mobile

Tips Fitur Baru Katalog Produk

July 3, 2012 11:49 am / By / 16 Comments

Apa itu Katalog?

Katalog adalah fasilitas terbaru Tokopedia yang menyajikan halaman terpusat produk-produk yang ada untuk pengalaman berbelanja yang lebih baik.

Pada halaman katalog, semua produk serupa akan dikumpulkan menjadi satu (untuk sekarang sistem katalog baru tersedia di kategori mobile phone dan beberapa kategori komputer).

Apa keuntungan katalog untuk pembeli?

Dengan adanya katalog ini, para pembeli dapat lebih mudah mendapatkan info produk dan memilih produk yang diinginkan sesuai dengan kriteria yang bisa ditentukan sendiri.

Pada halaman utama katalog Mobile Phone sebagai contoh, pembeli bisa memilah katalog berdasarkan merk, tipe sistem operasi, model, dan fitur yang diinginkan. Pembeli juga bisa menentukan rentang harga sesuai dengan bujet pembeli.

Setelah memilih, kamu akan diantarkan masuk ke dalam katalog produk tersebut untuk mendapatkan info lebih lengkap dari produk tersebut; dari spesifikasi, harga pasaran (jika data tersedia), dan tentunya daftar toko-toko di Tokopedia yang menjual produk tersebut.

Di halaman ini, pembeli bisa lebih lanjut memilih toko berdasarkan:
1. Kondisi produk (baru atau bekas)
2. Lokasi toko (sesuai dengan lokasi pengiriman toko)
3. Lokasi terdekat dari alamat yang sudah dimasukkan ke dalam daftar alamat pengiriman pembeli.
4. Menentukan urutan produk berdasarkan jumlah pembelian / rating produk / harga dari yang paling murah / harga dari yang paling mahal.

Dengan adanya fitur filter pada katalog produk, pengalaman berbelanja tentunya akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Apa keuntungan katalog untuk penjual?

Keuntungan utama adalah, barang-barang jualan kamu akan lebih mudah untuk dicari oleh para calon pembeli. Selain itu juga kemudahan menambah barang dari katalog ke dalam etalase toko kamu di Tokopedia.

Caranya mudah, cukup berkunjung ke halaman katalog produk yang bersangkutan, dan klik tombol “Jual”.

Pada halaman pop-up cukup tambahkan data-data penting seperti harga dan berat kemasan, dan otomatis produk tersebut akan muncul di etalase toko kamu, yang secara otomatis juga masuk ke daftar penjual di katalog produk tersebut.

Beberapa hal yang harus diperhatikan:
- Katalog hanya berlaku untuk produk produk Orisinil. Harap tidak memasukkan produk-produk tiruan ke dalam katalog produk. Kami akan memoderasi para penjual yang melanggar ketentuan ini.
- Saat menambahkan produk baru ke dalam katalog, harap diperiksa ulang agar produk tidak dimasukkan ke dalam katalog yang keliru.
- Beberapa produk memiliki varian tertentu, seperti kapasitas memory internal. Pastikan untuk memilih katalog yang tepat.
- Pastikan juga untuk menentukan status produk dengan benar (barang baru atau bekas)

Demikian penjelasan singkat mengenai fitur Katalog di Tokopedia. Semoga bermanfaat :)

 

 


Share Artikel


THERE ARE 16 COMMENTS

  • makin mantap :) semoga cepet merambah ke kategori yang lain
    kalau bisa fasilitas pembayaran user juga semakin variatif, seperti pembayaran menggunakan CC :)

    Lanjutkan !!!!!

  • hebaaaatttt!!!!!! salut n top banget deh tokopedia….bikin juga dong buat katagory healt n skincare beauty, agar para pembeli lebih terarah dan tau produk yang original dan yang palsu….kami dukung 100%

  • Sekarang Tokopedia makin rapih dan fiturnya juga jadi lengkap dan mudah diatur atur.. suka banget, thanks Tokopedia

  • Laurent

    kalo bisa jenis pengiriman nya juga ditambah ,seperti TIKI. Karena JNE disini lama banget pelayanan nya dan juga kurir nya usil banget ..

  • Saya dukung Mbak Laurent, Tokopedia ada penambahan fitur Jasa Kurir selain JNE, TIKI, POS Indonesia sehingga ada alternatif buat temen2 yang jauh dari Kota.

  • Budiman A.S

    Selangkah lebih maju. Saya suka Tokopedia … lengkapi dengan barang tehnik. Sering perlu … dicari tidak ada.

  • Ui

    Mantap,inovasi tiada henti !
    Bener kata yang diatas ane,pilihan kurir pengiriman ditambah,agar konsumen lebih bebas memilih harga dan kurirnya. di setiap toko ditambah kolom free HTML bagus jg lho..:D.
    Sukses terus tokopedia..

  • donna

    saya sangat puas dengan toko pedia,,,lewat tokopedia ,ga ragu belanja online,,,, :) semangat

  • helda

    bukan hanya tiki n jne ..pos expres juga karena bisa sampai ke pelosok kan sekarang semua expedisi bisa di cek di internet dan sekarang internet sdh merambah samapi ke pelosok ….

  • emang makin mantap ini tokopedia, saya sering belanja di tokopedia loooo
    trus saya jg ada buka lapak di toko pedia jg sich….

    http://www.tokopedia.com/belva

  • Yunus Hertasning

    Tokopedia makin top aja,karena buyer and selling percaya kridibilitas yang dibangun tokopedia dengan sistemnya. Saat ini banyak toko online bodol yg menawarkan barang dgn harga miring,setelah transaksi barang ngak ada uang habis.

  • Tokopedia… makin mak nyus…..

  • setuju banget tu dengan ide sista di atas untuk katagory healt n skincare beauty dan yg penting bagi konsumen, penjual yg jujur , menjual barang ori dengan harga murah atau pantas,

  • kalau bisa semua penjual ,memberi keterangan yg rinci megenai produk , made in mana , expired sampai kapan POM nomor berapa dll.
    kadang penjual tidak komunikatif , engan menjawab pertanyaan. pembeli kan maunya dapat penjelasan yg rinci mengenai barang yg mau di beli, biar puas setelah barang di terima. terima kasih

  • Macem Macem

    emang tokopedia no 1 dah dibanding dengan yang lain,,tapi sayangnya partnernya kurang kuat tuh dari segi pengirimannya dengan menggunakan JNE,,adehh lama banget prosesnya,,jadi kan ke konsumen kesannya sellernya yang lama padahal dari si kurirnya yang lama,,tokped di tambahin dong partner kurirnya,,thanks

  • salut deh….acungan jempol bwt tim TOPED…ini yg kami tunggu2 semoga cepet2 bisa merambah ke produk lainnya…sukses :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>