Tips Deskripsi Toko dan Produk

Tips Deskripsi Toko dan Produk

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, seharusnya kegiatan belanja online dapat dijadikan solusi sederhana dalam mempermudah kegiatan jual-beli barang. Namun terkadang sebuah solusi dapat menimbulkan permasalahan baru.

Bila dibandingkan dengan kegiatan belanja konvensional, jual-beli online masih memiliki sejumlah keterbatasan tersendiri, seperti produk yang tidak dapat dilihat dan dicoba terlebih dahulu, pembeli yang kerap merasa dirugikan oleh perbedaan produk yang diterima dengan yang dilihat di situs, dan sebagainya. Untuk hal ini, deskripsi toko dan produk yang diperdagangkan memegang peranan penting dalam memperoleh kepercayaan para pembeli.

Karena itu, berikut kami hadirkan sejumlah tips membuat deskripsi toko dan produk yang dapat diterapkan para seller Tokopedia dalam membuka, menjaga, dan mengelola toko onlinenya.

Tips Deskripsi Toko

  • Sebelum membuka toko, pastikan Anda telah membaca syarat dan ketentuan yang berlaku, di antaranya memuat jenis produk yang diperkenankan dan tidak, gambar produk maupun logo toko yang diperbolehkan, dan sebagainya.
  • Deskripsi toko yang baik selalu memuat informasi singkat mengenai jenis produk yang diperdagangkan (pakaian, aksesoris, elektronik, dsb), kualitas (asli/replika), asal produk (lokal/impor), dan seterusnya.
  • Apabila ingin memberlakukan promosi potongan harga, bonus, atau jenis promosi lainnya, Anda dapat menambahkan informasi tersebut ke dalam deskripsi toko, tentunya dengan kalimat yang menarik dan mengundang, namun tidak terkesan berlebihan.
  • Ciri khas yang membedakan toko Anda dengan yang lain juga dapat menjadi magnet para pembeli. Namun usahakan agar tidak menyinggung atau menyudutkan toko-toko lain.
  • Tokopedia memiliki sistem transaksi terpadu, sehingga data pribadi seperti nomor telepon, alamat email, alamat toko fisik, akun twitter, atau data kontak lainnya sangat tidak diperlukan di sini.
  • Yang tidak kalah pentingnya, gunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami semua kalangan.

Tips Deskripsi Produk

  • Lagi-lagi syarat dan ketentuan Tokopedia menjadi landasan utama dalam pembuatan toko, maupun penyusunan produk Anda.
  • Sangat tidak disarankan untuk mengosongkan deskripsi produk. Paling tidak cantumkan penjelasan singkat, seperti warna, bahan, ukuran, bentuk, spesifikasi, cara penggunaan, dan informasi penting lainnya.
  • Gunakan kalimat efektif yang singkat, padat dan jelas. Deskripsi produk bukanlah tugas essay kuliah, dan para calon pembeli cenderung bosan dan malas membaca apabila mendapati deskripsi panjang dan bertele-tele.
  • Manfaatkan fitur harga grosir yang telah disediakan apabila diperlukan.
  • Sebisa mungkin hindari duplikasi deskripsi dari sumber lain, terutama yang berbahasa asing. Gunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami berbagai kalangan.
  • Sangat tidak disarankan untuk mencantumkan data kontak pribadi seperti nomor telepon, alamat email, alamat toko fisik, akun twitter, facebook dan sebagainya, atau sekedar kalimat yang mengandung himbauan untuk bertransaksi di luar ketentuan Tokopedia.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu meningkatkan penjualan Anda. Selamat Berbisnis!

Artikel Terkait