakan adalah yang terbaik saat ini. Tersedia pilihan jenis pengiriman yang mampu dihandle oleh penjual, selain itu biaya pengiriman pun jelas. Efeknya pembeli merasakan yang namanya transparansi biaya, pembeli & penjual juga tidak repot harus menghitung biaya pengiriman sendiri. Nomor resi juga langsung diberitahu penjual ke pembeli melalui sistem yang telah dibuat tokopedia. Sistem tokopedia jg langsung mengecek nomor resi yg diberikan penjual valid / tidak.

    5. Respon cepat penjual adalah nilai tambah yang sangat bagus dari tokopedia. Pengalaman saya dengan toko online adalah lamanya respon penjual. Pernah saya menanyakan ketersediaan barang ke penjual dan itu direspon lebih dari 2 jam. Tapi tidak di tokopedia, hanya dibawah 1 jam saya sudah mendapat respon bahkan pernah hanya 5 menit saja.

    Kesimpulannya tokopedia adalah “perantara toko” yang terbaik saat ini karena tidak hanya menyediakan lapak bagi penjual tapi juga sangat membantu penjual memanagemen barang yang dijual. Tidak hanya itu tokopedia juga menyediakan sistem yang sangat membantu pembeli barang si penjual.

  • cammay

    selamat buat tokopedia,,, slalu di hati ane lah poko’e! ^_^
    sjak awal tahun 2009 sdh punya feeling kalo tokopedia adalah t4 berbelanja yg plg aman dan nyaman menurut gw.
    kalopun pernah terjadi sedikit masalah dg beberapa toko, itu tdk serta merta membuat ane ilfill n kapok mampir ke tokopedia krn timnya setia menuntun & membantu mencari solusi kongkritnya mpe tuntas,,, itu pengalaman gw slama kurang lebih 6 thn bergabung di tokopedia.
    poko’e mulai dari kota asal makassar mpe hijrah ke tangerang tokpedia ttp favorit ane pastinya!
    lov u tokopedia ^_^

    regard,
    cammay

  • Dian

    Selamat, Tokopedia. Semoga ini merupakan langkah awal yang baik. Jangan sampai mau dibeli perusahaan pembawa kesialan seperti yang terjadi pada beberapa situs jual beli besar yang akhirnya bangkrut itu ya. Semoga Tokopedia tetap bertahan.
    Saya berharap akan ada banyak penambahan fitur yang memudahkan browsing maupun transaksi jual beli, namun tetap ringan dan ramah bagi RAM :)

  • Dicky Kurniawan

    Selamat….
    Website ini jadi idaman saya beserta istri saya yg menjalankan usaha bersama…
    Thanks

  • Ari

    kalo ada photo waktu berkumpulnya/serah terima kontrak, pasang dong min. . .biar lbh afdol

  • doni

    Selaam kepada TOkopedia … semoga produk yg diujual semakin variatif dan selalu terjaga kualitas…

  • Johni

    Saya tidak akan membantah bahwa tokopedia adalah toko online terbaik saat ini (setidaknya menurut saya pribadi yang juga sering research toko online di Indonesia dan mancanegara ^ ^).
    Kawan-kawan di atas sudah banyak memberikan masukan dan juga saran yang saya yakin akan didengarkan oleh tokopedia yang pastinya ingin lebih maju dan berkembang lagi dari sekarang. Dari pengalaman saya dan kenalan saya yang sering bertransaksi di tokopedia baik sebagai seller maupun buyer, ada beberapa masukan yang semoga bermanfaat :
    1. Respond time CS Tokopedia sangat lama, bahkan untuk pertanyaan sederhana sekalipun, bahkan lebih dari 2×24 jam yang jadi SOP Tokopedia sendiri. Overload ?
    2. Jenis barang yang dijual di Tokopedia masih rancu ditafsirkan, bahwa bagi CS Tokopedia sendiri. Hari ini saya tanya jawaban A, besok tanya lagi yang jawab CS yg berbeda jawaban B. Jadi jawabannya sepertinya tergantung dari pemahaman CS itu pribadi terhadap ketentuan tokopedia. Perlu briefing ulang ?
    3. Ada akun kenalan saya sebagai seller yg tiba2 di-closed karena berjualan barang yg dianggap tidak layak. Padahal banyak juga yang jualan barang yang sama. Dan setelah saya tanyakan ke CS Tokopedia, ternyata barang tersebut boleh dijual di tokopedia. Biar tidak menebak-nebak, nama barang itu adalah alat kontrasepsi bermerek dur*x dan s*tra. Jadi sebenarnya boleh atau tidak ?
    4. Akan lebih bijak sebelum menutup toko secara sepihak agar memberikan warning terlebih dahulu ke pemilik toko, jika tidak diindahkan baru ditutup sesuai ketentuan tokopedia. Hasil sidang MK aja ada peninjauan kembali kan ? ^^
    5. Setiap periode lakukan proses sweeping terhadap barang-barang yang dilarang untuk dijual. Saya banyak menemukan sex toys masih bertebaran di tokopedia. Kembali ke topik overload CS ?

    Demikian dari saya, cukup singkat kan ? ^^

  • Rezky

    Tokopedia keren…
    Tapi serasa ada yang kurang, ko nggak dibikin dalam aplikasi ios dan android

  • ayu hastaman

    TOKOPEDIA emang keren TOP BGT… :D

  • Ikut seneng n bangga
    Ya secara ga langsung tokopedia udah mengharumkan nama Indonesia

    Maju terus tokopedia

  • moury

    Saya sebagai seller, kalo boleh kasih saran, batas masuknya saldo setelah barang sampai kalo bisa 1 hari aja, jangan 4 hari, karena itu terlalu lama, dari nunggu barang sampai ke buyer saja sudah memakan waktu berhari-hari, buyer kebanyakan ga peduli kalo barang udah sampai, ga mau cepat-cepat klik konfirmasi terima barang, sementara modal harus cepat diputar, thanks.

  • Congrats to Tokopedia.. ^^

  • tokopedia makin mantap maju terus tokopedia

  • tokopedia memang paling mantap dan paling handal

  • herri

    Seller di tokped kok jarang yg memasang expedisi selain J*E ya…pdahal banyak opsi expedisi yg lebih murah dan cepet…..saran mohon di TOKPED seller di beri peraturan expedisi minimal 2 opsi..makasih….

    • toped seller

      pengalaman saya sebagai seller di tokopedia, buyernya pada malas konfirmasi, apalagi kalau dropship, padahal kalau misal kirim pake pos itu resinya kagak diupdate sama posnya, padahal udah diterima lamaaa, 2 mingguan baru diupdate sama posnya, trus ditambah 4 hari selesai otomatis, bayangin aja, jadi uangnya seller nyantol deh kagak dibayar-bayar, makanya rata2 seller milih pake jne aja, data cepet diupdate, buyer mau konfirmasi atau kagak yg penting dana cepat masuk.

  • robbie

    IMPRESSIVE!

  • Mantap,,tokopedia emang keren
    Maju terus dan sukses selalu buat TOKOPEDIA

  • Semoga makin mantab ;)

  • SAMSUL ARIFIN

    sipp maju terus tokopedia.aman berbelanja

  • encep wahyudin

    selamat yaaa… Padahal tanpa tambahan dana dari manapun kedepan toped tetep makin SUKSES kok..

  • good job tokopedia. klau di dunia nyata, tokopedia itu mall. yang menyediakan tempat untuk org melakukan jual beli. lanjutkan

  • bijianget

    ga ada fasilitas cod an ya?kalo by kirim2x kelamaan kayaknya

  • bambang

    banyak tuh 100 juta usd
    tapi kok konfirmasi pembayarannya masih lama juga, dalam arti kinerjanya masih sama aja gak bedanya

  • Supriyono

    selamat….saya bangga…semoga Tokopedia.com semakin sukses dan berjaya di dunia Internet Indonesia dan dunia….

  • Bagus sekali website tokopedia..modern style, dan artikel-artikelnya bagus2, semakin dalam..

  • Selamat buat tokopedia, semoga dengan ada suntikan dana menjadi lebih hebat :)

  • Saya Bangga dan merasa salut buat yang buat Tokopedia.com ini ….
    Pemiliknya akan menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia dan bahkan di Dunia, seperti pemilik alibaba yang berasal dari China itu lho ….

    Salut to tokopedia.com

  • kalau bisa kerjasama dengan dakota cargo juga okay tuh untuk pengiriman barang yg beratnya diatas 5KG..

  • Saya harap dengan investasi “super WOW” yg diterima oleh tokopedia mampu membawa tokopedia kearah yg lebih baik dan user frendly tentunya.

  • Wah, mantap nilai investasinya. kira2 ada pengaruh dari pak jokowi ndak ya…he he

  • Selamat atas kesuksesan tokpedia :)

  • Halo all,

    Kalau saya rasa yang paling penting fitur security di tambah seperti PIN token internet banking atau random security PIN, karena dimasa depan pasti akan banyak bermunculan hacker canggih seiring perkembangan teknologi.

  • shintong pandapotan

    Good luck tokopedia……,,,, smoga mkin sukses…..,,, n brg 2 nya tmbah ok jga… biar mkin bnyak yg belanja nya…..,,,,,,,,

  • DioN Gallery

    Tokopedia is the best, semoga selalu berkah berjualan disini ya aamiin

  • Dear prince William,

    Cihuuuy… keren bro ;D
    gue bangga akhirnya bisa masuk Tokopedia.com, situs jual beli paling TOP se-Indonesia. Situs universal yang khas Mantap nya.
    Hebat banget sih,bro… gue jadi terinspirasi nih untuk memiliki visi buat tokoku disini. Gue ngga mau ketinggalan di ajang pasar global yang pasti seru abis.
    Selamat yah bro buat 100Juta Dollar nya. Seratus juta Mimpi siap diraih. Uyeee \(^.^)/ …

    Gue juga punya saran lho buat Tokopedia suatu hari nanti bisa bekerjasama dengan perusahaan debit card Payoneer. hee hee…

    Salam Sukses,

    ^Phiyo^

  • ardhi

    dari awal saya menggunakan Tokopedia, saya suka sistem yang digunakan. sangat fair dan aman bagi penjual maupun pembeli.. salut buat Tokopedia. Sukses Mr. William T untuk investasi nya

  • Selamat ya tokopedia :)

  • Caesar Jonatan

    HORAS ANAK SIANTAR..!!!
    MANTAP..!!!

  • ChristinaOnlineStore

    Selamat untuk TOKOPEDIA,
    saya baru bergabung dan masih harus banyak belajar lagi :D
    tapi ‘visi 300 th kedepan’ membuat saya semakin bersemangat untuk memperkenalkan produk2 asli Indonesia ke mancanegara \^^/
    semoga Tokopedia semakin maju dan sukses terussssss :)
    kami tunggu terobosan2 terbarunya :)

  • ian

    dompet tokopedia yg paling keren.. rela nyimpenin kelebihan/pembatalan pembelian.. tanpa biaya tambahan.. LIMA JEMPOL buat TOKOPEDIA..

  • selamat Tokopedia, semoga bisa semakin berjaya :D

  • kusasi

    pakai mandiri e cash lebih mudah dan cepat untuk pembayaran…

  • rio marlius

    TOKOPEDIA very..very..verryy good..

    okokokokkkkkokkkkk..
    :) :)
    “pertahankan”

  • ZOMA

    CARA DAPAT ITU CAPTCHA GIMANA

  • Aku sudah punya akun tokopedia lumayan lama , tapi untuk menjadi seller baru-baru aja .
    Sejauh ini baru kejual 2x , tapi lumayan deh daripada nggak ada .
    Sudah cukup puas juga , nggak dibebani persen” gitu , soalnya kemarin lalu ada seminar nya si rakuten , biaya jadi seller mahal amit :( klo websiite lain gak pernah coba cek , karena sudah pasti dibebani persen seperti agan” komen” itu ..

    Well , belum bisa ngasih masukan apa-apa karena masih newbie . Mungkin untuk fitur spesial nya yah kayak si tokobagus kita bisa bayar sekian untuk dipajang dengan title yang berbeda-beda selama beberapa hari . bayarnya sekian berapa hari .
    Klo ga salah ditokopedia ini ada , tapi musti upgrade merchant ya ?
    blm upgrade soalnya , mungkin kalau sudah laku banyak baru deh di upgrade :)

  • Mawang

    Didalam Islam, sebaik baik manusia, adalah mereka yang bermanfaat untuk orang lain.
    Dan Tokopedia telah menjembatani ratusan ribu, bahkan mungkin jutaan orang
    pembeli maupun penjual. Demikian tingginya nilai usaha yang selama ini telah ditempuh
    oleh para penggagas Tokopedia.
    Selamat berjuang. Semoga semakin baik. Bravo

  • Sukses Tokomedia

    Saya usulkan agar pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit , kalau pas rekening debit lagi kosong bisa tetap belanja

  • Riky Sunandi

    AYo buat aplikasi versi mobile nya minimal android & iOS lah. Semoga tambah keren lagi Tokopedia

  • selamat dan sukses lah untuk saudara-saudaraku semua, terlebih untuk “Tokopedia” . semoga kelancaran serta kesuksesan senantiasa mengiringi kita semua… amiin amiin Allahumma amiin,… saya menyimak diskusi-diskusi diatas… menarik sekali, dan saya yakin semua itu bertujuan untuk yang terbaik untuk semua stakehoulder… dan semoga kita semua semakin dapat berkembang dengan baik…

  • Selamat buat Tokopedia, smoga tambah sukses dan berjaya! Pembeli dan Penjual sama-sama diuntungkan!

  • okta

    testimoni yang penting….jgn hanya nyampai barang dpt bintang banyak tp tunjukan kolom testimoni penguna khusus untuk kesehatan n kecantikan…bukan testimoni yang barang nyampai cepat tp barang yg di jual itu sesuai apa g dgn keterangan yg penjual berikan…saran….

  • Saya sebagai seller, mau kasih pendapat, batas waktu masuknya saldo setelah barang sampai kalau bisa maximal 2 hari aja, jangan 4 hari, karena itu terlalu lama, dari nunggu barang sampai ke buyer saja sudah memakan waktu berhari-hari, buyer kebanyakan ga peduli kalau barang udah sampai, ga mau cepat-cepat klik konfirmasi terima barang, kadang saya sms minta di confirm orderan nya kalau udah terima paket buyer nya malah jawab “kalau sempet ya” atau lupa. sementara modal harus cepat diputar.
    dan saya mau kasih saran lagi, kalau bisa fitur penjualan di tambah update stok barang. jadi kalau misal barang udah laku stok barang terupdate otomatis berkurang, dan memudahkan pembeli utk tau stok barang masih ada atau tidak. trima kasih tokopedia.
    sukses selalu ya :)

  • rachel

    Congrats untuk Tokopedia, sukses terus yah..
    semoga Jd perusahaan yg membanggakan selalu.
    bertahun2 sy jd pelanggan Tokopedia, satu hal yang saya salutkan adalah sistem yang baik.
    Pengalaman paling berkesan, waktu saya bermasalah dengan salah satu toko online, sy memberikan bukti2 yang kuat dan Tokopedia mengembalikan uang saya.. terharu banget padahal hampir tidak punya harapan uang sy akan kembali,… but Thanks a lot!!!! admin tokopedia memihak kepada yg benar. sayang aja Tokonya tidak di tindak tegas malah dibiarkan, yah sudahlah, mudah2n ini bisa jadi pelajaran juga bagi yang lain agar tidak sembarangan konfirmasi barang kalo belom di buka dan benar2 yakin barang sudah lengkap….

    apapun itu menurt sy TOKOPEDIA d best…

  • keren.. sukses terus buat tokopedia ya…

  • ndak usah ada live chat, kan udah ada diskusi produk
    diskusi produk kan bisa di baca semua orang jadi penjual atau pembeli tidak perlu diribetkan dengan pertanyaan yang sama

  • maulana

    salam kenal teman-teman

  • semoga tokopedia bikin modul pembayaran seperti paypal tapi versi Indonesia … dan bisa digunakan di toko2 offline membernya .. wow!

  • Wah gila, Tokopedia memang merupakan contoh startup Indonesia yang sukses dalam membangun perusahaannya, mungkin dengan uang sebesar ini bisa dengan mudah mengalahkan pesaing, who knows ya !

    Sukses buat Tokopedia ke depannya :)

  • Sukses dan jayalah terus tokopedia

  • mantap…. impian yang besar akan selalu berdampak pada hasilnya yang besar juga… salam bisnis dari CEObisnis!

  • semoga tokopedia semakin besar,

  • Tokopedia emang TOP! Saya sangat terbantu sekali dengan toped. Cari suplier jadi makin mudah!

  • Salut samat Tokopedia. Maju terus hasil karya anak negeri!

  • Rina

    saya sudah melakukan pembayaran melalui transfer, tetapi tidak tau cara konfirmasi pembayarannya. tolong dibantu donk. soalnya tidak ada menu inbox untuk melakukan konfirmasi pembayaran dan tidak ada email masuk untuk konfirmasi pembayaranya.

  • weyy mantap 100 juta dolar oke klo dikalikan rupiah brapa ya ??

    mungkin angka 0 nya ga cukup di caculator saya , kwkwkwkwkw

  • Kenapa web tokopedia sering error ” Maaf, saat ini tokopedia sedang kepenuhan pengunjung,…”
    dan ini bukan kali pertama bagi saya sebagai seller. Calon pembeli juga sering mengeluhkan hal ini, yang berakhir tidak jadi beli produk. ada juga yang mau transaksi langsung.

    Dengan adanya 100juta dolar harusnya hal ini tidak perlu terjadi, bisnis online sangat tergantung sama infrastruktur IT yang handal dan cepat. karena pembeli online paling tidak loyal.

    Dan apakah dengan daftar menjadi gold member hal ini bisa teratasi?

    Terima Kasih,
    Johan

  • evita yuliana

    Tadi kan saya transfer
    Saya lihat 147000 jumlahnya jadi saya transfer segitu juga
    Tapi kenapa muncul kode unik dan melebihi dari yg saya transfer tadi tiba tiba setiap saya buka tokopedianya selalu muncul emot menangis dan mengatakan “tokopedia sedqqng maintenance, silakan coba beberapa saat lagi”
    Selalu muncul kata peringatan seperti itu alhadil tokopedia saya eror
    Bagaimanaa solusinya? Tolong bantu:)

  • Min sy mau tanya knp no resi jne saya ga kdaftar ya,mohon penjelasannya

  • Maju terus deh buat Tokopedia ke depannya dan buat kantor barunya juga :)

  • sukses terus buat tokopedia, sangat membantu jualan saya..

  • Mantap Gan, Ditunggu masuk ke Pasar Internasionalnya, Kami siap membantu dengan mempromosikan Tokopedia kepada seluruh Masyarakat Indonesia.

  • rivo

    bagi info gan: gimana ya caranya join jasa cargo di toko pedia. seperti tiki,jne dll . harus hub siapa kemana dan dimana? mohon infonya gan. .terima kasih. .

  • Selamat buat TokoPedia, Semoga bisa mengikuti jejak TokoPedia yang Sukses, Amin :)

  • nina

    min…ada sedikit masukan nih…:)
    – bisakah di setiap produk bisa terdiri dari beberapa harga pilihan untuk para pembeli
    supaya kita tidak repot mengganti harga lagi atau menambah produk yang sama dengan harga yang beda

    contoh seperti harga sprei kan setiap ukuran beda beda harganya dan yang lainnya juga pasti setuju kalau di adakan fitur itu…hehehee, semoga dibuat fiturnya :)

    thanks min, congratz buat tokopedia

    • Halo Nina. Terima kasih untuk masukannya, akan kami pertimbangkan :D

  • yudha

    Kalo boleh saya kasih masukan..
    1 – ada fitur sms pemberitahuan kepenjual bahwa ada order masuk,ada diskusi produk baru,dan barang sudah ditrima customer.
    Utk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan kecalon pembeli
    2 – tokped membuat warehouse seperti tokosebelah, produk yg dijual harus original dan terbatas (dlm jumlah) kalo kebanyakan kasian penjual lainnya(hanya untuk menarik konsumen supaya sering berkunjung)
    3 – diberikan reward kepada pembeli yg telah lama menjadi pelanggan setia, atau telah banyak melakukan transaksi ditokped ( misalnya voucer diskon, promo spesial)
    4 – diberikan kado spesial pada hari spesial member (ulang tahun) dlm bentuk promo atau merchandise tertentu untuk menunjukan loyalitas tokped pada member setianya
    Sepertinya cukup itu dulu, semoga dipertimbangkan..

  • Selamat untuk tokopedia semoga menjadi yang terbaik. maju terus pantang mundur :)

  • arief krisna dana putra

    sukses terus Tokopedia,,, besar harapan saya sebagai seller bisa semakin tumbuh pesat bisnis kami dan tentunya juga ekonomi indonesia dan bisa masuk ke pasar global dengan mudah bersama Tokopedia yang telah banyak memberi kemudahan dalam melakukan transaksi jual beli antara seller dan buyer.

  • Saya sangat terbantu sekali dengan tokopedia, cari suplier semakin mudah!
    Sukses selalu untuk Tokopedia

  • Besar banget tuh biaya investasinya
    sukses terus buat Tokopedia

  • sungguh hebat sekali tokopedia bisa mendapatkan invesati yang begitu besar. mudah2an makni berkembang.

  • Tokopedia adalah sebuah perusahaan internet, yang membantu orang lain melakukan e-commerce dengan mudah dan aman (Visi yg sgt brilian). Aman kata kunci yg tdk mudah. Kasus hilangnya uang sy 1,5jt dr akun toped tdk sepenuhnya kesalahan sy, keterlambatan notifikasi penolakan dan refund serta informasi cs ikut berperan juga. Hal ini sepatutnya menjadi bhn evaluasi utk perbaikan, namun toped dgn mudahnya lepas tangan dgn menyarankan lapor ke polisi. Kronologi sdh sy sampaikan dgn runtut, ada rekaman pembicaraan dgn cs 2x. Sy sdh inform ke mas william tanuwijaya (ceo toped) dan mas leontinus via twitter dan jg mas patrick cao via linkedin dan email, tdk ada tanggapan berarti. Mereka decision maker, mana tanggungjawabnya? Semoga TUHAN memberkati mereka…aamiin