Tampilan Talk About It versi Baru

Perubahan dan penambahan fitur Tokopedia pada bulan Mei 2011

May 23, 2011 3:49 pm / By / 43 Comments

Halo, para Tokopediawan dan Tokopediawati! Pastinya kalian sudah melihat perubahan-perubahan yang ada, serta menggunakan fitur-fitur komunikasi terbaru pada situs Tokopedia. Besar harapan kami dari tim Tokopedia, upgrade kali ini dapat sangat membantu mempermudah keperluan komunikasi antara pembeli dan penjual di Tokopedia.

Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan dengan lebih rinci, apa saja perubahan dan penambahan fitur yang dilakukan pada tanggal 18 Mei 2001 lalu.

Main Menu

Dari segi penampilan, salah satu perubahan yang paling mencolok adalah pada menu utama di bagian atas situs Tokopedia.

Kami berusaha untuk lebih memaksimalkan fungsi menu utama dengan menambahkan menu dropdown agar para pengguna Tokopedia dapat mengakses fungsi-fungsi utama situs kami dengan lebih mudah dan cepat, dari halaman mana pun mereka berada.

Link “Help” juga kami pindahkan dari sisi kiri ke menu utama di atas, untuk mempermudah user baru dalam mendapatkan keterangan cara berjualan maupun berbelanja di Tokopedia.

Bagi para pengguna terdaftar Tokopedia, kejutan utama dari upgrade kali ini ada pada sistem komunikasi antar-pengguna. Sebelumnya, beberapa metode komunikasi pada tokopedia.com seperti Private Message (Pesan Pribadi), Talk About It, dan Review produk berada terpisah dan cenderung sedikit merepotkan pengguna dalam mengurus dan mengatur pesan-pesan yang dikirim dan diterima.

Untuk itu, kami menggabungkan keseluruhan sistem komunikasi tersebut ke dalam satu Inbox yang dapat diakses dengan lebih mudah, yaitu melalui kotak “My Panel”.

Dengan ini, kamu bisa langsung mendapat info lebih lengkap mengenai status pesan-pesan yang ada, setiap kali kamu mengakses akun Tokopedia kamu.

Private Message


Beberapa perubahan utama pada fitur Private Message adalah:

  • Sistem penulisan New Message yang lebih keren

Sekarang kamu bisa mengirim pesan langsung ke 5 teman Tokopedia kamu sekaligus, apabila pesan baru dibuat melalui halaman Inbox. Selain itu, satu lagi fitur keren yang kami tambahkan adalah fungsi auto-complete recipient name; kamu tidak perlu repot mengetik nama penerima secara lengkap. Cukup ketik beberapa huruf pertama nama penerima pesan, otomatis pilihan nama teman-teman Tokopedia kamu akan muncul. Namun perlu diingat, fasilitas ini tidak berlaku untuk nama-nama penerima yang belum menjadi teman kamu di Tokopedia.

Kamu tetap dapat mengirim PM dari halaman profile/shop user yang dituju seperti biasa, apabila user tersebut belum menjadi teman kamu di Tokopedia. Namun dengan cara ini pesan hanya dapat dikirimkan ke satu orang yang bersangkutan.

  • Menggabungkan pesan-pesan pada satu percakapan menjadi satu tampilan

Banyak dari kami di tim Tokopedia yang sangat menyukai sistem email dari Google, yaitu Gmail. Salah satu fungsi email yang cukup revolusioner pada saat Gmail pertama kali muncul adalah, kemampuannya untuk menggabungkan pesan-pesan dalam satu topik percakapan ke dalam satu thread. Hal ini tentunya sangat mempermudah para user dalam mencerna pesan-pesan yang mereka terima. Hal itu kemudian menginspirasi kami untuk mengimplementasikan hal serupa ke dalam sistem Private Message di Tokopedia.

“Talk About It”

“Talk About It” adalah fitur yang mendapat perombakan paling signifikan dalam update kali ini. Perubahan paling utamanya adalah:

  • Threaded message system

Kami banyak mendapat inspirasi dari situs-situs lain yang telah lebih maju dan terkemuka dalam menangani sistem percakapan mereka, seperti Facebook ,Twitter, Reddit, Disqus, dan situs forum pada umumnya.

Sebelumnya, sistem “Talk About It” lebih menyerupai sistem forum, yang mana pesan baru akan selalu muncul pada bagian akhir. Pada saat membalas pertanyaan dari pembeli, penjual harus secara manual menyebut dan mengutip pertanyaan. Kekurangan dari sistem ini adalah, akumulasi  jumlah pertanyaan dari pembeli yang semakin bertumpuk pada saat penjual sedang tidak online, hingga online kembali. Selain merepotkan dalam menjawab pertanyaan, pihak penanya pun tidak mendapatkan notifikasi apabila penjual telah menjawab pertanyaannya. Seringkali hal ini dapat menyebabkan calon pembeli lupa akan pertanyaan yang pernah diberikan dan dijawab penjual.

Untuk itu kami menerapkan sistem “threaded message” agar dapat mengantisipasi kekurangan-kekurangan tersebut.

Melalui sistem baru ini, penjual dapat langsung menjawab pertanyaan dari calon pembeli dalam satu thread yang sama, dan pihak yang bertanya akan mendapatkan notifikasi ketika pertanyaan mereka telah direspon. Apabila masih ingin bertanya lebih lanjut, pembeli dapat memberikan pertanyaan tersebut pada thread yang sama. Hal ini tentunya akan mempermudah para user lain yang sedang melihat-lihat percakapan yang bersangkutan, melalui tampilan baru “Talk About It” yang lebih terstruktur dan rapi.

Apabila sudah puas dengan jawaban yang diberikan dan tidak ingin mendapatkan notifikasi lebih lanjut, pihak penanya dapat melakukan “unfollow”.

Sistem follow/unfollow ini juga sangat berguna bagi calon pembeli lain yang mungkin memiliki pertanyaan yang serupa dengan yang sudah ada, namun pertanyaan tersebut belum mendapatkan respon penjual. Mereka dapat melakukan “Follow” pada thread tersebut, dan pada saat penjual memberikan respon, semua yang melakukan “follow” akan mendapatkan notifikasi dan dapat turut berdiskusi lebih lanjut pada thread yang sama.

Kami dari tim Tokopedia merasa sangat bangga dan senang dengan sistem “Talk About It” yang baru ini. Namun karena sistem baru ini sangat berbeda dari sebelumnya, maka semua pesan “Talk About It” yang sudah ada sebelumnya harus kami arsipkan dan tidak dapat langsung direspon dengan menggunakan sistem yang baru.

Review

Sistem review tidak terlalu banyak mengalami perubahan. Hanya apabila kamu aktif sebagai penjual sekaligus pembeli di Tokopedia, kini review yang diterima dan ditulis/harus ditulis akan tergabung ke dalam satu tampilan inbox. Untuk memilah keduanya, kamu dapat klik tab “My Products” dan “My Reviews”

Satu perubahan tampilan penulisan review ada pada pemilihan rating produk.

Apabila sebelumnya kami menggunakan dropdown box menu, kini tampilannya sedikit dipercantik dan dibuat lebih interaktif. Layangkan pointer kamu ke atas nilai yang ingin diberikan, dan nilai rating akan muncul di atasnya.

Scrollable Etalase List

Perubahan kecil lainnya yang belum dijelaskan adalah tampilan daftar etalase yang dapat discroll. Satu lagi perubahan kecil, namun berguna untuk melihat-lihat daftar etalase pada toko-toko yang memiliki jumlah etalase barang yang sangat banyak.

Kamu hanya perlu melayangkan pointer mouse pada daftar etalase dan kemudian menggunakan roda scroll pada mouse kamu untuk menavigasi daftar tersebut.

Demikian penjelasan dari kami mengenai perubahan dan penambahan sejumlah fitur terbaru yang diimplementasikan di Tokopedia.

Kami tunggu komentar, kritik, dan saran Anda di kolom komentar di bawah ini :)

Salam Tokopedia.


Share Artikel


  • review

    ada fitur lama yang dihapus padahal sangat berguna sekali, yaitu fitur searching message

  • susan

    Perasaan kok enak seperti yang lama
    Yang baru kok harus buka satu satu, jadi makan waktu

  • dewi

    yg baru ga enak, lebih enak yang lama, kalo yg baru ini mesti buka satu2, kelamaan…

  • doni

    enak yang lama bos…di bagian talk about dan review ga perlu buka satu2.. padahal ini bagian terpenting sebelum melakukan transaksi…

  • http://www.tokopedia.com William Tanuwijaya

    Terima kasih atas input nya, fitur ini akan kami sediakan kembali.

  • http://www.tokopedia.com William Tanuwijaya

    Hi Susan, bisa dijelaskan lebih lanjut maksud bagian mana yang perlu dibuka satu-satu? notifikasi via email ya?

    ide awalnya kalau yang baru tinggal click menu talk about it / review disamping, harusnya dengan sekali buka, semua talk / review yang masuk justru sudah terpampang dalam 1 halaman dan tinggal dibalas, mungkin ada yang terlewat oleh kami, jadi mohon info lebih lanjut nya agar bisa cepat kami perbaiki.

  • http://www.tokopedia.com William Tanuwijaya

    Hi Dewi, bisa dijelaskan lebih lanjut maksud bagian mana yang perlu dibuka satu-satu? notifikasi via email ya?

    ide awalnya kalau yang baru tinggal click menu talk about it / review disamping, harusnya dengan sekali buka, semua talk / review yang masuk justru sudah terpampang dalam 1 halaman dan tinggal dibalas, mungkin ada yang terlewat oleh kami, jadi mohon info lebih lanjut nya agar bisa cepat kami perbaiki.

  • http://www.tokopedia.com William Tanuwijaya

    Hi Doni, bisa dijelaskan lebih lanjut maksud bagian mana yang perlu dibuka satu-satu? notifikasi via email ya?

    ide awalnya kalau yang baru tinggal click menu talk about it / review disamping, harusnya dengan sekali buka, semua talk / review yang masuk justru sudah terpampang dalam 1 halaman dan tinggal dibalas, mungkin ada yang terlewat oleh kami, jadi mohon info lebih lanjut nya agar bisa cepat kami perbaiki.

  • S.Sugesti

    Kerenzz abis n enak dilihat mata :)
    Mngk hnya blm terbiasa bg yg diatas dgn perubahan ini.

    saran tuk pemberian status predikat penjual : terbaik (overall), teramah (pelayanan/pengiriman),terpercaya (kualitas/akurasi)dan penjual terburuk.

    Saya memberikan saran ini krn sdh mengalami semua kasus di atas. terutama yg buat kesal adalah toko yg sdh berniat buruk dari awal dan ini bisa membuat citra TP menjadi jelek.

    Berikasih

  • Nyi Priok

    Untuk perubahan update nyang terbaru eni, ane kasih dua jempol buat ente tim Tokopedia. Namun ane masih punya masalah klasik nyang suka nyangkut nih…Ongkir nyang masuk sering kagak sesuai karena udah masuk wil kecamatan. Saran ane nih gimane kalo FORM PENGIRIMAN saat “add to cart” ditambah dengan wil “KECAMATAN” juga. Jadi biar makin lengkap kagak cuman ngisi “Kabupaten/Kota” dan “Provinsi” aje…. Kan ongkir dari JNE musti dihitung sampe wil kecamatan juga yak…hehehe…Tengkiu sebelomnye…

  • Willy Dawson

    sip… hanya perlu sedikit pembiasaan aja, terus kembangin fitur yg bisa mempermudah seller dan buyer di tokopedia.com ya. . .

    penasaran dengan apa yg saya jual? klik http://grosiraksesoris.tokopedia.com

  • Willy Dawson

    fitur na bikin kontrol jadi lebih praktis, makasih atas usaha tim tokopedia.com dalam mengembangkan fitur” yg uda ada,

    cari sepatu roda? ya http://sepaturoda.tokopedia.com

  • http://nyemplung.tokopedia.com Lia

    mantab tokopedia! terima kasih atas pengembangan yang sudah dilakukan.. benar-benar sangat membantu kami dalam berjual beli.. sekedar saran kira2 bisa gak ditambah fitur untuk buyer supaya bisa langsung membeli tanpa harus menjadi member/terdaftar? contoh seperti di jakartanotebook yang bisa langsung add cart dan melakukan konfirmasi pembayaran. Kadangkala kendala di pembeli adalah agak repot kalau harus mendaftar terlebih dahulu… maju terus tokopedia! salam dari kami http://nyemplung.tokopedia.com

  • Rachman Sutrisno

    Mohon diemailkan “tatacara dari a-z” pembelian item (nggak mudheng! Maklum too old to think fastly) , tnx 4 ur sevice!

  • tutie maniez

    kenapa sih forum latest talk about it nya diilangin….. forum latest talk about it itu berguna banget buat sambil ngeliat2 barang apa aja yang sedang diminati atau yang aku perluin, dan kalo dihilangin kaya gini bikin males nengok tokopedia, susah mo nyari barang musti putar cari tokonya satu2.. kalo udah tampil di forum latest talk about it kan tinggal klik…
    tolong munculin lagi forum itu, itu penting banget biar pengunjung toped gak sepi, selain buat menghibur dengan ngebaca coment2 disitu, bisa mempermudah kita untuk liat barang yang kita pengen…

  • Mr. Xioxio

    Fitur sdh bagus tp kenapa kadang sering putus sendiri ya?
    Misalnya, saat saya mau buka halaman tertentu, yg terjadi malah diam aja dan tdk ada respon apapun.
    Hal ini sdh sering ketemu baik saya menggunaka IE, CROME, SAFARI, Mozila.
    Mohon masalah seperti ini diperbaiki lagi.
    Terimakasih

  • http://abiti.tokopedia.com drio

    sama dengan Mr. Xioxio, saya jg sering mengalami hal tersebut pas buka halaman atau saat upload.
    http://abiti.tokopedia.com

  • http://erna.tokopedia.com erna

    blanja puas, aman, mudah…tp mudahan kdepanya ada bnyak pilihan jalur ekspedisinya

  • http://butikmurah.tokopedia.com Nanda Esalawati

    Dear Tokopedia,
    Terima kasih sudah dengan cepat merespon keperluan-keperluan kami. Awalnya, history pada daftar transaksi tersaji lengkap. Akan tetapi, beberapa hari lalu sistem database CRM kami mengalami gangguan dan kami perlu menghubungi pelanggan lama. Ternyata, pada daftar transaksi hanya tersaji nama dan alamat pengiriman tanpa no.telepon pelanggan. Satelah kami menghubungi CS Tokopedia, sekarang sudah tersaji kembali seperti semula. Terima kasih atas bantuan dan responnya yang cepat. Keep up the good work, but don’t be Better! BE SUSTAINABLE…

    Cheers,
    Nanda Esalawati

    PS:
    + Multiply sekarang sistemnya kaya tokopedia lho, hanya saja rate komisinya mahal sekali 4% dari transaksi dan untuk withdrawal harus di atas Rp400rb. Tokopedia nanti jangan pasang terlalu tinggi hyaaa….
    + Ditunggu fasilitas iklan berbayarnya, Pak William…

  • shara

    saya juga sering seperti itu. direload saja, pasti bisa kok :)

  • http://www.sartikaherbal.com Sartika Herbal

    Saya baru buka toko di Tokopedia.
    Setelah setting toko selesai berarti saya duduk manis menunggu pembeli.
    Apakah tidak ada pemasangan iklan di Tokopedia sehingga kita bisa promosi toko kita secara lebih aktif???

    Salam hangat,
    Sartika Herbal

    • http://www.tokopedia.com William Tanuwijaya

      Saat ini fitur iklan kami masih diberikan gratis kepada top ten sellers of the month (tidak berlaku berturut-turut). Namun jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mempromosikan produk yang telah diupload di Tokopedia secara efektif, antara lain:
      1. Menggunakan fitur dink it, dimana setiap penjual Tokopedia bisa menampilkan produk mereka secara instant di halaman home Tokopedia dan meningkatkan urutan produk mereka di Directory Product secara instant.
      2. Menggunakan fitur share ke sosial media, misalnya ke facebook
      3. Jika Anda adalah user aktif di forum yang memiliki rubrik Jual Beli nya, bisa juga manfaatkan fitur export to forum.

      Selamat berjualan ;)

  • Bertha

    apakah tokopedia ini ada tokonya? kalo ada, dimana? thx

    • http://www.tokopedia.com William Tanuwijaya

      Hi Bertha, Tokopedia merupakan mall online, jadi kami adalah pengelola mall nya. Sementara yang berjualan di dalam portal kami adalah anggota-anggota situs yang membuka toko online mereka masing-masing, dan tersebar di seluruh nusantara. Jadi, menjawab pertanyaan Bertha, Tokopedia tidak memiliki toko fisik, tetapi kami memiliki kantor. Untuk menghubungi kami bisa melalui menu Contact Us di situs Tokopedia :)

  • http://kamehashop.wordpress.com kamehashop

    om hari ini mulai ada iklan dari google yah di tab kiri?

    cuma nanya doang ^_^

  • http://www.lintas-dunia.blogspot.com duniaku

    Halo tokopedia,
    Selama ini saya merasa paling aman dan nyaman berbelanja apapun lewat tokopedia, menurut saya ini paling bagus di nusantara, penambahan fitur disana sini membuat tokopedia makin bagus dan mudah penggunaannya.
    Saya cuma punya satu usul, untuk barang yg didisplay oleh penjual fasilitas zoomingnya kurang, mau membeli sesuatu dengan melihat detail fisiknya terasa kurang karena zoom barang tersebut kurang besar..

    thanks

  • http://www.tokopedia.com William Tanuwijaya

    Terima kasih :) Sarannya akan kami tampung.
    Saat ini kami sedang mempersiapkan beberapa fitur yang kami percaya akan membuat para tokopediawan lebih nyaman lagi berbelanja di tokopedia. Tunggu tanggal mainnya ya ;)

  • http://www.tokopedia.com William Tanuwijaya

    iya :) Semoga tidak ada yang merasa terganggu ya ;)

  • sentralecture

    maaf mau tanya ni new bie kalau lihat list teman kita yg sudah jadi teman di tokopedia di bagian mana ya? terimakasih sebelumnya

  • l.hariyanto

    mas mau tanya….sy udh buka d tokopedia, karya shop tapi sampai sekarang kok…ga bisa dilihat org dan sy tidak dapat membuka y….???????????????
    smua jadi tanda tanya….teman2 sy jdi ???

  • http://sofware.tokopedia.com/ Arif

    rekening Banknya mohon di tambah, BNI, BRI, dll

  • sherly

    saya ada ganti email saya, bagaimana cara saya merubah username saya di tokopedia, secara email yang lama itu sudah tertutup

  • http://www.laundrymart.biz hendry

    cara berjualannya gimana lewat tokopedia.com ????

  • http://www.tokopedia.com/people.pl?id=2 David Harnadi

    kalau sudah ganti email akunnya masih tetap sama, hanya emailnya berubah. cara mengganti username dengan mengunjungi halaman profil dan klik “edit” pada kolom biodata.

  • http://www.tokopedia.com/people.pl?id=2 David Harnadi
  • Matthew

    Saran: penambahan sub-kategori (atau sub-etalase) u/ menampung barang2 dalam jumlah yg banyak agar gampang dikategorikan dan mudah dicari.. Juga penambahan fasilitas CMS agar bisa membuat halaman2 informasi seperti FAQ, Terms & Conditions, dlsb yg disesuaikan dgn kebutuhan masing2 toko.

  • http://www.propolisdepok.com propolis murah

    trimakasih atas gam atas, info dan wawasanya semoga semakin terdepan

  • tembem-jhBeauty

    senang dengan fitur baru ini, sehinga ga pusing kalo ada produk yang beratnya cuma lebih sedikit saja mis 1,001 -_-”

  • wiykoj

    sebelumnya memang sangat sulit untuk login krna kasir kepenuhan,yg baru ini sangat memudahkan, cuma hanya untk transaksi tidak bisa bayar pertoko tapi musti di total semua, saya lebih suka yg sperti dulu2.

  • http://www.tokopedia.com/protech-solution wahyu andhika putra

    untuk kategori toko online / toko fisik apa ya,,, soal nya saya mw ubah tulisan toko online menjadi toko fisik,, soal nya toko saya ada di rungkut bozz??? tolong di bantu…

    • http://tokopedia.com Tokopedia Customer Care

      Hai Wahyu silahkan masuk ke pengaturan Toko untuk menuliskan toko fisik dengan alamat detail.

  • http://www.tokopedia.com/protech-solution wahyu andhika putra

    untuk pemasangan iklan yg baru saya pasang di tokopedia… kok pas saya cari,, iklan saya gk muncul semua ya,, emng butuh brp lama iklan saya bisa di lihat semua orang,,,

    • http://tokopedia.com Tokopedia Customer Care

      Hai Wahyu untuk fitur DINK IT otomatis produk Anda akan naik ke posisi di page pertama sesuai kategori produk yang tersedia selama 60 menit dan bergantian dengan pengguna lain yang memakai fitur DINK IT juga :)