mobile

6 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan Android Kamu

March 13, 2012 10:13 am / By / 5 Comments

Saat ini ponsel pintar Android dengan berbagai desain dan ukuran mulai merajai pasar ponsel. Kamu pun gak mau kelewatan. BlackBerry di tangan dirasa sudah mulai ketinggalan, sementara iPhone yang saat ini menjadi buah bibir di negara-negara maju mungkin masih di luar jangkauan isi kantong kamu.

Buat kamu yang ingin merasakan kecanggihan ponsel pintar modern dengan pilihan yang beragam, silakan lirik ponsel-ponsel Android. Langsung beli lewat Tokopedia juga tidak ada yang melarang.

Beberapa tipe Android yang dijual di Tokopedia bisa dilihat pada katalog-katalog seperti:

1. Samsung Galaxy Y – Ponsel Android entry-level dari Samsung.
2. Samsung Galaxy S2 - Sebuah ponsel dari Samsung yang sering disebut-sebut sebagai pesaing iPhone
3. Samsung Galaxy Note – Ponsel Android unik dengan layar ekstra besar dan ditemani sebuah stylus yang memudahkan pengguna untuk menggambar dan menulis catatan.
4. Sony Xperia Play – Ponsel Android dengan gamepad Playstation untuk keperluan gaming mobile kamu.
5. Sony Xperia Active – Ponsel Android imut namun tahan banting dari Sony.
6. HTC ChaCha – Ponsel dengan keyboard QWERTY fisik dan satu tombol khusus Facebook untuk memudahkan kamu bersosialisasi di internet.

Kunjungi Katalog produk-produk ponsel pintar berbasis Android di sini.

Pada artikel kali ini kami ingin mengajak kamu yang penasaran dengan Android, untuk melihat hal-hal menarik apa saja yang bisa dilakukan. Mungkin banyak dari kamu sudah tahu kalau mayoritas ponsel Android pastinya sudah bisa untuk melakukan hal-hal basic seperti telepon dan sms, serta berkomunikasi lewat website jejaring sosial a la Facebook, Twitter, dan Google+. Namun jika kamu masih bertanya-tanya mengenai hal-hal pintar lainnya yang bisa dilakukan Android selain yang sudah disebut sebelumnya, silahkan simak yah.

Berikut adalah 6 contoh hal-hal menarik yang bisa dilakukan Android:

1. Menyelesaikan Sudoku menggunakan kamera secara instan

Untuk hal ini, gunakan aplikasi Google Goggles. Nyalakan aplikasinya, dan cukup arahkan kamera handphone kamu ke persoalan Sudoku yang sedang kamu hadapi. Google Goggles akan menyelesaikannya secara otomatis. Cocok untuk kamu yang bercita-cita menjadi raja/ratu Sudoku di kalangan teman-teman atau kerabat keluarga kamu.

2. Sambungkan ponsel dengan PC/laptop kamu menggunakan WiFi

Dengan aplikasi seperti AirDroid, kamu bisa mengatur dan mengontrol ponsel kamu dari internet browser pada PC/laptop kamu menggunakan jaringan WiFi. Sangat berguna ketika kamu tidak membawa kabel USB.

Menggunakan AirDroid, kamu bisa melakukan pengaturan aplikasi, foto, musik, kontak, memindahkan file dari PC/laptop ke ponsel, dan lain-lain. Kamu juga bisa membaca dan mengirim SMS melalui internet browser kamu.

3. Membuka dan berpindah antar aplikasi dengan sangat cepat dan mudah dari halaman apapun kamu berada

Dengan SwipePad, membuka aplikasi-aplikasi favorit menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Aplikasi ini bisa merubah kebiasaan kamu dalam menggunakan ponsel Android kamu. Cukup meletakkan jari kamu pada sisi layar, geser ke tengah layar, maka pilihan aplikasi-aplikasi favorit kamu akan muncul. Kemudian geser jari kamu ke aplikasi yang diinginkan dan angkat jari kamu dari layar, maka aplikasi tersebut akan terbuka secara otomatis. Sangat mudah dan cepat.



4. Kirim link dari PC/laptop ke ponsel dengan cepat

Mungkin ketika kamu sedang browsing di internet, kamu menemukan link ke aplikasi yang berguna, atau link ke foto/gambar yang cocok untuk dijadikan wallpaper ponsel kamu, atau mungkin juga nomor telepon penting yang harus dihubungi. Bagaimana kamu biasa mengirimkan link/gambar / nomor telepon tersebut secara cepat ke ponsel kamu? Tidak perlu lagi mengetik ulang URL pada ponsel, cukup gunakan Chrome to Phone. Untuk menggunakan fitur ini, pada PC/laptop kamu, kamu juga harus menggunakan internet browser Google Chrome dan meng-install extension ini pada Chrome kamu.

Kini cukup klik tombol Google Chrome to Phone pada browser kamu, dan link/nomor tersebut akan otomatis terkirim ke ponsel kamu saat itu juga.



5. Backup semua foto dan video dari ponsel kamu secara otomatis ke Google+

Google+ adalah lapisan sosial dari semua layanan Google dan aplikasi Google+ pada ponsel Android memiliki satu fitur yang sangat berguna bernama Instant Upload. Dengan menyalakan fitur ini, setiap foto dan video yang kamu ambil menggunakan ponsel Android kamu, akan langsung di-upload ke sebuah folder pribadi di akun Google+ kamu*. Jika seandainya terjadi hal hal yang tidak diinginkan pada ponsel kamu (hilang, atau dicuri, atau rusak), kamu tidak akan kehilangan foto-foto dan video yang sudah pernah di-upload ke Google+ kamu.

* Kamu akan mempunyai kontrol untuk mematikan fungsi ini, kamu juga bisa menentukan untuk melakukan upload hanya pada saat tersambung ke koneksi internet tertentu. Misal: hanya upload foto pada koneksi 3G, dan upload video ketika tersambung ke koneksi WiFi. Atau hanya upload foto dan video ketika tersambung ke koneksi WiFi.

6. Otomatisasi semua hal mengenai ponsel kamu

Aplikasi berikut ini tidak gratis, namun Tasker adalah sebuah aplikasi yang luar biasa powerful.

Aplikasi ini sanggup mengontrol semua aspek dari ponsel kamu. Sebagai contoh, berikut adalah beberapa profile Tasker yang saya sendiri gunakan:
* Matikan layar secara otomatis jika posisi layar ponsel menghadap ke bawah atau posisi ponsel terbalik.
* Otomatis nyalakan fungsi GPS jika membuka program navigasi seperti Google Maps.
* Matikan mobile data dan nyalakan WiFi secara otomatis ketika memasuki wilayah kantor / rumah.
* Nyalakan notifikasi suara jika baterai sudah di-charge sampai penuh, untuk mengingatkan saya agar tidak melakukan over-charge yang bisa memperpendek umur baterai handphone.
* Aktifkan airplane mode secara otomatis dari jam 12 malam hingga jam 6 pagi untuk menghemat baterai.

Contoh-contoh di atas hanyalah contoh-contoh ringan yang bisa dilakukan aplikasi ini. Jika kamu kreatif, kamu akan bisa melakukan hal hal yang jauh lebih kompleks.

Jika kamu ingin mencoba aplikasi serupa yang lebih mudah digunakan, kamu bisa mencoba Llama. Aplikasi ini gratis, namun fitur-fiturnya juga lebih terbatas dari Tasker.

Demikian 6 hal menarik yang bisa dilakukan ponsel-ponsel Android. Semoga membantu ;-)

Tags: , ,


Share Artikel


THERE ARE 5 COMMENTS

  • Wah. sangat berguna neh. patut dicoba :)

    terima kasih tokopedia atas tipsnya

  • wah top banget nih.. jadi pengen tambah hp android :D
    tkx tips

  • Wah, top banget ni inponya. Jadi pengen coba beli HP Android. Hehehe…
    Thx alot buat inponya, Tokopedia

  • Wowww…mantap banget inponya nih. Patut dibaca buat yang pengen punya Smartphone Android. :D

  • Ipink Jr

    Saya sudah sering berbelanja di tokopedia dan saya menggunakan smartphone android. Saran saya, gimana klo tokopedia membuat aplikasi buat di handset android? Jgn hanya membuat mobile web saja. biar gampang buat transaksi, jd ga harus lewat pc atau mobile web, tp bs juga pake aplikasi di android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>