mutiarafeature

Hafid Wahyudi: Hikmah Berpuasa & Manfaat Kurma

Bulan Ramadan adalah bulan yang tepat untuk melatih dan memperbaiki segala hal dalam hidup kita, khususnya umat Muslim yang menjalankannya, mulai dari kesabaran, keimanan, hingga nutrisi tubuh.

Berbicara mengenai nutrisi tubuh, sudah pasti banyak sekali yang perlu diperhatikan selama bulan puasa ini, agar tubuh tetap segar, dan aktivitas tetap berjalan dengan baik. Untuk itu, agar Tokopediawan sekalian tetap berada dalam kondisi prima hingga perayaan hari kemenangan nanti, bulan ini Tokopedia mau membahas lebih jauh mengenai hikmah berpuasa, melalui sosok Hafid Wahyudi, salah satu penjual di Tokopedia yang sangat religius dan memiliki berbagai tips seputar puasa.

Siapa sih beliau? Nah, buat yang suka berbelanja produk kesehatan herbal di Tokopedia, pasti tau toko yang namanya Mutiara Herbal. Nah, beliau adalah pemilik toko tersebut. Banyak sekali produk-produk kesehatan berbahan dasar alami tersedia di sana, mulai dari sari kurma, minyak zaitun, hingga suplemen kesehatan. Gak hanya itu, pria yang sudah berkeluarga dan dikaruniai 3 anak yang lucu-lucu ini juga akan berbagi ilmu seputar buah kurma yang naik daun setiap bulan Ramadan.

Apa produk terlaris di toko Anda?
Dari sekian produk yang saya jual, ternyata jahe merah yang paling banyak dibeli. Fungsi jahe ini untuk menghangatkan tubuh, menghilangkan masuk angin, atau mengobati flu. Saya biasa minum jahe ketika tubuh sedang tidak fit.

Dari mana mengenal Tokopedia?
Saya mengikuti sebuah milis pengusaha. Lalu di sana ada yang memberitahukan adanya toko online gratis bernama tokopedia.com

Apa kelebihan Tokopedia menurut Anda?
Tampilannya menarik dan kita dapat menampilkan foto produk lebih dari satu buah dengan deskripsi yang cukup lengkap.

Sejak kapan berbisnis online?
Pada awalnya saya berbisnis hanya di dunia nyata. Kemudian pada Mei 2010 barulah mulai merambah ke dunia maya, baik melalui jejaring sosial maupun Tokopedia.

Ada profesi lain selain berbisnis online?
Saya memiliki lembaga les privat bernama Mutiara Ilmu. Saya memimpin dan mengelola lembaga ini sejak tahun 2004. Murid-murid lesnya tersebar di wilayah Jakarta Timur, Pusat, Selatan, dan sekitar Depok. Saya juga ikut mengajar beberapa murid les tersebut.

Apa yang memicu ketertarikan terhadap bisnis yang tengah dijalani?
Ketertarikan saya terhadap bisnis herbal ini dilandasi oleh niat untuk sehat dengan kembali kepada alam. Awalnya saya mengonsumsi obat-obatan herbal untuk menyehatkan badan saya, di antaranya meminum madu, habbatussauda dan sari kurma. Dengan mengkonsumsi herbal ini Insya Alloh racun-racun yang ada di dalam tubuh dapat keluar.

Apa saja manfaat kurma menurut Anda?
Sepengetahuan saya, kurma bermanfaat sebagai sumber energi karena kandungan glukosanya sangat tinggi. Selain itu, kurma juga berkhasiat melancarkan metabolisme tubuh karena kandungan gula, lemak, dan vitaminnya. Cocok bagi para orang yang sedang diet. Kurma juga berguna untuk menyehatkan jantung dan melancarkan aliran darah, serta dapat menstabilkan tekanan darah. Dan yang sering digunakan adalah ketika terkena penyakit demam berdarah, kurma dapat meningkatkan kadar trombosit darah. Oh ya, ibu hamil dan menyusui juga sebaiknya mengonsumsi kurma.

Kapan sebaiknya kurma dikonsumsi?
Pada bulan puasa ini, saat berbuka adalah saat yang tepat untuk mengonsumsi kurma, karena kandungan glukosa dan zat-zat lainnya dapat menggantikan kalori yang terbuang selama berpuasa. Itulah sebabnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan untuk berbuka dengan buah kurma.

Bisa dijelaskan produk-produk apa saja yang berbahan dasar kurma, beserta fungsinya?
Produk yang paling banyak digunakan dengan bahan dasar kurma adalah sari kurma. Fungi utamanya adalah untuk meningkatkan trombosit bagi penderita demam berdarah. Selain itu juga baik dikonsumsi ibu hamil sebagai sumber nutrisi bagi janin dan menambah energi ketika melahirkan. Produk lainnya bisa ditemui sebagai cemilan ketika dipadukan dengan coklat.

Apa jenis kurma terbaik menurut Anda, dan dari mana asalnya?
Menurut saya kurma terbaik adalah kurma Ajwah yang berasal dari Madinah. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa pun yang pagi-pagi makan tujuh buah kurma ‘Ajwah, maka pada hari itu dia tidak mudah keracunan dan terserang penyakit.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Ada program atau rencana khusus selama Ramadan dan Lebaran?
Program khusus untuk Ramadan ini mungkin sama dengan kaum muslimin lainnya, yaitu mencari pahala sebanyak-banyaknya. Lebih memperbanyak ibadah. Untuk program toko, mungkin saya ingin memberikan hadiah untuk pembelian barang dengan jumlah tertentu, Juga menjual produk khusus ada Ramadan dan Hari Raya, seperti kurma, kacang mede, dan coklat.

Apa hikmah puasa menurut Anda?
Puasa itu adalah latihan buat kita umat manusia, khususnya umat Islam. Latihan sabar dalam menahan nafsu kita. Makan dan minum kan halal, namun ketika berpuasa, itu diharamkan. Juga menahan nafsu amarah, nafsu untuk membicarakan keburukan orang lain. Puasa juga akan menimbulkan empati kita terhadap sesama. Bagaimana rasanya orang yang lapar dan haus namun mereka tidak punya uang untuk membeli makanan dan minuman. Di sinilah kita dilatih untuk bersedekah kepada yang kekurangan. Dan yang terpenting, tujuan utama berpuasa adalah supaya kita bertaqwa kepada Alloh Subhanahu wa ta’ala.

Tips Berpuasa a la Mas Hafid

  • Usahakan sahur, karena ketika sahur Malaikat memintakan ampun untuk yang bersahur dan rahmat Alloh SWT juga diturunkan. Selain itu akan menguatkan tubuh. Makan sahur kira-kira 20 menit sebelum adzan subuh. Puasa dimulai ketika adzan subuh.
  • Makan buah dan sayur ketika sahur, untuk menyegarkan tubuh pada siang harinya.
  • Konsumsi madu atau sari kurma ketika sahur sebagai suplemen tambahan makanan.
  • Seimbangkan porsi antara karbohidrat dan protein ketika sahur.
  • Isi hari-hari puasa dengan ibadah seperti membaca Al Qur’an disela-sela waktu bekerja. Mungkin untuk yang bekerja di kantor dapat membaca pada waktu istirahat dan setelah pulang kerja.
  • Mulailah berbuka dengan yang manis. Ini untuk mengembalikan kesegaran dan nutrisi tubuh yang hilang.

Artikel Terkait