feature

Donny Kriscahyadi: Sang ‘Pemulung’ Intelek

Hari buku sedunia yang diperingati bulan April lalu rupanya membuat kami sadar akan pentingnya kegiatan membaca untuk membuka wawasan kita semua. Apalagi kebiasaan membaca di Tanah Air kita ini terbukti masih sangat minim.

Sehubungan dengan Hari Pendidikan Nasional juga yang jatuh pada tanggal 2 Mei, kali ini Tokopedia mengangkat profil Donny Kriscahyadi. Lho, siapa dia? Bagi yang belum kenal, dia adalah penggemar komik silat klasik dan pemilik Planet Buku, salah satu toko laris di Tokopedia yang menjual buku-buku langka dan unik yang gak mungkin kamu temukan di toko-toko buku konvensional bergengsi manapun.

Judul di atas pun kami buat bukan untuk meremehkan narasumber. Justru karena kami salut dengan pekerjaan para pemulung yang mampu membuat sesuatu menjadi lebih baik, julukan tersebut diberikan sebagai bentuk penghargaan kami kepada Mas Donny yang mengaku gemar mengunjungi pasar loak untuk koleksi buku-buku langkanya dengan harapan membantu meningkatkan minat baca penduduk Indonesia.

Ingin tau lebih banyak mengenai pria beranak dua yang juga bercita-cita menjadi penulis lagu ini beserta kegemaran uniknya itu? Mari kita mulai kegiatan membaca hari ini melalui liputan berikut.

Apa pekerjaan sehari-hari selain bisnis buku langka ini?
Pegawai di sebuah perusahaan swasta di Jakarta.

Biasanya waktu luang ngapain aja nih Mas?
Bermain dengan anak-anak saya, menulis.. saya bercita-cita menjadi penulis dan penulis lagu, lalu mengunjungi pasar-pasar loak untuk mencari barang-barang unik.

Ada bentuk dukungan khusus dari sang istri untuk kegemaran Mas Donny ini?
Istri saya selalu mendukung dan mendoakan. Selain itu juga memberikan kelonggaran waktu untuk hunting di hari libur sembari sesekali ikut serta bersama anak-anak. Lantai atas rumah saya juga direlakan untuk buku-buku dan temuan-temuan saya itu haha..

Sudah sejak kapan hobi membaca dan mengumpulkan buku-buku langka?
Sejak kecil. Sejak SMP saya juga sudah bepergian sendiri naik bus untuk mencari komik-komik silat yang tidak dijual di toko-toko buku ternama.

Hingga saat ini, dari mana aja buku-buku langka koleksi Mas Donny didapatkan?
Di beberapa sudut Jakarta, pasar-pasar loaknya, dan beberapa kota di Jawa pada saat dinas luar kota saya.

Siapa pengarang favorit Mas Donny dan apa aja karya-karyanya yang disukai?
Penulis favorit saya adalah Pramoedya Ananta Toer dengan Tetralogi Bumi Manusia. Lalu Ganes TH melalui komik legendarisnya Si Buta Dari Goa Hantu dan Ayu Utami dengan novel Saman.

Menurut Mas Donny, bagaimana perkembangan dunia sastra Indonesia saat ini?
Sangat baik. Saat ini sastra tidak lagi dipandang sebagai karya tulis yang berat, serius, dan dengan kemasan buku yang suram. Sastra sudah dapat diterima oleh segala kalangan dan usia. Bahkan buku-buku sastra lama dikemas ulang dengan kemasan masa kini. Terlebih makin banyaknya penulis-penulis muda seperti Ayu Utami, Dewi Lestari dan Eka Kurniawan dengan karya-karyanya yang luar biasa.

Lalu bagaimana dengan minat membaca masyarakat Indonesia saat ini?
Menurut saya masih stagnan seperti dulu, karena mahalnya harga buku baru.

Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi rendahnya minat baca tersebut?
Tentu saja harga buku harus murah. Penerbit harus memberikan pilihan harga kepada pembaca, seperti membeli paket di restoran cepat saji, ada small, medium, atau large haha.. Saat ini jamannya produk murah. Restoran saja bisa memberikan burger dan kentang goreng seharga 5 ribu, masa buku tidak bisa?

Apakah perkembangan eBook yang mulai menjamur saat ini sudah mampu menggeser posisi buku fisik?
Sudah mulai bisa menggeser, apalagi jika media seperti iPad atau Kindle bisa semurah ponsel Cina. Penyedia eBook sendiri sudah banyak sekali, baik yang resmi maupun ilegal. Namun untuk buku antik, saya yakin tidak akan bisa tergeser, karena terdapat nilai nostalgila dan aroma buku yang sangat berkesan untuk para kolektor.

Bagaimana menurut Mas efektivitas adaptasi film terhadap karya-karya tulis saat ini?
Belum optimal. Seringkali tidak sama dengan isi buku. Contohnya Laskar Pelangi, banyak hal fantastis di buku yang tidak dituangkan ke dalam film. Saya juga pernah merasakan kekecewaan pada tahun 91 ketika nonton Bangkitnya Si Mata Malaikat seri Si Buta Dari Goa Hantu, jauh sekali dari komiknya.

Apa biasanya buku yang paling dicari para Tokopediawan?
Komik-komik cetakan lama seperti Tintin. Bahkan seringkali saya terpaksa menolak order akibat kehabisan stok, padahal versi barunya melimpah di toko buku.

Sejak kapan Mas Donny berbisnis online?
Mulai awal 2009, dengan memanfaatkan blog yang masih aktif hingga sekarang.

Bisa dibagikan tips berjualan online untuk sesama penjual?
Yang terpenting adalah kejujuran, terutama dalam hal kondisi barang. Lalu siap melayani dan memberikan solusi atas keluhan pelanggan.

Buat yang masih ingin bertanya-tanya pada Mas Donny seputar buku-buku klasik, dapat mengunjungi tokonya di sini.

Artikel Terkait