Wedianto

Wedianto: Ada Cinta di Balik Kaos

Kamu lagi jalan-jalan sendirian di mal sambil ngelirik ke kanan ke kiri, siapa tau ada yang bisa diincer gitu. Ceritanya memang lagi jomblo. Lalu tiba-tiba datang segerombolan anak muda berpakaian sama. “Abis dari acara apa gitu, kali..” pikir kamu sambil terus berlalu. Namun gak berapa lama kemudian datang lagi pasangan muda-mudi berbaju sama sambil bergandengan tangan. Setelah itu ada lagi pasangan lain, namun dengan desain kaos yang berbeda..

“Aargh! Apa-apaan ini? Kenapa pake bajunya pada kembaran gitu sih?” Kamu pun mulai berpikir yang tidak-tidak. Mulai dari perubahan sistem ekonomi menjadi sosialis, hingga serbuan alien, sembari mengingat-ingat, satu-satunya kaos seragam yang terakhir kamu punya ternyata adalah gratisan dapet dari acara lomba game online di sebuah mal. Agak sedikit ngenes gitu yah?

Sebetulnya tren baju kembaran tersebut sudah bermula sejak beberapa tahun yang lalu, seiring dengan meningkatnya kreativitas para desainer muda Indonesia, dan juga perkembangan dunia belanja online di tanah air. Seperti yang bisa kita lihat, kaos-kaos couple atau family set banyak sekali dijual di situs-situs belanja online, dengan demografi pembeli kebanyakan adalah pasangan remaja dan keluarga muda.

Nah, mumpung bertepatan juga dengan perayaan hari kasih sayang, gak ada salahnya juga kita ngebahas ini kan? Kebetulan di Tokopedia ada banyak sekali desain kaos-kaos couple yang lucu-lucu, dan salah satu penjualnya bersedia menjadi narasumber kami.

Namanya Wedianto, umur 24 tahun, pemilik toko Bajupasangan. Walaupun ngakunya masih jomblo, ternyata anak muda ini udah pandai sekali ngomongin cinta lho. Mari kita langsung tanya-tanyai Mas Wedi.

Sejak Kapan Mas Wedi berbisnis online?
Sejak 2009 akhir pada saat kuliah semester terakhir. Itu pun disempet-sempetin karena sedang sibuk skripsi juga.

Apa yang bikin mas Wedi tertarik dengan bisnis yang dijalani?
Dengan berjualan online saya bisa ketemu para pelanggan baru, walaupun tidak secara langsung. Selain itu yang terpenting adalah uang hasil jualannya lumayan, apalagi saya belum memiliki pekerjaan tetap.

Kenal Tokopedia dari mana?
Dari teman.

Apa kelebihan Tokopedia menurut Mas Wedi?
Kelebihan Tokopedia menurut saya ada pada keamanan transaksinya. Dengan adanya Tokopedia, masing-masing pembeli dan penjual merasa aman. Lalu ada juga penilaian review dari pembeli, sehingga calon pembeli dapat melihat reputasi penjual berdasarkan rating yang ada.

Apa kendala terbesar yang pernah dialami pada saat berjualan? Solusinya gimana Mas?
Biasanya masalah keterlambatan penerimaan paket, atau malah kondisi paket yang rusak. Untuk keterlambatan biasanya kami infokan ke pembeli bahwa pengiriman dilakukan JNE, sehingga keterlambatan di luar tanggung jawab kami. Namun untuk masalah kondisi produk, mau gak mau harus kami ganti.

Bagaimana perbandingan antara jualan di toko dengan jualan online menurut Mas Wedi?
Menurut saya jualan toko membutuhkan biaya sewa toko dan segala kebutuhannya, sedangkan jualan online lebih hemat biaya, dan enaknya lagi, produk kita dapat dilihat seluruh pengguna internet.

Biasanya kalau ada waktu luang ngapain aja nih Mas?
Desain baju berikutnya, main game, nonton, hangout, dan futsal.

Apa desain kaos paling unik dan menarik yang pernah Mas Wedi terima?
Sempat ada permintaan desain anniversary pasangan pakai foto.

Oh iya, menjelang Valentine gini, apa permintaan juga meningkat? Produk apa yang paling diminati?
Yup, permintaan meningkat menjelang Valentine, terutama untuk baju couple dan family.

Punya rencana khusus untuk Valentine ini? Apa sih Perayaan Valentine itu menurut Mas Wedi?
Hari Valentine menurut saya adalah hari spesial untuk orang yang kita sayangi. Tapi sebetulnya gak perlu nunggu sampai hari Valentine juga sih. Untuk tahun ini gak ada acara khusus, paling hangout sama temen-temen aja.

Mas Wedi punya kiat-kiat tertentu agar hubungan dengan pasangan langgeng?
Lagi belum punya pasangan nih. Tapi menurut saya, dalam sebuah hubungan kita harus saling percaya dan jangan egois.

Bisa dibagikan tips berjualan online untuk penjual lain?
Yang terpenting adalah kualitas dan servis. Selalu berikan kualitas dan layanan terbaik kepada pelanggan. Jangan kecewakan pelanggan dengan alasan apapun. Apabila barang rusak atau cacat, segera tanggapi dengan baik.

Artikel Terkait