computercenter

Tips Internetan Aman

Internet sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi kehidupan banyak orang. Dari bersosialisasi, mendapatkan berita, hingga berbelanja, semua bisa diakses melalui Internet. Karena itu akun-akun yang kamu miliki menjadi penting dan perlu dilindungi. Berikut beberapa tips dari kami, agar kegiatan berinternet kamu menjadi lebih aman dan nyaman.

1. Gunakan password yang kuat

Salah satu kriteria penting keamanan sebuah password adalah jumlah karakternya, semakin panjang semakin bagus. Takut lupa dengan password yang panjang? Salah satu tips yang bisa kamu pakai adalah menggunakan sebuah kalimat sebagai password kamu. Contoh: “Kuda saya tenaga surya”. Contoh password ini memiliki jumlah 22 karakter. Lebih sulit untuk ditebak komputer, namun mudah untuk diingat manusia. Kombinasikan dengan angka, huruf kapital, tanda baca, dan bisa juga dicampur dengan bahasa lain jika ingin password kamu lebih aman lagi.

Alangkah baiknya juga jika kamu memiliki password yang berbeda untuk akun-akun krusial kamu, seperti email, dari akun-akun yang lain seperti akun forum, dsb. Kamu bisa menggunakan program password manager seperti KeePass atau mSecure dalam mengelola akun dan password kamu secara aman.

2. Selalu pastikan alamat situs yang kamu kunjungi adalah benar.

Jangan selalu percaya dengan link / email yang menyuruh kamu untuk mengunjungi website yang sepertinya benar, namun jika diperhatikan mungkin alamat websitenya ternyata tidak sama dengan alamat website yang seharusnya. Jangan pula sembarangan menginstall program/aplikasi apapun yang tidak kamu kenali.

3. Pastikan akun email kamu betul betul aman

Hampir semua website menggunakan email untuk membuat akun. Pastikan email yang digunakan aman. Jangan log-in dari sembarang komputer, berhati-hati dalam menggunakan jaringan wi-fi umum terbuka dan jangan lupa untuk log-out jika sudah tidak menggunakan akun kamu. Aktifkan fitur keamanan ekstra jika tersedia (lihat tips berikut)

4. Gunakan fitur-fitur keamanan ekstra jika tersedia.

Beberapa situs memberikan fitur ekstra guna meningkatkan keamanan akun kamu. Contohnya:

a. Nyalakan selalu Secure browsing (HTTPS)
Website seperti Facebook dan Gmail, memiliki opsi untuk selalu mengaktifkan secure browsing dari menu mereka. Aktifkan secure browsing jika kamu sering mengakses akun kamu dari jaringan wi-fi publik terbuka, karena wi-fi seperti itu rentan terhadap serangan spoofing.

b. Verifikasi 2 langkah / 2-step verification.
Verifikasi 2 langkah adalah tingkat keamanan ekstra, yaitu untuk melakukan login ke sebuah akun, pengguna harus menggunakan kode kedua yang biasa dikirimkan melalui sms/email atau dihasilkan oleh token/aplikasi penghasil kode, selain password utama. Salah satu contoh aplikasi yang dimaksud adalah Google Authenticator, yang digunakan untuk menghasilkan kode keamanan lapis kedua di luar password kamu untuk bisa mengakses akun Google kamu.

5. Jangan lupa untuk senantiasa memperbaharui anti-virus kamu.

Para hacker selalu mengembangkan cara baru untuk melakukan hal hal yang tidak bertanggung jawab. Selalu perbaharui anti-virus kamu untuk meminimalisasi kemungkinan akun kamu diambil-alih dengan menggunakan virus, trojan atau spyware.

Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu dalam meningkatkan keamanan, agar akun-akun penting kamu tidak mudah diakses oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Artikel Terkait