Tampilan Talk About It versi Baru

Perubahan dan penambahan fitur Tokopedia pada bulan Mei 2011

Halo, para Tokopediawan dan Tokopediawati! Pastinya kalian sudah melihat perubahan-perubahan yang ada, serta menggunakan fitur-fitur komunikasi terbaru pada situs Tokopedia. Besar harapan kami dari tim Tokopedia, upgrade kali ini dapat sangat membantu mempermudah keperluan komunikasi antara pembeli dan penjual di Tokopedia.

Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan dengan lebih rinci, apa saja perubahan dan penambahan fitur yang dilakukan pada tanggal 18 Mei 2001 lalu.

Main Menu

Dari segi penampilan, salah satu perubahan yang paling mencolok adalah pada menu utama di bagian atas situs Tokopedia.

Kami berusaha untuk lebih memaksimalkan fungsi menu utama dengan menambahkan menu dropdown agar para pengguna Tokopedia dapat mengakses fungsi-fungsi utama situs kami dengan lebih mudah dan cepat, dari halaman mana pun mereka berada.

Link “Help” juga kami pindahkan dari sisi kiri ke menu utama di atas, untuk mempermudah user baru dalam mendapatkan keterangan cara berjualan maupun berbelanja di Tokopedia.

Bagi para pengguna terdaftar Tokopedia, kejutan utama dari upgrade kali ini ada pada sistem komunikasi antar-pengguna. Sebelumnya, beberapa metode komunikasi pada tokopedia.com seperti Private Message (Pesan Pribadi), Talk About It, dan Review produk berada terpisah dan cenderung sedikit merepotkan pengguna dalam mengurus dan mengatur pesan-pesan yang dikirim dan diterima.

Untuk itu, kami menggabungkan keseluruhan sistem komunikasi tersebut ke dalam satu Inbox yang dapat diakses dengan lebih mudah, yaitu melalui kotak “My Panel”.

Dengan ini, kamu bisa langsung mendapat info lebih lengkap mengenai status pesan-pesan yang ada, setiap kali kamu mengakses akun Tokopedia kamu.

Private Message


Beberapa perubahan utama pada fitur Private Message adalah:

  • Sistem penulisan New Message yang lebih keren

Sekarang kamu bisa mengirim pesan langsung ke 5 teman Tokopedia kamu sekaligus, apabila pesan baru dibuat melalui halaman Inbox. Selain itu, satu lagi fitur keren yang kami tambahkan adalah fungsi auto-complete recipient name; kamu tidak perlu repot mengetik nama penerima secara lengkap. Cukup ketik beberapa huruf pertama nama penerima pesan, otomatis pilihan nama teman-teman Tokopedia kamu akan muncul. Namun perlu diingat, fasilitas ini tidak berlaku untuk nama-nama penerima yang belum menjadi teman kamu di Tokopedia.

Kamu tetap dapat mengirim PM dari halaman profile/shop user yang dituju seperti biasa, apabila user tersebut belum menjadi teman kamu di Tokopedia. Namun dengan cara ini pesan hanya dapat dikirimkan ke satu orang yang bersangkutan.

  • Menggabungkan pesan-pesan pada satu percakapan menjadi satu tampilan

Banyak dari kami di tim Tokopedia yang sangat menyukai sistem email dari Google, yaitu Gmail. Salah satu fungsi email yang cukup revolusioner pada saat Gmail pertama kali muncul adalah, kemampuannya untuk menggabungkan pesan-pesan dalam satu topik percakapan ke dalam satu thread. Hal ini tentunya sangat mempermudah para user dalam mencerna pesan-pesan yang mereka terima. Hal itu kemudian menginspirasi kami untuk mengimplementasikan hal serupa ke dalam sistem Private Message di Tokopedia.

“Talk About It”

“Talk About It” adalah fitur yang mendapat perombakan paling signifikan dalam update kali ini. Perubahan paling utamanya adalah:

  • Threaded message system

Kami banyak mendapat inspirasi dari situs-situs lain yang telah lebih maju dan terkemuka dalam menangani sistem percakapan mereka, seperti Facebook ,Twitter, Reddit, Disqus, dan situs forum pada umumnya.

Sebelumnya, sistem “Talk About It” lebih menyerupai sistem forum, yang mana pesan baru akan selalu muncul pada bagian akhir. Pada saat membalas pertanyaan dari pembeli, penjual harus secara manual menyebut dan mengutip pertanyaan. Kekurangan dari sistem ini adalah, akumulasi  jumlah pertanyaan dari pembeli yang semakin bertumpuk pada saat penjual sedang tidak online, hingga online kembali. Selain merepotkan dalam menjawab pertanyaan, pihak penanya pun tidak mendapatkan notifikasi apabila penjual telah menjawab pertanyaannya. Seringkali hal ini dapat menyebabkan calon pembeli lupa akan pertanyaan yang pernah diberikan dan dijawab penjual.

Untuk itu kami menerapkan sistem “threaded message” agar dapat mengantisipasi kekurangan-kekurangan tersebut.

Melalui sistem baru ini, penjual dapat langsung menjawab pertanyaan dari calon pembeli dalam satu thread yang sama, dan pihak yang bertanya akan mendapatkan notifikasi ketika pertanyaan mereka telah direspon. Apabila masih ingin bertanya lebih lanjut, pembeli dapat memberikan pertanyaan tersebut pada thread yang sama. Hal ini tentunya akan mempermudah para user lain yang sedang melihat-lihat percakapan yang bersangkutan, melalui tampilan baru “Talk About It” yang lebih terstruktur dan rapi.

Apabila sudah puas dengan jawaban yang diberikan dan tidak ingin mendapatkan notifikasi lebih lanjut, pihak penanya dapat melakukan “unfollow”.

Sistem follow/unfollow ini juga sangat berguna bagi calon pembeli lain yang mungkin memiliki pertanyaan yang serupa dengan yang sudah ada, namun pertanyaan tersebut belum mendapatkan respon penjual. Mereka dapat melakukan “Follow” pada thread tersebut, dan pada saat penjual memberikan respon, semua yang melakukan “follow” akan mendapatkan notifikasi dan dapat turut berdiskusi lebih lanjut pada thread yang sama.

Kami dari tim Tokopedia merasa sangat bangga dan senang dengan sistem “Talk About It” yang baru ini. Namun karena sistem baru ini sangat berbeda dari sebelumnya, maka semua pesan “Talk About It” yang sudah ada sebelumnya harus kami arsipkan dan tidak dapat langsung direspon dengan menggunakan sistem yang baru.

Review

Sistem review tidak terlalu banyak mengalami perubahan. Hanya apabila kamu aktif sebagai penjual sekaligus pembeli di Tokopedia, kini review yang diterima dan ditulis/harus ditulis akan tergabung ke dalam satu tampilan inbox. Untuk memilah keduanya, kamu dapat klik tab “My Products” dan “My Reviews”

Satu perubahan tampilan penulisan review ada pada pemilihan rating produk.

Apabila sebelumnya kami menggunakan dropdown box menu, kini tampilannya sedikit dipercantik dan dibuat lebih interaktif. Layangkan pointer kamu ke atas nilai yang ingin diberikan, dan nilai rating akan muncul di atasnya.

Scrollable Etalase List

Perubahan kecil lainnya yang belum dijelaskan adalah tampilan daftar etalase yang dapat discroll. Satu lagi perubahan kecil, namun berguna untuk melihat-lihat daftar etalase pada toko-toko yang memiliki jumlah etalase barang yang sangat banyak.

Kamu hanya perlu melayangkan pointer mouse pada daftar etalase dan kemudian menggunakan roda scroll pada mouse kamu untuk menavigasi daftar tersebut.

Demikian penjelasan dari kami mengenai perubahan dan penambahan sejumlah fitur terbaru yang diimplementasikan di Tokopedia.

Kami tunggu komentar, kritik, dan saran Anda di kolom komentar di bawah ini :)

Salam Tokopedia.

Artikel Terkait