mobile

Tips Fitur Baru Katalog Produk

Apa itu Katalog?

Katalog adalah fasilitas terbaru Tokopedia yang menyajikan halaman terpusat produk-produk yang ada untuk pengalaman berbelanja yang lebih baik.

Pada halaman katalog, semua produk serupa akan dikumpulkan menjadi satu (untuk sekarang sistem katalog baru tersedia di kategori mobile phone dan beberapa kategori komputer).

Apa keuntungan katalog untuk pembeli?

Dengan adanya katalog ini, para pembeli dapat lebih mudah mendapatkan info produk dan memilih produk yang diinginkan sesuai dengan kriteria yang bisa ditentukan sendiri.

Pada halaman utama katalog Mobile Phone sebagai contoh, pembeli bisa memilah katalog berdasarkan merk, tipe sistem operasi, model, dan fitur yang diinginkan. Pembeli juga bisa menentukan rentang harga sesuai dengan bujet pembeli.

Setelah memilih, kamu akan diantarkan masuk ke dalam katalog produk tersebut untuk mendapatkan info lebih lengkap dari produk tersebut; dari spesifikasi, harga pasaran (jika data tersedia), dan tentunya daftar toko-toko di Tokopedia yang menjual produk tersebut.

Di halaman ini, pembeli bisa lebih lanjut memilih toko berdasarkan:
1. Kondisi produk (baru atau bekas)
2. Lokasi toko (sesuai dengan lokasi pengiriman toko)
3. Lokasi terdekat dari alamat yang sudah dimasukkan ke dalam daftar alamat pengiriman pembeli.
4. Menentukan urutan produk berdasarkan jumlah pembelian / rating produk / harga dari yang paling murah / harga dari yang paling mahal.

Dengan adanya fitur filter pada katalog produk, pengalaman berbelanja tentunya akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Apa keuntungan katalog untuk penjual?

Keuntungan utama adalah, barang-barang jualan kamu akan lebih mudah untuk dicari oleh para calon pembeli. Selain itu juga kemudahan menambah barang dari katalog ke dalam etalase toko kamu di Tokopedia.

Caranya mudah, cukup berkunjung ke halaman katalog produk yang bersangkutan, dan klik tombol “Jual”.

Pada halaman pop-up cukup tambahkan data-data penting seperti harga dan berat kemasan, dan otomatis produk tersebut akan muncul di etalase toko kamu, yang secara otomatis juga masuk ke daftar penjual di katalog produk tersebut.

Beberapa hal yang harus diperhatikan:
- Katalog hanya berlaku untuk produk produk Orisinil. Harap tidak memasukkan produk-produk tiruan ke dalam katalog produk. Kami akan memoderasi para penjual yang melanggar ketentuan ini.
- Saat menambahkan produk baru ke dalam katalog, harap diperiksa ulang agar produk tidak dimasukkan ke dalam katalog yang keliru.
- Beberapa produk memiliki varian tertentu, seperti kapasitas memory internal. Pastikan untuk memilih katalog yang tepat.
- Pastikan juga untuk menentukan status produk dengan benar (barang baru atau bekas)

Demikian penjelasan singkat mengenai fitur Katalog di Tokopedia. Semoga bermanfaat :)

 

 

Artikel Terkait