liemfeatured

Lie Wie Liem: Melayani dengan Kasih

“Eben Haezer” dalam bahasa Ibrani artinya adalah “sampai di sini Tuhan menolong kita.” Ungkapan itulah yang akhirnya digunakan Bapak Lie Wie Liem sebagai nama toko onlinenya yang menjual berbagai gadget masakini, dan semangat itu pula yang akhirnya mengantarkan bapak 2 anak ini ke gerbang kesuksesan di Tokopedia, sebagai salah satu penjual terfavorit.

Ya. untuk edisi bulan Juli ini kami menghadirkan profil toko ponsel terpercaya di Tokopedia tersebut, yang memiliki motto “serving with love”, alias melayani dengan kasih. Mungkin kita sudah sering melihat penampakan nama “Eben Haezer” di Tokopedia, namun tidak banyak yang mengetahui sosok di baliknya.

Apabila selama ini kita menganggap sosok bapak-bapak itu adalah sosok yang kuno, gaptek, dan cenderung keras kepala, dapat dipastikan hal-hal tersebut tidak akan ditemukan pada Pak Liem. Sebagai pemilik toko ponsel online yang sukses, lulusan S1 teknik elektro salah satu universitas di Jerman ini telah memiliki segudang pengalaman dalam bidang teknik informatika. Bahkan beliau mengaku, waktu luangnya kadang digunakan untuk bersosialisasi di dunia maya. Gaul yah bapak yang satu ini?

Oh ya, melalui artikel ini Pak Liem juga turut memberikan sejumlah tips agar tidak mudah tertipu dengan toko-toko ponsel online fiktif yang kerap muncul belakangan ini. Pastinya pada tertarik dong?

Lim Wie Liem, pemilik Eben Haezer Net

Sejak kapan Pak Liem memulai bisnis onlinenya?
Eben Haezer resmi hadir di Tokopedia mulai Maret 2011.

Sebelumnya telah memiliki pengalaman bekerja/berbisnis?
Eben Haezer Net sebelumnya didirikan di salah satu pusat perbelanjaan ponsel di Jakarta pada tahun 2005 yang menyediakan ponsel, aksesoris, dan kartu perdana secara eceran dan grosir. Sebelum itu saya juga memiliki beberapa pengalaman kerja di bank, perusahaan lelang, dan IT Management & Consultant.

Lalu untuk saat ini ada profesi lain selain menangani Eben Haezer?
Saat ini saya juga berprofesi sebagai IT freelance dan konsultan manajemen bisnis.

Ada misi atau tujuan khusus didirikannya bisnis ini?
Menjadi perusahaan yang sukses dalam pengembangan produk dan jaringannya, sehingga dapat meningkatkan penjualan dan pendapatannya secara berkesinambungan, yang pada suatu hari dapat digunakan untuk kemuliaan Tuhan.

Apa saja menurut Anda yang menjadi tantangan dalam berjualan ponsel secara online, bila dibandingkan dengan jualan ponsel melalui toko?
Tantangannya adalah kita harus mampu membangun kredibilitas yang kita tahu selalu menjadi bahan pertimbangan keputusan untuk membeli dan tentu sangat sulit untuk membangun kepercayaan di dunia maya, karena pelanggan tidak dapat melihat kita dan ponsel yang kita jual secara nyata. Solusinya, kita harus mampu dengan cepat menawarkan ponsel-ponsel terbaru dengan harga terbaik dan deskripsi yang lengkap dan akurat serta bergaransi resmi. Selain itu tantangan yg terberat adalah ketersediaan stok.

Untuk sistem operasi smartphone yang sedang naik daun belakangan ini, iOS, Android, BlackBerry, maupun Windows Mobile, apa yang menurut Anda terbaik? Mengapa?
Saya secara pribadi menilai OS Android yang memiliki masa depan terbaik karena mereka memiliki system yang terbuka yang memungkinkan setiap individu maupun organisasi dapat mengembangkan aplikasi yang baik untuk OS tersebut. Hardware secanggih apapun bila tak ada dukungan software yang menunjang tak akan berguna. Di sinilah letak kelebihan OS Android dengan sistem terbukanya.

Apa sistem operasi smartphone saat ini yang masih menjadi nomor 1 dipilih pelanggan?
Mungkin secara umum masih Blackberry OS. Tetapi Eben Haezer Net lebih banyak menjual smartphone Android pada saat ini.

Apa tipe dan merek ponsel yang jadi nomor 1 saat ini menurut data transaksi Anda?
Tablet IMO Tab X3 dan Z3, Nokia X1-01

Apakah produk-produk Anda bergaransi resmi?
Kami memang hanya menjual produk2 100% baru dan bergaransi resmi dari Authorized Distributors

Dengan maraknya penjualan smartphone belakangan ini dan persaingan harga yang ada, apa saja kiat-kiat Anda untuk tetap didatangi pelanggan?
Di Tokopedia (online) khususnya, kami akan selalu memberikan harga yang sangat bersaing, pelayanan yang penuh kasih, produk bergaransi resmi yang berkualitas, dan memberikan solusi yang dapat memenuhi bahkan melebihi kebutuhan dan harapan pelanggan.

Apa kelebihan Tokopedia menurut Pak Liem?
Tokopedia memiliki sistem dan prosedur yang baik dan baku. Yang paling terasa adalah kecekatan team tokopedia dalam merespon pesanan dan pembayaran dari para pembeli maupun ke pemilik toko. Selain itu sampai saat ini tokopedia selalu melakukan perbaikan maupun peningkatan layanan untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggannya.

Bisa dibagikan tips berjualan online untuk sesama penjual?
Karena sulitnya membangun kredibilitas, maka jangan cepat putus asa. Harus tekun dan berusaha terus untuk membangun kredibilitas yang diperlukan dan selalu memberikan pelayanan yang cepat, prima dan harus 100% jujur dalam berjualan online.

Tips menghindari penipuan toko-toko ponsel online fiktif

Berikut beberapa tips dari Pak Liem untuk para pembeli ponsel agar tidak mudah tertipu dengan toko-toko online fiktif yang belakangan ini marak muncul.

1. Jangan pernah langsung tergiur dengan harga super murah.
Banyak sekali pembeli yang tertipu karena tergiur dengan harga yang sangat murah. Apabila mendapati toko yang menawarkan harga sangat murah dan meminta pembeli untuk mentransfer dahulu uangnya, lebih baik hal ini dihindari. Jika ada yang menawarkan harga murah di Tokopedia namun tidak memiliki toko di Tokopedia, lebih baik langsung lupakan penawarannya dan jangan coba-coba untuk membeli.

2. Belilah dari toko online yang telah memiliki reputasi yang tidak perlu diragukan lagi.
Pembeli dapat mempelajari review-review yang sudah diberikan pembeli sebelumnya untuk toko tersebut. Tokopedia telah menyediakan fasilitas untuk para pembeli bertanya sebelum membeli dan memberikan review setelah membeli. Semakin banyak review yang baik yang telah diperoleh, tentu semakin aman belanja di toko tersebut. Eben Haezer Net, sampai saat ini telah memperoleh 600 review yang diberikan oleh sekitar 400 pelanggannya.

3. Belilah dari toko yang hanya menjual gadget bergaransi resmi, sehingga pelayanan dan kualitas barangnya terjamin.
Untuk barang dengan kondisi BM, rekondisi, replika, second, tentu harga dan kualitasnya susah sekali diketahui dan dibandingkan.

Terakhir, juga dianjurkan untuk membeli melalui Tokopedia, karena pembayaran dilakukan melalui rekening Tokopedia. Dana baru akan diteruskan kepada penjual apabila pembeli telah menerima barangnya dengan baik dan sesuai pesanannya.

Artikel Terkait