Ulang Tahun ke-3 Tokopedia

Dirgahayu Indonesia, Dirgahayu Tokopedia!

Hari ini, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-67, Tokopedia genap juga berusia 3 tahun. Tahun ke-3 ini menjadi tahun yang sangat baik bagi kami, berkat kesetiaan Tokopediawan terus menggunakan layanan kami dan memberikan masukan-masukan yang sangat berharga setiap harinya.

Semoga kami di PT. Tokopedia bisa terus menjaga momentum yang ada dan terus bertumbuh menjadi penyedia layanan mall online terbaik dan terbesar di Indonesia.

Tokopedia Awards 2012

Penganugrahan Tokopedia Awards 2012

Mulai tahun ke-3 ini, kami akan mulai tradisi tahunan dalam memberikan Tokopedia Awards baik kepada penjual maupun pembeli dalam berbagai kriteria, yang bisa dilihat daftar pemenangnya di Tokopedia Awards 2012.

Kebijakan Baru

Guna kenyamanan bersama dan demi bertumbuhnya industri e-commerce Indonesia ke arah yang positif sesuai dengan misi awal kami membangun Tokopedia, mulai September 2012 nanti kami akan menambahkan beberapa kebijakan baru dalam ketentuan upload produk:

1. Penutupan permanen kategori Adult.
Awalnya kami menyediakan kategori Adult dengan peraturan hanya bisa diakses oleh anggota terdaftar berusia 21 tahun ke atas, adalah dikarenakan kami menemukan merchant-merchant yang mengupload produk berupa alat penunjang vitalitas, obat kuat, dan sejenisnya. Awalnya karena keterbatasan team Tokopedia untuk melakukan filterisasi produk, kami menyediakan kanal khusus, agar para merchant yang menjual produk sejenis bisa mengupload produk di tempat yang tepat tanpa harus terlihat produknya kepada pengguna kami yang masih dibawah umur. Namun pada perkembangannya yang terjadi, banyak sekali produk sejenis yang diupload ke kategori yang tidak tepat. Oleh karenanya, menimbang kenyamanan bersama, mulai September 2012, Tokopedia tidak lagi mengizinkan penjualan produk sejenis, dan akan menutup secara permanen kategori Adult.

Kampanye Tokopedia Anti CD/DVD Bajakan

2. Kampanye Tokopedia Anti CD/DVD Bajakan.
Kami juga mendapati untuk kategori Software, Movies, Music, dan Games selama 3 tahun terakhir ini juga ramai diisi oleh CD/DVD Bajakan. Kami mengerti ada demand yang besar untuk hal ini di pasar Indonesia, namun kami di Tokopedia sepakat kami tidak akan menjadi tempat untuk melayani demand tersebut.

Pekerjaan Rumah Team Tokopedia ke depan

Selain beberapa perubahan kebijakan, dalam langkah kami berbenah lebih baik, pekerjaan utama yang paling kami prioritaskan saat ini adalah menambah beberapa server baru dan memastikan situs Tokopedia bisa semakin cepat dan stabil diakses oleh seluruh Tokopediawan. Kami berterima kasih sekali atas dukungan para Tokopediawan sehingga tingkat kunjungan situs kami meledak di tahun ke-3 ini, sekaligus memohon maaf atas seringnya situs kami harus menampilkan layar “Kasir sedang sibuk” karena lonjakan kunjungan tersebut. Jangan khawatir, PR ini akan segera kami bereskan segera!

Tokopedia Mobile Site

Di samping itu, sebelum akhir tahun ini juga kami menjanjikan akan meluncurkan mobile-site yang lebih keren dan baik dibanding mobile-site kami saat ini yang kami sadari sangat tertinggal dari versi web yang telah kami bangun. Target kami, akhir tahun ini, situs tokopedia mau diakses lewat BB, Android, maupun iPhone, akan terasa semakin menyenangkan. Mohon dukungan dan kesabarannya untuk hal ini :)

Akhir kata, mewakili jajaran direksi Tokopedia, saya mengucapkan terima kasih atas seluruh dukungan dari Tokopediawan selama 3 tahun terakhir ini, dan tidak lupa juga kepada seluruh investor Tokopedia dan khususnya kepada seluruh team Tokopedia yang saat ini sudah berjumlah 38 orang yang tidak kenal lelah bekerja-keras bersama-sama dalam visi kami membangun Indonesia lebih baik, lewat internet!

Dirgahayu Indonesia, Dirgahayu Tokopedia!

Artikel Terkait