computercenter

10 Fondasi Utama Sebuah PC Idaman

Aktivitas yang padat baik di sekolah, kampus, atau di kantor sehari-hari, terlebih di kota-kota besar seperti Jakarta pastilah menguras banyak energi. Sebagian besar kegiatan tersebut pun dihabiskan di depan komputer.

Nah, sehabis lelah beraktivitas tadi pastinya kita membutuhkan penyegaran ringan, seperti membaca buku, mendengarkan musik, atau memainkan game terbaru. Bagi para pencinta komputer sendiri aktivitas penyegaran tersebut tidak akan jauh dari komputer kesayangannya, karena tentunya komputer sudah menjadi bagian dari hidup. Sederhananya, mereka menginginkan sebuah komputer yang bisa melakukan segalanya.

Namun apakah bisa komputer kesayangan Anda melakukan itu semua?  Seringkali terpikir oleh kita, untuk mendapatkan sebuah komputer idaman kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Seperti kata pepatah yang sudah sering kita dengar, “ada harga ada rupa”.

Untuk itu kali ini kami akan memberikan sedikit rekomendasi 10 perangkat keras untuk sebuah komputer atau PC idaman.

1. Processor

Seiring dengan perkembangan pesat processor, pastikan processor pilihan Anda dapat digunakan untuk jangka panjang, agar tidak perlu diganti dengan segera. Kedua nama besar, baik Intel maupun AMD sama-sama ingin menunjukkan yang terbaik. Untuk itu, bagi para pencinta Intel tampaknya Sandy Bridge dapat digunakan untuk beberapa waktu ke depan, sementara untuk pencinta AMD dapat memilih PHENOM II X6 Series.

                                 
                     Intel Core i5-2500K                                             AMD PHENOM II X6 1100T BE

Gambar 1. Untuk saat ini processor di atas merupakan processor yang cukup bagi setiap kebutuhan Anda.

2. Motherboard

Yang perlu diperhatikan pada saat memilih motherboard adalah kompatibilitas motherboard dengan processor (motherboard Intel atau motherboard AMD), serta fitur-fitur pada motherboard tersebut. Hal tersebut dapat diketahui melalui situs resmi merk motherboard yang Anda pilih.

Pastikan juga untuk memilih motherboard yang berasal dari pabrikan ternama seperti ASUS, GIGABYTE, dsb. Memangnya harus selalu yang bermerek? Tentu saja tidak. Namun biasanya motherboard keluaran perusahaan ternama mempunyai fitur-fitur yang lebih baik. Kami juga tidak mengatakan bahwa motherboard dari merk kurang ternama itu jelek atau tidak awet, karena lagi-lagi hal tersebut bergantung pada pemakaian dan tingkat kepuasan yang ingin dicapai dalam membangun sebuah PC idaman.

                                     
      GIGABYTE GA-Z68X-UD7-B3                                               GIGABYTE GA-990FXA-UD7

Gambar 2. Motherboard kelas premium yang cocok untuk kedua processor di atas.

3. VGA

Perkembangan dunia game yang pesat turut mendorong perkembangan VGA. Karena itu pemilihan VGA juga harus cermat. Bayangkan saja apabila VGA pilihan kita tidak mampu mengikuti kualitas gambar pada game yang sedang kita mainkan. Tentunya hal ini membuat frustasi para pencinta game. Oleh karena itu, dalam hal ini VGA memegang peranan yang sangat penting.

Pastikan pemasangan VGA pilihan Anda sesuai dengan motherboard yang dimiliki. Seperti misalnya VGA NVIDIA yang kita pilih sebaiknya dipasangkan dengan motherboard Intel, atau apabila pilihan jatuh pada VGA AMD Radeon ada baiknya dipasangkan dengan motherboard AMD juga. Bagaimana dengan pemasangan VGA NVIDIA dengan motherboard AMD atau sebaliknya? Hal tersebut dapat saja dilakukan, namun pemasangan VGA dengan motherboard yang tepat dapat menghasilkan kinerja yang lebih optimal.

                                     
GIGABYTE GTX 570 1280MB DDR5 GV-N570SO-13I            SAPPHIRE HD 6950 2GB DDR5 Toxic 

Gambar 3. NVIDIA atau AMD ? Hayo dipilih-dipilih…

4. Memory

Memory memegang peranan penting dalam kecepatan membaca atau mentransfer data. Menurut kami, memory sebesar 4GB DDR3 sudah menjadi keharusan untuk setiap komputer saat ini.

                                     
      Patriot 4GB DDR3 1600MHz                                      Corsair Vengeance 4GB DDR3 1600MHz 

Gambar 4. Kedua merek di atas patut dilirik bagi yang menginginkan performa lebih.

5. Power Supply Unit

Power Supply Unit atau PSU berfungsi layaknya jantung untuk PC Anda. Tentukan PSU yang sesuai dengan kebutuhan komputer dan rencana upgrade di masa mendatang. Anda dapat mengunjungi link berikut untuk panduan pemilihan, sedangkan untuk mengukur kebutuhan power supply yang dibutuhkan PC Anda, silahkan kunjungi link ini.


     Antec HCG-900 – 900W PSU

Gambar 5. PSU yang ideal bagi para pencinta PC Game

6. Hard Disk Drive (HDD) atau Solid Stated Drive (SSD)

Hard Disk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan pemrosesan sistem. Bagi para penggemar musik, film, dan game, pastikan Hard Disk Anda mempunyai tempat penyimpanan yang luas dan memadai untuk file-file tersebut.

Bagi yang ingin membeli SSD, perlu diperhatikan bahwa harga SSD saat ini masih tergolong mahal dan kapasitasnya pun masih tergolong rendah. Namun tidak ada salahnya membeli SSD untuk dijadikan pemrosesan sistem, misalnya untuk booting komputer atau menjalankan aplikasi game. SSD sebaiknya tidak digunakan sekedar sebagai tempat penyimpanan data seperti file musik, gambar, atau film karena akan mubazir.

                                                     

   Hard Disk Western Digital 1TB                                             SSD Patriot Inferno 60GB

Gambar 6. Hard Disk atau SSD yah ? Dua-duanya boleh menjadi target belanja Anda

7. Casing

Casing Komputer atau Computer Cases berfungsi sebagai rumah bagi perangkat-perangkat yang sudah Anda pilih. Pastikan casing komputer pilihan Anda memiliki ruang yang cukup lega untuk menampung perangkat-perangkat tersebut. Selain ukuran, perhatikan juga sirkulasi udara yang dimiliki casing tersebut, karena perangkat-perangkat yang ada rentan terhadap panas. Casing besutan Cooler Master dan Thermaltake patut Anda lirik.

                     
                Cooler Master HAF X                                             Thermaltake Chaser MK-I

Gambar 7. Casing berpenampilan gahar dengan harga yang gahar pula

8. Monitor

Urusan monitor sudah menjadi pilihan dan kebutuhan masing-masing, apakah Anda sudah cukup puas memiliki monitor ukuran 19 inci atau menginginkan yang lebih besar, misalnya 27 inci. Hal ini kami serahkan pada kebutuhan dan bujet yang Anda miliki.

                                  
    LG E1960S – 19″ LED Monitor                                        ASUS VE278Q – 27″ LED Monitor

Gambar 8. Kurang puas dengan yang 19 inch ? Masih ada koq yang 27 inch

9. Speaker atau Headset

Para penggemar musik, film, atau game pasti mendambakan speaker yang dapat membuat terlena. Menurut kami speaker 2.1 sudah cukup untuk menemani aktivitas Anda di depan komputer. Tetapi hal ini kami kembalikan lagi pada selera masing-masing, dan untuk itu itu masih terdapat pilihan speaker 5.1.

Bagi yang kurang menyukai speaker, headset dapat juga dijadikan alternatif. Dalam memilih headset, pastikan kenyamanan diutamakan. Pilih yang tidak cepat membuat telinga panas dan sakit. Untuk kualitas suara, kami menyarankan pilihan headset bersuara jernih dengan bass yang tidak berlebihan.

                                         
                Corsair SP2200                                                              Razer Orca

Gambar 9. Bingung milihnya? Langsung aja pesen 2-2nya

10. Optical Drive

Optical drive juga salah satu komponen yang cukup penting untuk sebuah PC idaman. Pasalnya, walaupun tingkat penggunaan flash disk atau hard disk eksternal makin meningkat, masih ada sebagian orang yang mengandalkan optical drive untuk menonton film dari DVD, mendengarkan musik dari CD, dan menginstall game dari CD atau DVD yang dibelinya. Tentu saja DVD-RW menjadi rekomendasi, karena selain bisa membaca file yang ada pada CD dan DVD, DVD-RW juga bisa digunakan untuk memback-up data melalui proses “burn”.

         
                      LG DVD-RW

Gambar 10. Optical Drive yang banyak dipakai sebagian orang saat ini.

Itu dia 10 perangkat yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah PC idaman Anda. Hal-hal lain seperti mouse, keyboard, soundcard, dan sebagainya merupakan komponen pelengkap yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan selera masing-masing.

Kesimpulannya, dalam membangun suatu PC idaman harga tidaklah selalu menjadi patokan mutlak, walaupun dengan membeli perangkat mahal, kualitas yang didapat juga sepadan. Cobalah untuk mengatur keuangan dan tentukan kira-kira perangkat apa saja yang cocok dalam daftar belanja Anda.

Kami tidak dapat menjamin kecocokan antara referensi kami dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu, telitilah sebelum membeli dengan rajin mengecek ulasan-ulasan yang ada mengenai perangkat-perangkat pilihan Anda.

Jadi, apakah Anda sudah siap membangun sebuah PC idaman Anda sendiri? Perangkat-perangkat rekomendasi kami tadi bisa didapatkan di RAJAWALI COMPUTER, Keitaro Technology, Cipta Trading, dan EVERYTHING4U. Semoga tips yang sudah kami berikan tadi cukup membantu Anda dan selamat berbelanja di Tokopedia.

Artikel Terkait